Header Ads

Cara Upgrade Blog ke com Domain

Baca juga artikel terkait lainnya

Bagi para blogger tentunya sudah tidak asing lagi dengan berbagai CMS ( Content Management System ) seperti blogger, wordpress dan lain sebagainya.


Namun CMS yang paling banyak diminati adalah wordpress. Para blogger bermain-main dengan wordpress sebab pada wordpress sendiri memiliki banyak kemudahan dalam hal update, maintenance, dan penambahan plug-in. Namun dalam penggunaan blog, lebih bak jika pengguna selalu mengupgrade memastikan bahwa blog daam keadaan up-to-date adalah penting sebab jika sistem keamanan ang kita miliki sangat rendah maka ini akan menjadikan peluang bagi para hacer untuk membobol blog yang kita miliki. Sebaiknya bagi anda yang masih menggunakan wordpress versi ama, untuk saat ini sebaiknya anda upgrate versi baru. Berikut ini akan di bahas cara upgrade blog dengan wordpress secara manual.

Cara Upgrade Blog Pada Wordpress

Mengetahui cara upgrade blog wordpress tentu sangat penting, tentunya kita menginginkan blog yang memiliki performa yang bagus dan kinerja yang handal. Oleh sebab itu anda perlu mecoba beberapa langkah mudah upgrade berikut ini.
  1. Sebelum melakukan upgrade sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu pada database blog kita,hal ini mengantisipasi jika terjadi kegagalan saat proses upgrade.
  2. Caranya yaitu dengan klik ikon file manager setelah dilakukan login cpanel sebelumnya. Selanjutnya pilih directori public_html untuk mengetahui dimana blog anda berada, maka proses backup dapat dilakukan.
  3. Backup dapat dilakukan dengan cara mengompres folder yang berisi konten blog. Untuk proses kompres pun tidak sulit yaitu dengan mencentang folder yang berisi konten blog tersebut kemudian klik compress maka folder anda akan berubah menjadi folder.zip
  4. Jika proses backup folder telah selesai maka langkah selanjutnya adalah proses upgrade yang diawali dengan mendownload wordpress versi terbaru melalui wordpress.org atau situs yang lain. Setelah terdownload simpanlah pada komputer anda.
  5. Setelah download selesai dilakukan, tugas selanjutnya adalah exract folder dan hapuslah folder wp-content (bertujuan agar isi folder wp-content tidak menindih instalan theme, plugins dll). 
  6. Penghapusan selesai dapat dilanjutkan dengan compress kembali folder wordpress menjadi wordpress.zip
  7. Kemudian menuju cpanel lagi, klik option files file manager, dengan begitu maka anda dapat mengupload wordpress.zip anda tadi via file manager di public_html dan tunggulah hingga proses upload berhasil.
  8. Extract lah wordpress.zip tersebut agar file yang lama akan di overwrite oleh file yang baru.
  9. Dengan begitu selesai sudah upgrade secara manual yang kita lakukan. Dengan cara upgrade blog ini kita tidak perlu menghapus atau copy-paste file apapun yang terdapat pada folder blog lama, sebab dengan mengextract secara otomatis file akan di overwrite. Yang paling penting diperhtikan adalah penghapsan wp-content tadi.
  10. Terakhir, lakukan akses panel admin wordpress dengan format penulisan http:/domainanda.com/wp-admin/ dengan begitu domain akan terkonfigurasi secara otomatis dan bisa log in seperti biasanya.
  11. Setelah melakukan log in dan menemukan tulisan “please upgrade now” maka klik upgrade automatically dimana akan muncul pemberitahuan bahwa cara upgrade blog yang anda lakukan telah berhasil.
So, sangat gampang kan cara upgrade blog secara manual, selanjutnya anda dapat segera mencoba praktik pada blog anda yang masih menggunakan wordpress lama. Upgrade secara berkala memang perlu dilakukan jika anda ingin memiliki blog yang aman dan performa yang baik. Langkah sederhana tersebut tentunya tidak akan menyita waktu anda, selain mudah dilakukan juga dapat memberian hasil yang memuaskan jika anda berhasil. Oke, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Powered by Blogger.