Header Ads

Pengaruh Sosial Media Bagi Masyarakat

Baca juga artikel terkait lainnya

Zaman sekarang hampir semua orang memiliki sosial media, dari bayi baru lahir hingga kakek nenek, tak luput dari update status di berbagai akun. Tapi tahukah Anda kalau keberadaannya memberikan dampak hitam putih bagi kehidupan? Pada beberapa sisi dapat menjadi sarana yang mumpuni, namun di sisi lain, banyak pengguna yang terjebak dalam kondisi hidup yang mengenaskan, bahkan berakhir tragis. Informasi berikut ini sangat penting untuk diketahui, agar Anda bisa menggunakannya dengan bijaksana.

Pengaruh Sosial Media Bagi Masyarakat
Sumber gambar kompasiana

Positif Negatif Sosial Media Bagi Masyarakat


Setiap barang, jasa, hingga kemajuan teknologi pasti memiliki pengaruh positif maupun negatif bagi lingkungan sekitarnya, begitu pula dengan sosial media.Positifnya, bisa menjadi sarana promosi, memperbanyak teman, curhat, hingga menemukan jodoh, sementara negatifnya seperti menurunkan kinerja, membangun karakter egois, mengundang kejahatan, membuat kecanduan, sampai menghancurkan hubungan. Mari telaah satu persatu.

Positif

Dengan memiliki banyak akun di dunia maya, Anda bisa memiliki banyak teman, baik dari daerah yang sama, hingga luar negeri sekalipun, bahkan banyak yang menemukan sahabat lama melalui pertemanan di akun mereka seperti Facebook, Twitter, Path, dan masih banyak lagi.
Buat para pebisnis, akun  apapun  kini menjadi ajang promosi paling laris dan memberikan efek luar biasa. Sebab siapa saja bisa melihat produk yang dipromosikan, sehingga kemungkinan mendapatkan keuntungan lebih besar.

Akun di dunia maya juga menjadi ajang curhat berbagai masalah dalam kehidupan. Terutama bagi yang tidak suka berbicara langsung dengan orang lain, mereka bisa mengeluarkan uneg-uneg melalui berbagai status yang mencerminkan isi hati. Tahukah Anda bahwa dari beberapa survei, ditemukan bahwa banyak pasangan yang menikah, mengawali kisah cinta dari pertemanan di akun sosial media.Dan mereka menjadi sumber inspirasi banyak orang.

Negatif.

Tak semua orang menggunakan akun di dunia maya untuk kegiatan positif, ada saja yang memanfaatkannya untuk hal-hal tidak baik. Dari catatan kepolisian, banyak tindakan kriminal terjadi karena media di internet.
Ketika media sosial sudah dikenal sejak dini, maka secara tidak langsung membentuk karakter anak yang egois saat sudah tumbuh dewasa. Sebab mereka terbiasa melakukan apa saja yang mereka inginkan tanpa ada yang melarang di akun pribadinya.
Banyak pasangan selingkuh berawal dari perkenalan di akun dunia maya. Hal inilah yang kemudian membuat sebuah hubungan hancur pada akhirnya.
Beberapa oknum tak bertanggung jawab menjadikan sosial media sebagai sarana prostitusi, dan human trafficking. Hal ini sudah sangat meresahkan masyarakat, dan sudah banyak pengaduan yang diterima pihak berwajib terkait hal ini.

Cara Cerdas Menggunakan Sosial Media

Setelah mengetahui pengaruh positif dan negatif dari media sosial, sudah saatnya Anda menjadi pengguna yang cerdas, agar tetap bisa memanfaatkan dunia maya untuk hal positif, tanpa harus menelantarkan kehidupan nyata. Mulailah dengan menggunakan akun hanya saat waktu luang saja, dan selektif dalam memilih teman di seluruh akun Anda, ini untuk menghindari kejahatan dunia maya bagi Anda. Selanjutnya, saat menggunakan akun, jangan terlalu vulgar membuat status menyangkut kehidupan pribadi, update saja hal-hal ringan dan bermanfaat bagi Anda dan siapa saja yang membacanya.

Tak ada yang mengatakan bahwa memiliki sosial media itu salah. Semua tergantung bagaimana si pemilik menggunakannya dengan tepat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak memicu terjadinya hal-hal negatif dalam kehidupan. Buat Anda yang punya akun di dunia maya, tetaplah berkreasi positif dengan cara yang tepat di waktu yang tepat. 

Powered by Blogger.