Header Ads

Pentingnya Vitamin Saat Hamil

Baca juga artikel terkait lainnya

Nutrisi ibu hamil sangat penting loh dalam proses kehamilan. Salah satu hal yang banyak disarankan ketika Anda sedang mempersiapkan kehamilan adalah dengan mengkonsumsi vitamin prenatal untuk kehamilan Anda.Apa itu vitamin prenatal?Vitamin prenatal adalah sejumlah vitamin penting yang sangat dibutuhkan dalam masa kehamilan, untuk memastikan pertumbuhan janin sempurna dan memastikan kesehatan sang ibu terjaga, dan biasanya vitamin prenatal ini diminum sebelum ataupun pada masa kehamilan.


Jika Anda bertanya-tanya, Apakah kebiasaan mengkonsumsi vitamin prenatal saat hamil dapat berguna bagi Anda dan bayi, Anda harus meyakinkan pada diri Anda sendiri bahwa konsumsi vitamin prenatal saat kehamilan sangatlah penting dan sangat berguna, karena vitamin prenatal ini akan mencukupi kebutuhan penting nutrisi ibu hamil.

Konsumsi vitamin prenatal dapat membantu memastikan Anda mendapatkan cukup asam folat, kalsium dan zat besi, dan ketiga vitamin tadi sangatlah penting selama proses kehamilan. Vitamin prenatal sangat baik dikonsumsi 3 bulan sebelum proses pembuahan terjadi.Asam folat dapat membantu mencegah terjadinya NTD (Neutral Tube Defect)

NTD adalah keadaan abnormal dimana pertumbuhan susunan syaraf pusat pada bayi tidak terbentuk dengan sempurna, sehingga dapat mengakibatkan cacat pada otak maupun tulang belakang si bayi. Susunan syaraf pusat pada bayi (yang nantinya akan membentuk otot dan susunan tulang belakang) akan terbentuk selama bulan pertama kehamilan, bahkan mungkin Anda sendiri belum mengetahui kalau Anda sedang hamil pada masa penting ini. Jadi pastikan Anda mendapat cukup asupan asam folat bahkan sebelum terjadi pembuahan.Kalsium membantu pertumbuhan tulang kuat dan juga gigi
Kalsium diperlukan untuk membantu pertumbuhan tulang kuat dan gigi, bukan hanya pada bayi namun juga pada sang ibu. Kalsium juga dapat membantu peredaran darah menjadi lancar, serta memaksimalkan kinerja otot dan juga sistem syaraf.Zat Besi membantu pembentukan darah dan sel otot.


Zat besi dapat membantu pembentukan darah dan juga sel otot bukan hanya pada bayi namun juga pada sang ibu. Zat besi sangat membantu untuk mencegah anemia, yaitu keadaan dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah.Vitamin Prenatal dapat menurunkan risiko bayi yang lahir dengan berat dibawah normal.

Beberapa penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa dengan konsumsi vitamin prenatal maka akan menurunkan risiko terjadinya kelahiran bayi dengan berat di bawah normal. Keadaan bayi dengan berat dibawah normal ini kerap pula terjadi karena nutrisi ibu hamil tidak tercukupi dengan baik, sehingga peranan vitamin prenatal ini memang sangat penting.Dimana mendapatkan vitamin prenatal?

Jika Anda bingung mencari vitamin prenatal ini, jangan takut, karena vitamin prenatal banyak beredar di apotik-apotik. Jika Anda kebingungan memilih merk, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk mendapatkan nutrisi ibu hamil lewat vitamin prenatal, dan dokter Anda pasti akan memberikan rekomendasi merk vitamin prenatal yang terbaik bagi Anda.Efek dari vitamin prenatal.

Kadangkala setelah mengkonsumsi vitamin prenatal, Anda akan merasa mual-mual, namun hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsinya pada malam hari bersama cemilan Anda. Atau setelah konsumsi vitamin prenatal, Anda dapat mengunyah permen karet atau permen lainnya agar efek mual-mual dapat berkurang atau bahkan hilang.

Jika setelah konsumsi vitamin prenatal Anda mengalami sembelit, maka minumlah cukup air dan konsumsi lebih banyak serat baik itu dari buah-buahan ataupun sayuran, juga perbanyak olahraga ringan. Dan apabila Anda merasa terganggu jika dalam posisi duduk, maka coba selipkan bantal di atas kursi Anda.

Jadi bagi Anda yang sedang hamil, ataupun dalam masa menentukan kapan akan hamil, maka ini adalah saat yang penting bagi Anda untuk mulai mengkonsumsi vitamin prenatal sebagai sumber nutrisi ibu hamil. Karena vitamin ini sangatlah penting untuk pertumbuhan sang janin.

Powered by Blogger.