Header Ads

Membuat Kue Talam Ubi Kuning Manis

Baca juga artikel terkait lainnya

Kue Talam Ubi Kuning - Kue talam adalah salah satu dari sekian banyak aset kekayaan kuliner nusantara yang tetap eksis. Kue tradisional ini terbuat dari bahan-bahan yang bergizi serta lebih sehat karena tidak melibatkan bahan pengawet. Seiring dengan kemajuan jaman, kue talam juga mengalami adaptasi dengan munculnya beberapa variasi penggunaan bahan serta tampilan yang lebih cantik agar terlihat menarik dan mampu bersaing dengan makanan-makanan cepat saji.
Resep Kue Talam Ubi Kuning, Cara Membuat Kue Talam Ubi Kuning
Resep Kue Talam Ubi Kuning
Salah satu yang paling populer adalah kue talam ubi. Cara membuat kue talam ubi kuning ini tidak jauh berbeda dengan resep kue talam konvensional yang menggunakan bahan dasar tepung beras dan tapioka. Hanya saja bahan dasar yang digunakan menjadi 3 macam yaitu penambahan ubi disamping tepung beras dan tapioka.

Kue yang bercita rasa manis dan gurih ini biasanya terdiri atas beberapa lapisan, tergantung dari bahan yang digunakan. Paling tidak, kue talam terdiri dari dua lapisan dimana lapisan bawah merupakan lapisan padat berbahan tepung atau ubi sementara lapisan atas merupakan lapisan santan yang lebih lembut. Kebayang kan rasanya, manis dan gurih dengan tekstur yang lembut.

Kue Talam Ubi Kuning Lembut

Untuk membuat kue talam ubi yang kita perlukan adalah ubi jalar jenis apa saja. Pilihlah ubi yang bertekstur lembut agar mudah dalam proses pengolahannya. Biasanya yang paling banyak digunakan adalah ubi kuning dan ubi ungu, tinggal sesuaikan saja dengan selera dan ketersediaan bahan di lingkungan tempat tinggal. Berikut adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat kue talam ubi.

Bahan Resep Kue Talam Ubi Kuning

Lapisan Ubi

  1. 250 gr ubi kuning, bersihkan dan kupas
  2. 50 gr tepung beras
  3. 50 gr tepung tapioka
  4. 100 gr gula pasir
  5. 250 ml santan dari 1 btr kelapa
  6. 1/2 bks agar-agar bubuk (plain)
  7. 1/2 sdt vanili bubuk
  8. 1/2 sdt garam

Lapisan Santan

  1. 100 ml santan kental
  2. 3 sdm tepung beras
  3. 2 sdm tepung tapioka
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt vanili bubuk
  6. 1/4 gelas air panas

Cara Membuat Kue Talam Ubi Kuning Lembut

  1. Kukus ubi hingga matang dan lunak, angkat dan haluskan segera biar mudah.
  2. Campurkan tepung beras, tepung tapioka, ubi yang dihaluskan, gula pasir, santan, agar-agar, vanili bubuk dan garam. Aduk hingga merata dan membentuk adonan.
  3. Siapkan cetakan kue talam ukuran cucing, olesi bagian dalamnya dengan sedikit minyak goreng.
  4. Tuang adonan kue talam kedalam cetakan, jangan sampai penuh. Tuang hingga 2/3 atau 3/4 saja dari tinggi cetakan dan sisanya untuk nanti lapisan santan.
  5. Kukus hingga adonan menggumpal selama kurang lebih 10-15 menit.
  6. Sembari menunggu adonan yang dikukus menggumpal, buatlah adonan untuk lapisan putih dengan cara menyatukan semua bahan, aduk hingga merata.
  7. Setelah adonan yang dikukus menggumpal, buka tutup panci dan tuang adonan putih kedalam ruang cetakan yang tersisa.
  8. Tutup kembali panci dan kukus kue talam hingga matang dengan ditandai lapisan putih yang menggumpal.
  9. Angkat dan sajikan selagi hangat.
Resep kue talam ubi kuning tidak memerlukan banyak bahan sehingga dapat dibuat secara ekonomis dengan bahan-bahan yang dapat diperolah dengan mudah dan murah. Cara membuat kue talam ubi kuning juga bisa dibilang sangat mudah, tidak memerlukan keahlian mamasak tingkat tinggi dan dapat dikerjakan seorang diri dikala waktu senggang. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya? Selamat mencoba.

Powered by Blogger.