Header Ads

Cara Terhindar Hacker Blog

Baca juga artikel terkait lainnya

Para pengguna blog tentu merasa sangat diresahkan oleh para hacking. Hacking sendiri merupakan salah satu kejahatan di dunia maya yang dilakukan dengan cara membajak data yang ada pada perangkat komunikasi atau sosial media. Para hacking ini seringkali menggunakan keahliannya untuk mencuri password akun penting yang mereka ingin ambil keuntungan darinya terutama pada akun blog seperti wordpress. Oleh karena itu  perlu adanya antisipasi untuk menghindari para hacking yang ingin mengambil alih akun anda. Dibawah ini kita akan membahas cara terhindar hack blog yang paling efektif.


Cara Menghindari Hack Blog


Semakin terkenal suatu blog maka akan semakin banyak yang mengincarnya. Menggunakan cara menghindari bahaya hack blog ini yaitu sebagai berikut.

        Menggunakan Password yang Kuat
Peggunaan kata sandi yang kuat dan rumit tentunya dapat mencegah para hacker menyerang blog kita. Meskipun rumit, sebaiknya adalah hal yang mudah diingat sehingga anda tidak kesusahan jika ingin membukanya. Bisa dari huruf atau angka yang berhubungan dengan anda atau yang lainnya. selain itu dengan mengguakan symbol-simbol tentu akan mempersulit hacker membobol blog kita.

Mengamanakan Database
Cara lain untuk menghindari hack blog yaitu denga pengamanan database. Mengamankan database dapat dilakukan dengan cara membackup data. Sering melakukan backup data akan lebih menguntungkan bagi kita jika kita tidak mampu melindungi keamanan blog. Caranya yaitu dengan melakukan plugin wp-database backup atau melalui account hosting. Pengamanan ini sangat dibutuhkan demi antisipasi adanya hacker menyerang blog kita.

Scan Blog
Menghidari hack blog selanjutnya adalah dengan menscan blog untuk mendeteksi keamanan blog kita. Hal ini bisa dilakukan oleh plugin yang terdapat pada wordpress yang disebut dengan wp security scan. Degan begitu, celah keamanan pada bog dapa kita ketahui. Plgin ini yang dapat memberitahukan kepada kita tingkat kekuatan password, cara menghapus account admin dan verifikasi directory blog demi keamanan yang terjamin. Selain itu kita juga bisa menggunakan generator password yang terdapat pada wp security scan ini untuk membuat password yang rumit dan kuat.

 Mengantisipasi Plugins
Kadang kita berfikir semakin banyak kita mengguankan plugin adalah semakin bagus. Jangan salah, karena tidak semua plugin itu bagus untuk digunakan. Masih banyak plugin yang tidak aman dan perlu diantisispsi pegggunaannya. Karena jika kita salah sama halnya kita semakin membuka celah untuk para hacker membuka blog anda. Oleh karena itu kita perlu menyembunyikan konten directory wp-content plugins yaitu dengan membuat file yang kosongan seperti index.html yag diupload didalamnya. Selain mengantisispasi plugin yang tidak jeas asalnya, anda juga perlu berhati-hati dengan tawaran theme gratisan dan bajakan yang banyak disebar diforum-forum. Theme yang paling aman adalah yang bawaan dari wordpress sendiri.

Selalu Update
Pada saat anda menerima notifikasi yang berupa pemberitahuan untuk segera mengupdate blog anda baik dari plugin, theme, paswoord atau hal lainnya sebaiknya anda segera aktif untuk mengupdate. Sebab jika kita terlambat mengupdate akan memberikan peluang kepada para hacker untuk memasuki blog anda.

Nah, Itu tadi uraian singkat mengenai cara terhindar hack blog dari para hacker yang menghantui blog pribadi kita. Apalagi jika blog yang kita miliki sangat populer dan banyak pembacanya, tentu akan menjadi incaran para hacker ingin mendapatkan dan mengakses secara pribadi untuk mendapat keuntungan didalamnya. Namun dengan terus melakukan perbaikan pada sistem keamanan blog anda, pasti para hacker pun juga akan jera.

Powered by Blogger.