Header Ads

amazon affiliate

Baca juga artikel terkait lainnya

Amazon.com adalah toko online terbesar di dunia yang menyediakan berbagai jenis produk, mulai dari buku, barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, games, gadget, dan lain-lain. Toko online ini didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan berpusat di Seattle, Washington, Amerika serikat.


Selain Amerika ternyata Amazon store tersebar cukup luas ke seluruh dunia, seperti Italia, Jerman, Inggris, Canada, Spanyol, China, dan Jepang. Pihak Amazon.com memberikan kesempatan publisher yang memiliki website atau blog untuk mendapatkan penghasilan dari websitenya tersebut dengan menawarkan program affiliate (Associates Amazon), dan semua publisher di seluruh dunia bisa mengikuti program ini.

Untuk menjadi affiliate Amazon.com atau sebagai penjual produk-produk Amazon.com kita harus mendaftar terlebih dahulu (gratis), untuk pendaftarannya Anda bisa mengunjungi situs affiliate program Amazon.com. Komisi yang didapatkan oleh publisher setiap kali ada penjualan dari link affiliasinya adalah 4% – 8,5% dari total harga barang yang dijual, semakin banyak produk terjual maka persentase besaran komisi akan semakin banyak, lumayan bukan?
Ada beberapa keuntungan ikut dalam program affiliate Amazon.com, yaitu:

  1. Amazon.com memiliki banyak sekali member yang sering berbelanja secara online, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan dari program affiliate Amazon.com sangat besar.
  2. Produk yang dijual sangat banyak, kita sebagai publisher tidak akan kehabisan ide dalam memilih jenis produk yang mau dipromosikan karena pilihan produknya sangat banyak, boleh dibilang hampir semua produk dapat dibeli melalui Amazon.com.
  3. Detail produk yang dijual juga sangat lengkap sehingga memudahkan kita untuk menganalisa produk mana saja yang paling laris dipasar dan produk mana yang mendapat rating kurang baik dari pembeli.
  4. Amazon.com sangat dipercaya oleh customernya. Apabila barang yang dibeli rusak karena proses pengiriman atau tidak sesuai dengan deskripsi barang maka customer dapat melakukan return atau minta penggantian barang yang sama. Inilah yang membuat Amazon.com sangat dipercaya oleh customernya karena menyediakan jaminan 30 hari bagi pembeli.
  5. Tidak ada biaya untuk bergabung dengan Amazon.com dan mereka tidak menerapkan sistem waralaba pada publishernya. Karena itu publisher tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mendaftar ataupun pencairan komisinya.
  6. Customer dapat melakukan semua transaksi secara online, kapan saja dimana saja. Ini membuat potensi jumlah pembeli semakin banyak, dan komisi amazon pun semakin banyak :D
  7. Publisher tidak perlu pusing dengan proses penyediaan dan pengiriman barang karena semuanya sudah dilakukan oleh pihak Amazon.com.
  8. Publisher dapat memilih barang apa saja yang akan dipromosikan, dan pihak Amazon.com sudah menyediakan banner, link, widget, yang bisa membantu proses promosi yang dilakukan.
  9. Amazon.com menyediakan laporan penjualan dengan lengkap disertai dengan komisi yang telah didapatkan oleh publishernya.
  10. Kemungkinan terjadinya cross selling, ketika seorang customer masuk ke Amazon.com melalui link promosi di website kita dan tidak jadi membeli barang tersebut malah membeli barang lain, kita sebagai publihser tetap mendapatkan komisi sesuai dengan persentase dan harga barang yang dibeli.


Internet marketer Indonesia sangat banyak yang mengikuti program affiliasi Amazon.com dan tidak sedikit orang yang memiliki penghasilan yang lumayan besar.  Saya sendiri sudah menjadi publisher Amazon.com sejak tahun 2010 dan saya menerima komisi Amazon.com setiap bulannya walaupun jumlahnya tidak sebesar para master amazon.com yang lain hehehe :).

Pembayaran komisi dari Amazon.com bisa dikirim melalui Direct Payment, Cek, dan AGC (Amazon Gift Cards). Saya pribadi pernah menggunakan layanan pengiriman earning dengan cek, tapi proses nya sangat lama. Cek yang dikirim ke rumah saya dari Amerika ke Indonesia ternyata butuh waktu kurang lebih 1 bulan, dan proses pencairan cek itu sendiri memakan waktu 40 hari dan kena biaya $30 dari bank lokal untuk setiap ceknya huhuhu :(

Akhirnya saya menggunakan jasa Direct Deposit dari seorang teman yang berdomisili di Amerika Serikat. Proses pencairan earning Amazon saya arahkan ke rekening bank Amerika milik teman saya, lalu dia kemudian mengirimkan uang tersebut ke rekening bank lokal milik saya. Tentunya ada biaya, tapi biaya yang diberikan temen saya itu sangat murah dan proses pencairannya menjadi sangat mudah dan cepat. Anda tertarik bergabung dalam program affiliate Amazon.com? Silahkan mendaftar di situsnya affiliate-program.amazon.com.


Powered by Blogger.