Header Ads

Masa Subur Wanita Dan Cara Mengetahuinya

Baca juga artikel terkait lainnya

Masa subur wanita merupakan salah satu hal yang berpengaruh pada proses mendapatkan keturunan. Beberapa pasangan dengan begitu mudahnya mendapatkan keturunan, namun di sisi lain ada pasangan-pasangan yang harus ekstra sabar untuk mendapatkan keberuntungan itu. Jika Anda bertanya-tanya, bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan keturunan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui, dan beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar dapat memperoleh keturunan dengan lebih cepat.

Gambar: vemale.com

Proses pembuahan merupakan hal yang cukup rumit karena melibatkan beberapa tahapan. Mari kita sedikit bahas pelajaran biologi ya.. Setiap bulan, kelenjar bawah otak mengirimkan sinyal kepada indung telur untuk melepaskan sel telur, dalam tahap ini dapat dikatakan merupakan masa subur wanita. Setelah sel telur dilepaskan, kemudian sel-sel telur ini berpindah menuju tuba fallopi untuk bertemu dengan sel sperma yang mungkin ada di sana. Masa subur Anda adalah kondisi dimana sel telur dan sel sperma sering bertemu (ovulasi), dan kondisi ini ditentukan oleh dua faktor:Masa hidup sel sperma, atau kemampuan sperma untuk hidup di dalam organ reproduksi wanita, yang biasanya tidak akan lebih dari 5 hari.Masa hidup sel telur yang biasanya lebih pendek lagi, yaitu sekitar 24 jam.

Kesempatan paling bagus untuk hamil adalah berhubungan seks ketika masa subur atau ovulasi Anda. Tapi pertanyaannya, kapan Anda bisa tahu jika saat itu Anda sedang dalam masa subur?
Cara untuk hamil yang paling mudah adalah dengan sesering mungkin melakukan hubungan seks. Jika Anda secara konsisten melakukannya, dua atau tiga kali seminggu, maka dapat dipastikan suatu waktu Anda akan berada di kondisi subur dimana sel telur dan sperma bertemu. Tapi jika Anda ingin lebih yakin, kapan saat masa subur Anda, maka berikut ada beberapa cara yang dapat Anda ikuti.Kapan masa paling subur Anda?
Untuk mengetahui masa paling subur Anda, ada tiga hal yang perlu Anda ikuti, yaitu dengan:
Mari kita simak penjelasan lebih lanjut mengenai keempat cara untuk mengetahui masa subur wanita diatas.

1. Memantau Siklus Reproduksi Anda

Gunakan kalender di rumah Anda untuk terus memantau siklus reproduksi Anda. Tandai tanggal dimana Anda mengalami masa haid, dan ditandai dengan keluar darah, bukan hanya flek. Setelah itu pantau juga berapa lama masa haid Anda berakhir. Biasanya masa haid akan berakhir kurang lebih selama empat hari.

Untuk mengetahui secara jelas kapan Anda berada di masa subur wanita, maka terus pantau siklus haid Anda beberapa bulan kedepan, ketika Anda mendapatkan siklus terpendek, maka kurangi 18 hari, sehingga Anda mendapatkan sisa harinya atau kita sebut saja “patokan hari”. Pada siklus Anda di bulan berikutnya, hitung kedepan sejumlah “patokan hari”-nya. Nah minggu berikutnya dapat dipastikan adalah masa paling subur Anda.

Anda perlu melakukan hubungan seks paling tidak sehari sekali pada masa paling subur Anda, untuk meningkatkan peluang kehamilan.
Keuntungan dari menggunakan cara ini adalah perhitungan tanggal dapat dengan mudah dilakukan, dan juga diingat, namun kesulitan menggunakan cara ini adalah ketidakpastian yang mungkin timbul akibat beberapa faktor, antara lain bila Anda terserang penyakit, stress dan lain sebagainya. Perhitungan akan menjadi tidak akurat bagi Anda yang memiliki siklus haid yang tidak menentu.


2. Memeriksa Cervical Mucus

Sebelum berada pada masa subur wanita, Anda dapat dengan mudah menyadari ada perubahan di area kemaluan Anda, terutama adanya cairan bening, licin, serta agak lengket yang berada di area kemaluan Anda. Cairan seperti ini merupakan ciri khas cairan yang membawa sel telur. Dan setelah masa subur Anda berlalu, cairan ini akan berubah menjadi berwarna buram, dan lengket, atau bahkan tidak muncul lagi.
Keuntungan dari memeriksa cervical mucus adalah Anda akan mendapatkan tanda yang dapat dipastikan akurat untuk memastikan apakah Anda dalam masa subur atau tidak, dan untuk memeriksa cairan ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Namun kekurangannya adalah bagi beberapa wanita yang tidak pernah mengetahui adanya cervical mucus, maka akan sangat membingungkan bagi mereka untuk menebak apakah itu adalah cervical mucus atau cairan lain.

3. Mengukur Suhu Tubuh Basal Anda

Suhu tubuh basal adalah suhu tubuh ketika Anda sedang istirahat total. Masa subur wanita mempengaruhi meningkatnya suhu tubuh basal. Anda ada di masa paling subur selama dua atau tiga hari sebelum suhu tubuh Anda naik. Jadi ketika Anda mulai mengetahui bahwa suhu tubuh basal Anda naik dan mulai stabil, ini artinya bahwa Anda sedang berada di masa subur.
Untuk mengetahui suhu tubuh basal, maka gunakan termometer dan lakukan pengukuran pada pagi hari sebelum Anda bangun dari tempat tidur Anda.
Cara seperti ini sangatlah mudah dilakukan dan hanya memerlukan sebuah termometer untuk mengukur suhu tubuh, namun peningkatan suhu tubuh juga tidak dapat dipastikan akan stabil, kadangkala kenaikan suhu tubuh terjadi setelah masa subur Anda selesai, dan ini berarti Anda harus menunggu beberapa bulan kedepan sampai masa subur Anda datang kembali. Mengukur suhu tubuh di pagi hari, pada waktu yang sama juga sangat merepotkan, apalagi bagi Anda dengan jam tidur yang tidak pasti.

4. Menggunakan Alat Prediksi Kesuburan

Cara lain untuk mengetahui masa paling subur Anda adalah dengan menggunakan alat untuk prediksi kesuburan. Anda dapat melakukan test pada urin Anda menggunakan alat ini, dan otomatis alat ini akan memberikan diagnosa tingkat kesuburan Anda.
Keuntungan menggunakan alat ini adalah, Anda dapat memperoleh data yang cukup akurat dan lengkap, karena selain mengetahui masa hamil Anda, alat ini juga memberikan data mengenai kapan saat sebelum masa subur atau ovulasi terjadi. Namun alat ini tergolong mahal.
Apabila Anda berumur 30an kebawah, dan tubuh Anda dan pasangan masih dalam kondisi sehat, maka sebaiknya Anda terus berjuang untuk mendapatkan keturunan dan tidak perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter mengenai kesuburan Anda, namun apabila Anda berumur 35 tahun bahkan lebih, tidak ada salahnya Anda mulai berkonsultasi mengenai masalah kesuburan Anda.

Nah mungkin Anda bingung menentukan masa subur wanita Anda, sehingga proses kehamilan Anda menjadi tertunda, dengan adanya keempat cara diatas semoga bisa membantu Anda untuk menentukan kapan sebaiknya Anda mulai berhubungan seks untuk mendapatkan keturunan lebih cepat.

Powered by Blogger.