Header Ads

Cara Membuat dan mengakses Virtual Cloud Server pada DigitalOcean

Baca juga artikel terkait lainnya

Untuk dapat menggunakan layanan digitalocean, kita membutuhkan kartu kredit. Anda juga dapat menggunakan account PayPal untuk melakukan pembayaran.
Mohon untuk diingat, kami bukan hanya ingin sekedar memberikan tutorial atau contoh program, tetapi merupakan cerita untuk proses pengembangan website ini mengikuti perkembangan teknologi dan trend yang ada. Oleh sebab itu kami menggunakan cara yang sedikit lebih rumit namun penting untuk dilakukan. Tenang saja kita coba usahakan untuk menjelaskan sejelas-jelasnya.


Untuk sementara kami tidak menjelaskan teori, kita hanya berbicara soal praktek. Teori tentu merupakan bagian dari fokus kami seiring dengan pengembangan.
sumber : https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-use-ssh-keys-with-putty-on-digitalocean-droplets-windows-usersProlog

DigitalOcean (https://www.digitalocean.com) merupakan cloud hosting yang digunakan khususkan untuk developer website. Berbeda dengan shared hosting pada umumnya yang berdedar dengan menggunakan cpanel. Dengan cloud server, user diberikan wewenang penuh untuk melakukan konfigurasi server, instalasi service dan aplikasi. Hal yang harus kita lakukan pertama kali adalah register akun ke website digitalocean pada https://www.digitalocean.com.

Registrasi akun secara garis besar umumnya sama dengan website lainnya. Pada tahap pertama kita perlu untuk melakukan konfirmasi email, seperti website umumnya kan? Tahap kedua, melengkapi data user dan informasi pembayaran (Update Billing). Pada tahap ini kita harus memasukan data pribadi serta informasi kartu kredit. Tentu saja kami tidak dapat memberikan screenshot informasi kartu kredit. Setelah kartu kredit berhasil diverifikasi, maka kita dapat membuat droplet. Droplet adalah istilah untuk virtual private server yang hendak kita gunakan. Oleh sebab itu, brand ini disebut digitalocean, karena lautan terdiri dari banyak tetes air (krik... krik... krik...). 

Membuat SSH key-pair dengan putty untuk menghubungkan dengan remote host
Singkatnya putty merupakan program untuk menghubungkan server dengan melakukan akses secara remote (jarak jauh) menggunakan enskripsi tertentu sebagai pengamanan. Kabar baiknya, developer software ini sangat baik hati dan memberikan untuk kita secara cuma-cuma. Kita download putty.exe dan puttygen.exe terlebih dahulu. Mohon maaf tutorial untuk putty yang selanjutnya akan dibahas hanya berlaku untuk platform windows saja.

Setelah selesai mendownload, mari kita buka puttygen.exe untuk membuat ssh key-pair. Tampilan utama puttygen.exe terlihat seperti gambar dibawah: 


Tentukanlah parameter yang dibutuhkan untuk menjamin keamanan. Untuk website ini, kita gunakan setting default saja sudah cukup.

Powered by Blogger.