Header Ads

Gudeg Mbarek khas Jogja

Baca juga artikel terkait lainnya

Gudeg Mbarek merupakan kuliner khas Jogja yang sangat familiar. Siapa yang tidak kenal dengan “gudeg mbarek“?  Hampir setiap wisatawan yang pernah ke Jogja pasti pernah mencicipi kenikmatan makanan satu ini. 

Di setiap sudut dari wilayah Jogja dapat kita jumpai dengan mudah warung-warung yang menjual nasi gudeg.Gudeg Mbarek atau yang lebih dikenal dengan nama “gudeg” merupakan sebuah masakan jenis sayuran berwarna coklat tua dan rasanya manis. Gudeg terbuat dari nangka muda (gori - Jawa) yang diberi bumbu khas dan kaya rempah. Manisnya gudeg berasal dari gula jawa (gula merah).

Ada dua macam gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Perbedaan antara gudeg basah dan gudeg kering terletak pada areh-nya. Areh adalah kuah kental yang terbuat dari santan kelapa dicampur ampas minyak kelapa (blondho – Jawa). Gudeg basah biasanya lebih berkuah dan bersantan lebih banyak dan rasanya lebih pedas, sedangkan gudeg kering areh-nya lebih kering dan rasanya lebih manis.

Ada 2 sentra Gudeg Mbarek di Jogja, yakni Wijilan dan Barek. Gudeg Mbarek yang biasanya paling dicari wisatawan ketika ke Jogja adalah Gudeg Mbarek Bu Hj.Amad, Gudeg Yu Djum dan Gudeg Yu Narni. Selain ketiga ‘maskot’ Gudeg Mbarek tersebut, masih banyak warung dan restoran gudeg yang lainnya, seperti Gudeg Permata Bu Pujo, Gudeg B. Djuminten, Gudeg Bu Sri Kuncen, Gudeg Sagan, Gudeg Pawon, Gudeg Batas Kota, Gudeg Empire, Gudeg Mbak Sasha, dan masih banyak yang lainnya.
Kebanyakan resep Gudeg Mbarek merupakan resep turun-temurun. Untuk soal rasa hampir semuanya sama. Harga Gudeg Mbarek terbilang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 8.000,- untuk perorangan dan Rp25.000,- untuk gudeg paketan.


Powered by Blogger.