Header Ads

Membuat Cilok Bandung

Baca juga artikel terkait lainnya

Cilok Bandung Bumbu Kacang - Bagi kalian warga kota Bandung atau yang sering jalan-jalan ke kota Bandung mungkin tidak asing dengan yang namanya cilok Bandung. Jajanan ini memang cukup populer dan banyak tersebar di seluruh penjuru kota dan pemukiman. Bahkan tidak hanya di Bandung, di kota-kota lainnya juga kini sudah bisa ditemui penjual cilok Bandung. Jajanan yang terbuat dari tepung kanji ini biasanya disajikan bersama dengan saus/bumbu kacang yang memiliki cita rasa gurih dan sedikit manis. Tentunya rasa cilok yang satu ini mampu menggoyang lidah para penikmat jajanan. Tapi tahukah kalian, jajanan lezat ini sebetulnya cukup gampang dibuat lho. Mau tahu caranya? Simak terus resepnya disini ya!
Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang, Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang
Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang
Jajanan bercita rasa khas ini sebetulnya cukup gampang dibuat. Cara membuat cilok Bandung bumbu kacang cukup sederhana dan bisa dibuat dengan relatif mudah. Kunci utama dari keberhasilan membuat cilok adalah keuletan dan kemauan untuk belajar sehingga bisa didapatkan cita rasa yang pas sesuai selera. Dan pada dasarnya, adonan cilok yang berbahan dasar tepung terigu dan tepung tapioka ini hampir mirip dengan pempek dos, hanya saja terdapat sedikit perbedaan dari bahan dan bumbu serta dari cara pengolahannya.

Untuk membuat cilok bandung, terlebih dahulu kita membuat adonan biang yang terbuat dari tepung terigu yang dimasukkan pada air mendidih. Adonan ini fungsinya untuk mengikat tepung sagu/tapioka sehingga membentuk adonan dan gampang untuk dibentuk bulatan. Karena tanpa adonan pengikat, tepung terigu tidak akan larut dalam air dingin dan sulit dibuat adonan. Setelah diberi telur dan bumbu-bumbu, barulah ditambahkan tepung sagu sehingga membantuk adonan yang kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan cilok.

Dalam proses pematangannya, cilok pertama kali direbus hingga mengapung ke permukaan air. Namun sampai disini cilok masih belum matang pada bagian dalamnya, sehingga kita bisa mematangkannya dengan cara dikukus. Sebenarnya kita bisa saja mematangkan cilok dengan cara merebusnya lebih lama, namun hasilnya menjadi kurang baik. Permukaan cilok biasanya menjadi melar karena air rebusan lama-lama meresap kedalamnya. Rasanya juga menjadi kurang lezat dan permukaan cilok menjadi lengket satu sama lain ketika cilok sudah dingin.

Cilok Bandung Bumbu Kacang

Untuk membuat adonan cilok Bandung, perbandingan antara tepung terigu dan tepung sagu biasanya 1 berbanding 3 atau bisa lebih bisa kurang. Tepung terigu digunakan hanya sebagai pengikat tepung sagu agar bisa dibentuk menjadi adonan. Disamping itu, disini kita menggunakan telur untuk menambah cita rasa agar cilok menjadi lebih gurih dan teksturnya lebih padat. Bagi kalian yang suka cilok yang menggunakan isian, kalian bisa menggunakan sosis, bakso, daging ayam giling atau daging sapi giling. Untuk bahan-bahan lainnya, berikut adalah bahan-bahan lengkap membuat cilok beserta bahan bumbu kacang dan langkah-langkah pembuatannya secara lengkap.

Bahan Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang

  1. 250 gr tepung tapioka/sagu
  2. 100 gr tepung terigu
  3. 2 btr telur ayam
  4. 2 btg daun bawang, iris halus
  5. 5 siung bawang putih, haluskan
  6. 6 siung bawang putih utuh
  7. 2 sdt garam
  8. 1 sdt kaldu bubuk
  9. 1 sdt lada bubuk
  10. 250 ml air
  11. air untuk merebus dan mengukus secukupnya

Bahan Saus Kacang

  1. 100 gr kacang tanah, goreng dan haluskan
  2. 50 gr gula jawa, sisir halus
  3. 1 sdt asam jawa
  4. 1 sdm gula pasir
  5. 1 sdt garam
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk
  7. air secukupnya
  8. minyak untuk menumis

Bumbu Halus Saus Kacang

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 4 bh cabe merah keriting, buang biji
  4. 6 bh cabe rawit

Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang

  1. Didihkan 250 ml air bersama dengan garam dan kaldu bubuk.
  2. Kecilkan api. Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga tepung terigu menggumpal membentuk adonan dan berwarna agak transparan. Tekstur adonan ini agak lembek namun tidak encer dan tidak tumpah meski panci dimiringkan. Matikan api dan diamkan hingga agak dingin dan tidak cukup panas bila disentuh.
  3. Pindahkan adonan kedalam wadah, masukkan telur, daun bawang, bawang putih halus, dan lada bubuk. Aduk rata.
  4. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok. Uleni adonan menggunakan tangan, ketika diuleni adonan memang lengket tapi tidak apa-apa, bersihkan saja tangan dari adonan dengan menggunakan sendok dan teruskan menguleni adonan hingga benar-benar merata. Bersihkan lagi tangan menggunakan sendok.
  5. Saatnya membentuk bulatan-bulatan cilok. Agar tidak lengket, cuci tangan hingga bersih kemudian keringkan. Taburi telapak tangan menggunakan tepung sagu sebelum membentuk bulatan-bulatan. Ambil setengah sendok makan adonan, kemudian bentuklah menjadi bulatan-bulatan sebagaimana cilok. Sebaiknya cilok tidak dibuat terlalu besar agar bisa lebih cepat matang. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
  6. Panaskan air hingga mendidih, jumlahnya perkirakan saja yang penting semua cilok bisa terendam. Masukkan cilok dan rebus hingga seluruh cilok mengapung. Angkat dan tiriskan. Sampai disini cilok hampir jadi, tapi dalamnya belum terlalu matang.
  7. Didihkan air dalam dandang/panci serbaguna. Kukus cilok bersama bawang putih utuh selama kurang lebih 15-20 menit. Setelah matang, angkat.
  8. Saatnya membuat saus/bumbu kacang. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kacang tanah dan tumis sebentar.
  9. Tuangkan air secukupnya, kurang lebih 50-100 ml atau setengah sampai 3/4 gelas. Masukkan gula jawa, asam jawa, gula pasir, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata hingga gula jawa dan asam jawa larut.
  10. Masak hingga air menyusut dan saus mengental. Angkat.
  11. Sajikan cilok Bandung bersama dengan bumbu kacang.
Pada dasarnya, cara membuat cilok Bandung bumbu kacang tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan pempek adaan yang tidak menggunakan daging ikan atau pempek dos yang kita bahas sebelumnya. Intinya, kita membutuhkan adonan biang untuk mengikat bahan utama sehingga membentuk adonan dan bisa dibentuk bulatan-bulatan. Untuk urusan bumbu-bumbu, rasanya tidak jauh berbeda kecuali penyajiannya yang menggunakan bumbu kacang. Tertarik untuk mencoba resep cilok Bandung bumbu kacang di rumah.

Powered by Blogger.