Header Ads

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Baca juga artikel terkait lainnya

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang hidup sepanjang tahun. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai wilayah, seperti Indonesia, India, Karibia, Cina, Afrika Barat dan Asia Barat Daya. Adapun ciri-ciri atau karakteristik tanaman jahe yaitu memiliki bau yang khas dan tajam serta terasa hangat bila dikonsumsi.

Jahe biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, campuran jamu, atau bisa juga dibuat untuk wedang jahe. Seiring dengan perkembangan zaman, cara pengolahan jahe pun semakin berkembang dan beragam. Kini, jahe dapat digunakan sebagai campuran berbagai jenis makanan olahan, misalnya permen jahe, dodol jahe, dan selai jahe.

Selain dapat diolah menjadi bermacam-macam jenis makanan, jahe ternyata memiliki begitu banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Jahe bukan sekedar bahan pelengkap untuk menambah citarasa masakan Anda. Pada ulasan di bawah ini, kami akan membahas manfaat dan khasiat jahe bagi kesehatan. Apa saja itu? Berikut daftar manfaatnya.



1. Kalau kita merasa lapar, cobalah kunyah sepotong kecil jahe segar sebelum makan. Ini bisa membangkitkan selera maka dan mengaktifkan enzim-enzim pencernaan.

2. Karena itu (lihat khasiat nomor 1) jahe bisa meningkatkan penyerapan dan asimilasi gizi esensial dari makanan untuk tubuh kita.

3. Jahe bisa membersihkan saluran-saluran sirkulasi mikro di tubuh kita, termasuk gangguan sinusitis yang biasanya muda meradang pada udara sejuk.

4. Merasa mabuk udara atau mual-mual? Kunyah atau minumlah cairan herbal jahe. Lebih jos kalau dicampur dengan madu.

5. Perut mual? Banya buang angin? Sumpah, ini tak melebai-lebaikan khasiat jahe, tapi rempah ini memang berkhasiat mengusir gas penyebab perut kembung.

6. Isi perut terasa melilit? Ototnya pun mengejang? Coba lawan dengan mengunyah sepotong jahe.

7. Ini jarang dilakukan orang Indonesia: membalur tubuh atau mandi dengan air yang sudah dicampur dengan minyak jahe. Padahal ini bisa membantu meredakan nyeri sendi dan sakit otot.

8. Banyak dokter menyarankan pasien bedahnya mengunyah jahe sehabis operasi. Tujuannya: membantu mengatasi rasa mual sehabis pembedahan.

9. Jahe, dinikmati sebagai wedhang, atau dibubuhkan ke dalam teh, dapat mengusir gangguan tenggorokan dan hidung mampat.

Bahkan sebelum khasiat itu dinikmati, rasa hangat minuman jahe itu sudah merupakan bonus bagi peminumnya di musim hujan.

10. Terakhir, jahe yang ditambahkan pada semangkuk sup makan malam kita, terbukti bisa membantu kita mudah dan nyenyak tidur. Dan bonusnya: menurut teks-teks kuno jahe bisa berkhasiat sebagai zat aprosidiak alias zat penggenjot stamina seksual.

Powered by Blogger.