Header Ads

Apa Itu PIN Adsense

Baca juga artikel terkait lainnya

Bagi Anda yang masih pemula dalam program Google Adsense tentu masih sering merasa kebingungan dengan beragam istilah yang sering dilihat atau didengar yang berhubungan dengan program ini, seperti contohnya adalah PIN Adsense. Tiap-tiap publisher Adsense akan mendapatkan sebuah pin yang berfungsi untuk memverifikasi alamat rumah Anda. Pin tersebut merupakan 6 digit angkat yang dikirimkan ke alamat rumah Anda yang telah Anda daftarkan saat mengisi form pengajuan untuk menjadi anggota Adsense. Pin ini akan dirikim melalui pos, sehingga harus dipastikan bahwa Anda telah menuliskan alamat Anda dengan benar dan lengkap untuk memperoleh pin ini.

Tetang Apa Itu PIN Adsense


Beberapa hal tentang PIN Adsense yang perlu diketahui

Bila publisher belum mendapatkan pin maka komisi yang berhasil diperolehnya akan ditangguhkan atau akan disimpankan dulu oleh perusahaan. Jadi jika belum memperoleh PIN Adsense periksa akun Anda secara teratur karena perusahaan tak akan mengirimkan pemberitahuan apa pun mengenai pin ini baik via email atau yang lainnya. Untuk memperoleh pin ini Anda harus menunggu hingga saldo komisi Adsense Anda mencapai $10. Jadi jika penghasilan Anda belum mencapai jumlah tersebut jangan terlalu merasa khawatir dulu.


Pada umumnya pin akan dikirim dalam waktu 3 hingga 4 minggu semenjak tanggal permintaan. Pin tersebut pasti akan sampai bila alamat yang Anda berikan pada form pendaftaran memang benar. Tetapi bila memang tak ada kiriman pin sama sekali, Anda dapat mengajukan permintaan pin yang baru dengan jarak jeda waktu minimal 3 minggu setelah tanggal permintaan pin Anda yang terakhir. Perusahaan hanya akan mengulangi pengiriman sebanyak 3 kali dan bila sampai 3 kali pengiriman Anda tetap tak menerima PIN Adsense Anda, pada akun akan muncul sebuah link.


Link tersebut meminta Anda untuk melakukan verifikasi alamat dengan sebelumnya mengirimkan scan KTP, SIM, atau passport Anda yang digunakan untuk pendaftaran. Jika memang masih ada masalah dalam hal ini maka tak perlu ragu  untuk mengontak tim Adsense dan meminta petunjuk agar Anda dapat melakukan verifikasi alamat dengan prosedur yang benar dan paling sesuai bagi Anda. PIN ini berfungsi untuk melindungi keamanan akun Anda sehingga perusahaan mengharuskan untuk melakukan verifikasi alamat sebelum pembayaran dikirimkan pada Anda.

Jangan rancu membedakan PIN Adsense dengan pin Western Union, karena hingga saat ini masih ada beberapa publisher yang mengira bahwa kiriman pos dari perusahaan Google adalah pin tetapi ternyata adalah pin Western Union. Yang dimaksud pin di sini adalah kode yang berfungsi untuk memverifikasi alamat, sementara pin yang digunakan untuk mencairkan uang di Western Union berbeda dengan PIN Adsense tetapi Money Transfer Control Number (MTCN). Anda dapat langsung memperoleh MTCN ini pada laman pembayaran Ansense jika memang Anda telah memperoleh komisi dari perusahaan.

Kiriman pos yang disebut PIN Adsense
tersebut berupa kartu pos berwarna putih dengan ukuran 4.5 inchi X 6 inchi. Anda harus memasukkan PIN ini sebelum batas waktu, yaitu 4 bulan setelah tanggal PIN dibuat pertama kali. Tetapi bila publisher tak memasukkan pin ini setelah 4 bulan, maka perusahaan akan berhenti menampilkan iklan pada blog atau website Anda. Untuk prosedur memasukkan PIN tersebut Anda tinggal mengikuti petunjuk yang tertera dalam surat PIN yang telah Anda terima tadi.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai PIN Adsense. Semoga bermanfaat!   

Powered by Blogger.