Header Ads

Makanan Sehat Buat mata

Baca juga artikel terkait lainnya

Memiliki mata sehat harus diusahakan. Selain rajin mengistirahatkan mata jika terlalu lama menatap layar komputer, menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan seperti yang dilansir dari She Knows berikut ini.

Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah makanan pertama yang mampu mencegah kebutaan. Sebab di dalamnya mengandung vitamin A, B12, C dan kalsium yang menyehatkan mata. Contoh dari sayuran hijau adalah bayam, brokoli, dan kale.

Telur

Awali hari dengan sarapan telur yang menyehatkan. Kandungan protein di dalam telur adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk menyehatkan lensa mata. Kuning telur juga berperan dalam mencegah sakit mata di usia senja.


Bawang putih

Hampir sama seperti telur, bawang putih juga ampuh menjaga kesehatan lensa mata dan mencegah katarak atau penyakit mata lain ketika usia bertambah. Sisi baiknya, bawang putih juga punya khasiat dalam menurunkan kolesterol.

Wortel

Sejak kecil, banyak anak yang dinasihati oleh orang tuanya untuk rajin makan wortel jika ingin memiliki mata yang sehat. Hal itu memang benar. Sebab wortel mengandung beta-carotene yang baik bagi retina dan melindungi mata dari matahari.

Ikan

Ikan, khususnya tuna, salmon, dan cod, kaya akan asam lemak omega-3 yang juga ditemukan dalam retina. Sehingga mengonsumsi ketiga jenis ikan tersebut mampu menyehatkan mata. Jika tak suka ikan, omega-3 bisa diperoleh dari vitamin.

Kacang-kacangan

Almond, mete, dan kacang tanah juga mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan. Meskipun tidak banyak, namun makan kacang-kacangan mampu melindungi mata dan mencegah penyakit mata di usia senja.

Alpukat

Alpukat kaya akan lutein, senyawa yang mencerahkan penglihatan mata dan menurunkan risiko katarak ketika sudah tua. Dibandingkan dengan jenis buah lain, alpukat paling banyak mengandung senyawa lutein.

Cokelat hitam

Cokelat hitam bukan cuma lezat, tetapi juga menyehatkan. Kandungan flavonoid di dalamnya bertugas menjaga kesehatan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi ke arah mata.

Itulah berbagai makanan yang menyehatkan mata. Jangan malas mengonsumsinya demi menjaga kesehatan mata Anda.

Powered by Blogger.