Header Ads

Penyebab Tidur Mendengkur

Baca juga artikel terkait lainnya

Tidur mendengkur mungkin bagi sebagian orang terdengar seperti satu hal yang biasa terjadi pada banyak orang dan tak mengetahui apa saja penyebab tidur mendengkur tersebut.

Sehingga dari kebanyakan orang tersebut akhirnya menganggap hal itu satu hal wajar dan tidak dilakukan langkah-langkah untuk mengatasinya.



Ketidak tahuan akan penyebab tidur mendengkur inilah yang akan membuat keadaan ini terus berulang dan terjadi dalam jangka waktu yang lama. Pada dasarnya tidur mendengkur sendiri banyak sebab yang melatar belakanginya.

Tidur mendengkur sendiri adalah satu keadaan di mana terjadi penyumbatan pada saluran udara pada hidung dan mulut saat tidur sehingga mengakibatkan terjadi usaha keras bernapas.

Penyebab tidur mendengkur ini terjadi saat lidah tergerak ke bagian belakang mulut menuju ke saluran udara dan terjadi getaran berlawanan dengan langit-langit mulut serta anak lidah. Maka timbul suara dengkuran saat tidur. Berikut ini ada beberapa penyebab tidur mendengkur yang harus Anda ketahui.

1.Posisi tidur terlentang

Keadaan tidur terlentang dapat menjadi satu penyebab tidur mendengkur karena adanya gaya berat  yang dapat menekan bagian saluran udara pada tenggorokan penderita.

2.Bertambah usia

Penyebab tidur mendengkur berikutnya adalah faktor usia yang bertambah. Keadaan ini akan membuat otot serta jaringan aliran udara pada bagian tenggorokan alami penurunan elastisitas. Wanita yang mengalami menopause juga dapat mengalami hal ini dikarenakan oleh penurunan produksi hormon progesteron.

3.Gangguan pada tenggorokan

Penyebab tidur mendengkur lainnya adalah memiliki masalah dengan amandel. Keadaan mendengkur dapat disebabkan oleh ukuran amandel yang makin besar dan mengakibatkan saluran udara pada tenggorokan makin sempit.

4.Berat badan berlebih

Keadaan berat badan yang berlebih atau di atas ambang normal maka dapat menjadi penyebab tidur mendengkur. Berat badan yang berlebihan dapat memicu adanya tekanan dan hambatan saluran udara pada bagian tenggorokan yang disebabkan oleh adanya tumpukan lemak pada tubuh termasuk lemak pada bagian leher penderita. Timbunan lemak ini akan menjadi faktor pemicu yang mungkin tidak disadari oleh sebagian besar orang terjadinya tidur mendengkur.

5.Gangguan pada hidung

Penyebab tidur mendengkur lainnya adalah karena adanya flu, polip, atau demam yang mengganggu pernapasan pada hidung. Dengkuran saat tidur terjadi saat hidung tersumbat di mana orang tersebut akan melakukan pernapasan ekstra untuk dapat menghirup dan membuang napas saat tidur.

6.Mengonsumsi obat penenang, kelelahan, dan perokok

Para penderita yang mengalami tidur mendengkur bisa jadi disebabkan oleh karena konsumsi obat-obatan penenang atau bisa juga dipicu oleh kebiasaan merokok. Kebiasaan yang tak baik ini akan memicu tekanan pada bagian syaraf pusat dan berdampak pada kondisi otot-otot yang mengalami penurunan elastisitas. Sehingga hal ini akan menjadi penyebab tidur mendengkur. Tak hanya itu, faktor kelelahan bisa juga memicu terjadinya dengkuran.

Dari berbagai penyebab tidur mendengkur tersebut, maka sudah sepatutnya bagi Anda untuk berupaya menghindarinya. Sebab tidur mendengkur pada jangka waktu yang panjang juga akan menyebabkan banyak kerugian dan bahaya kesehatan. Selain itu, akan membuat teman tidur di samping Anda tentu merasa terganggu nanti.

Powered by Blogger.