Header Ads

Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Baca juga artikel terkait lainnya

Bagi Anda yang sudah pernah melahirkan pasti sempat mengalami masa-masa dimana berat badan Anda bertambah drastis, namun bukan itu saja, besarnya kandungan dapat membuat kulit perut Anda tertarik atau melar, dan hal ini selain dapat mengakibatkan rasa gatal pada perut, sisa kulit yang tertarik juga dapat tersisa dan menggelambir. Tentu saja hal ini sangat mengganggu penampilan Anda bukan? Nah di bawah ini kita akan bahas tips dan trik bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

1. Turunkan Berat Badan Secara Perlahan

Bagi Anda yang belum pernah melahirkan, kabar baik bagi Anda, karena sebelum tubuh Anda terlalu gemuk, maka sebaiknya Anda benar-benar menjaga asupan makanan dan minuman Anda. Anda boleh mengkonsumsi makanan dengan porsi lebih dari biasanya, namun tetap menjaga makanan Anda tetap bersih namun bernutrisi. Hindari terlalu banyak lemak, karena lemak dapat menggemukkan bahkan lemak dapat berakibat tidak baik bagi janin.
Nah bagi Anda yang baru saja sadar bahwa tubuh Anda sekarang sudah terlalu gemuk. Maka jalani saja dulu prosesnya, dan setelah Anda melahirkan, maka itulah saatnya Anda untuk berjuang menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak. Anda dapat melakukan diet low carb dan low fat.
Nah perlu diketahui bahwa dalam proses menurunkan berat badan, lebih baik Anda melakukannya secara natural. Jangan menurunkan berat badan dengan terlalu cepat, karena bukannya perut yang kencang yang didapat, malahan sisa perut yang menggelambir yang bakal Anda dapatkan, karena dengan menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu yang sangat singkat, tidak hanya lemak yang terkikis, namun otot Anda juga akan terkikis, padahal otot Anda-lah yang membuat tubuh Anda terbentuk dengan bagus.
Lalu harus bagaimana dong? Turunkan berat badan secara wajar dan natural. Ada kutipan bahasa jawa yang berbunyi: “Alon-alon waton klakon”, yang artinya “pelan-pelan asal tercapai”. Terapkan kutipan ini pada proses penurunan berat badan Anda. Pelan-pelan asal terlihat hasilnya.


2. Jangan Melakukan Sit-Up, Tapi Lakukan Cardio

Banyak orang berpikir, untuk membentuk otot perut, maka mereka harus lebih sering melakukan sit-up. Memang betul sit-up dapat membentuk otot perut, namun perlu Anda ketahui bahwa sit-up tidak akan mengurangi lemak perut. Anda tidak akan bisa menghilangkan lemak di salah satu bagian tubuh saja, namun lemak akan hilang secara merata ketika Anda melakukan cardio. Cardio merupakan cara berolahraga dengan fokus pada kerja jantung. Contoh dari cardio adalah, seperti jalan kaki, jogging atau lari, burpees, dan lain sebagainya.
Dengan melakukan cardio paling tidak 3-5 kali seminggu, selama 30 menit, maka besar kemungkinan seluruh lemak tubuh perlahan-lahan akan terkikis, termasuk lemak perut, cardio merupakan aktivitas paling efektif sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan.


3. Pastikan Konsumsi Protein Anda Tercukupi

Protein selain dapat membantu Anda membentuk otot, ada beberapa zat dalam protein yang juga dapat meningkatkan kesehatan kulit, diantaranya adalah kolagen. Pastikan Anda memperoleh asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Bagi para wanita, rata-rata kebutuhan protein tiap hari adalah sekitar 50 gram, namun itu tergantung pada aktivitas fisik yang Anda lakukan. Semakin aktif diri Anda maka semakin banyak asupan protein yang Anda perlukan.


4. Gunakan Lotion dan Pijat Lembut Kulit Perut Anda

Anda dapat menggunakan lotion yang mengandung vitamin E, A, C atau K yang dapat membantu mengencangkan kulit. Gunakan lotion secukupnya dan usapkan serta pijat-pijat pada area kulit terutama di perut Anda. Lakukan proses ini paling tidak sekali atau dua kali sehari.


5. Lakukan Latihan Kekuatan (Strength Training)

Selain cardio, Anda dapat pula melakukan strength training. Tujuan dari latihan ini adalah untuk membentuk lebih banyak masa otot dan mengurangi lemak dalam tubuh. Dengan penambahan komposisi otot yang lebih banyak, maka proses pembakaran lemak dalam tubuh juga akan meningkat, maka lemak tubuh akan cepat terkikis.


6. Kikis Kulit Mati Anda

Pengikisan kulit mati biasa dilakukan sebagai bagian dari perawatan kulit, terutama kulit wajah. Namun perawatan ini juga dapat dilakukan pada area kulit perut. Bagi Anda yang masih bingung, proses pengikisan kulit mati ini paling mudah dapat dilakukan dengan menggunakan handuk yang direndam air hangat, dan kemudian dipijat-pijatkan secara lembut di area kulit, maka sel-sel kulit mati akan terangkat dan menempel pada handuk tadi.
Nah jika Anda melakukan perawatan ini secara rutin, maka area kulit, khususnya kulit perut akan menjadi semakin kencang.


7. Minum Cukup Air


Tidak dapat dipungkiri peranan air sangat besar bagi kesehatan tubuh. Air juga sangat berguna untuk memberikan cairan pada kulit, sehingga dapat mengencangkan kulit dan membuat kulit menjadi semakin lentur atau elastis. Jadi bila Anda tipe orang yang kurang bisa menjaga asupan air, maka sekarang saatnya Anda harus mulai memperhatikan asupan air dalam tubuh. Minum cukup air putih tiap hari.

8. Lakukan Planking

Planking adalah proses mengencangkan perut sebagai salah satu latihan otot perut, yaitu dengan cara meluruskan tubuh dengan tumpuan kaki dan kedua siku tangan, kemudian menahan posisi tersebut selama beberapa saat. Planking lebih berguna untuk mengencangkan otot perut daripada Anda melakukan sit-up atau crunch.

Badan menjadi gemuk, dan kelebihan lemak selama kehamilan itu wajar saja. Anda tidaklah sendirian, banyak ibu-ibu hamil yang mengalaminya. Namun jika Anda adalah tipe orang yang selalu menjaga penampilan tetap oke, dan ingin mengembalikan ukuran tubuh Anda terutama mengecilkan perut, maka Anda boleh mencoba tips dan trik cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

Powered by Blogger.