Header Ads

Membuat Hotang Hot Dog Kentang

Baca juga artikel terkait lainnya

Hotang, hot dog kentang atau kensos (kentang sosis) merupakan jajanan yang mungkin masih belum begitu populer di negara kita. Namun di beberapa daerah seperti di ibu kota, jajanan yang satu ini kini mulai dikenal dan disukai sebagai jajanan pinggir jalan yang lezat terutama oleh kaum remaja dan anak-anak.

Hotang sendiri konon katanya berasal dari negeri ginseng Korea yang notabene disana juga merupakan jajanan pinggir jalan yang cukup populer. Kalau tidak salah, namanya adalah Dokkebi Hotdog yang merupakan sosis berbalut tepung dan kentang atau di negara kita disebut hotang.
Resep Hotang Sederhana, Cara Membuat Hotang Sederhana
Resep Hotang Sederhana
Cara membuat hotang sederhana ternyata bisa dibilang susah-susah gampang. Gampangnya, adonan terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan tidak memerlukan bumbu-bumbu yang rumit, sesudah itu prosesnya tinggal digoreng saja hingga matang.

Susahnya, saat pertama kali mencoba membuatnya kita harus memperhitungkan tekstur adonan agar bisa menempel sempurna pada sosis dan kentang bisa menempel sempurna pula pada adonan. Prosesnya harus dilakukan dengan cepat dan cekatan sehingga adonan dan kentang tidak terburai.

Sementara untuk proses menggorengnya, hotang memerlukan minyak yang banyak atau digoreng dengan cara deep fry. Sosis yang sudah dilumuri adonan kemudian diberi potongan kentang dengan cara dikepalkan.

Prosesnya harus dilakukan secepat mungkin sebelum kemudian hotang digoreng. Untuk itu, minyak goreng harus sudah siap dan benar-benar panas sehingga hotang bisa lengsung digoreng sesaat setelah dilapisi adonan dan kentang.

Resep Hotang Sederhana (Hot Dog Kentang)

Adonan hotang yang kita buat kali ini terdiri dari tepung terigu dan tepung maizena. Sementara untuk resep aslinya, adonan hotang menggunakan tepung terigu dan tepung polenta (tepung jagung).

Tepung polenta sangat berbeda dengan pati jagung (maizena) karena merupakan hasil gilingan dari biji jagung sehingga teksturnya lebih kasar dari pati jagung. Karena tepung jenis ini tidak mudah diperoleh, maka kita bisa menggunakan tepung maizena sebagai penggantinya.

Dan berikut adalah bahan-bahannya secara lengkap.

Bahan Resep Hotang Sederhana

  1. 5 bh sosis sapi, lebih bagus sosis jumbo (sosis Jerman), tusuk menggunakan tusuk sate
  2. 100 gr tepung terigu
  3. 50 gr tepung maizena
  4. 150 gr kentang rebus (setengah matang) yang dirajang bentuk dadu kecil-kecil. Lebih praktis menggunakan kentang goreng beku yang dirajang.
  5. 1 btr telur ayam
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1/2 sdt kaldu bubuk
  8. 1 sdm gula pasir
  9. 1/2 sdt baking powder
  10. 100 ml susu cair atau bisa juga air es
  11. minyak banyak untuk menggoreng

Bahan Topping

  1. saus tomat secukupnya
  2. saus mayones secukupnya

Cara Membuat Hotang Sederhana

  1. Campur tepung terigu, tepung maizena, garam, kaldu bubuk, gula pasir dan baking powder. Aduk rata.
  2. Masukkan telur kedalam campuran tepung. Masukkan juga susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang lembek. Tekstur adonan yang ideal adalah seperti hendak membuat adonan mendoan namun sedikit lebih kaku agar nantinya adonan mudah menempel pada sosis dan kentang mudah menempel pada adonan. Kini adonan telah siap.
  3. Panaskan minyak dengan api sedang hingga benar-benar panas.
  4. Ambil satu batang sosis yang telah ditusuk menggunakan tusukan sate. Celupkan pada adonan tepung hingga menyelimuti seluruh permukaan sosis.
  5. Ambil segenggam potongan kentang, kepalkan pada sosis yang telah dilumuri adonan hingga potongan kentang menempel pada seluruh permukaan sosis.
  6. Goreng segera dalam minyak panas hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lakukan langkah yang sama pada semua sisa sosis dan adonan.
  7. Sajikan hotang selagi hangat bersama topping saus sambal/tomat dan mayones.
Bagaimana, cara membuat hotang sederhana ini memang tidak terlalu mudah namun juga tidak susuah bukan? Jika sudah terbiasa, kita akan menemukan komposisi dan tekstur yang pas sehingga proses pembuatannya menjadi lebih mudah, lebih santai dan lebih cekatan.

Sementara, resep hotang sederhana ini bisa kalian jadikan bahan eksperiman guna mendapatkan hasil yang sesuai dengan selera.

Powered by Blogger.