Header Ads

Cara Tepat Mengatasi Botak Kepala

Baca juga artikel terkait lainnya

Rambut rontok dan menjadi botak adalah salah satu masalah terbesar bagi seorang wanita maupun pria, banyak cara yang mungkin telah anda lakukan untuk mengatasi kepala yang botak dari menggunakan produk obat hermal sampai produk jadi yang dijual di toko-toko terdekat. untuk mengatasi rambut yang botak perlu terlebih dahulu anda mengetahui apa penyebab rambut anda menjadi rontok dan menjadikan kepala anda menjadi botak, sehingga mengakibatkan penampilan anda kurang menarik.

Pada suatu masa ketika rambut adalah segalanya. Hampir semua orang menganggap rambut merupakan hal penting dalam penampilan. Karena itu, kerontokan dan kebotakan bisa menjadi mimpi buruk bagi mereka yang mengalaminya. Perawatan rambut botak sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini.



A). Penyebab Kebotakan dan Kerontokan Rambut

a. Penyebab kebotakan Pada Pria

1. Stres
Stres emosional yang berat dapat menyebabkan rambut rontok, dan memperburuk masalah rambut rontok yang ada. Oleh karena itulah mengapa banyak pemikir dan manajer yang botak karena mereka selalu di bawah tekanan berat dari pekerjaan mereka. Masalah stres yang serius dapat menyebabkan penyakit psikologis seperti depresi. Ini mungkin menyebabkan beberapa orang untuk menarik rambut mereka dan menyebabkan kerusakan rambut. Dan untuk laki-laki, setelah hari yang menegangkan di tempat kerja, akan menikmati merokok dan minum alkohol untuk bersantai. Ini dapat membantu seseorang untuk bersantai dan menghilangkan stres, tetapi juga dapat memperburuk masalah kerontokan rambut.

2. Perubahan hormonal
Bagi pria, rambut rontok bisa memburuk akibat perubahan hormonal yang tidak seimbang dengan usia. Dengan usia, seseorang dapat menghasilkan androgen yang berlebihan, yang dapat menyebabkan kebotakan pria.

3. Usia
Ketika pria mencapai usia pubertas, jumlah folikel rambut mulai menurun dari waktu ke waktu. Pada usia 20 sampai 30, ada sekitar 615 folikel per sentimeter persegi di kulit kepala. Pada usia 30 sampai 50, jumlah folikel jatuh ke 485. Dan di usia 80 tahun, folikel akan turun menjadi 435 per sentimeter persegi. Penipisan rambut dapat dianggap sebagai bagian dari proses penuaan.

4. Ras
Beberapa ras memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mendapatkan rambut rontok. Pria Kaukasia lebih rentan dan bahkan dapat mengembangkan bentuk yang sangat parah dari kebotakan pria. Ras berkulit hitam dan orang Asia kurang rentan terhadap kerontokan rambut.

5. Gen
Gen kita tidak hanya menentukan bentuk, warna, ketebalan, kerapatan, dan laju pertumbuhan rambut kita, gen juga bisa menentukan bawaan dari kebotakan pada saat lahir atau kelainan struktur rambut yang diwariskan dari orang tua. Karena ini jenis rambut rontok ditentukan oleh gen, sulit untuk menemukan akar penyebab masalah, dan mungkin permanen.

b. Penyebab Kebotakan Pada Wanita

1. Kurang gizi
Diet terlalu ketat juga akan menyebabkan kerontokan rambut. Sayangnya mengembalikan pola makan menjadi sehat kembali tak cukup untuk menumbuhkan rambut, meski kerontokannya bisa dihentikan.

2. Kehamilan dan persalinan
Banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut sementara sekitar 3 bulan setelah melahirkan. Kondisi ini disebut juga dengan telogen effluvium. Rambut akan kembali ke kondisi normal beberapa bulan setelahnya.

3. Siklus pertumbuhan rambut tak seimbang
Rambut tumbuh sekitar setengah inchi perbulan. Setiap rambut tumbuh dengan fase berbeda yang berlangsung antara 2-6 tahun. Fase ini termasuk periode tumbuh dan istirahat sebelum rontok dan folikel rambut menumbuhkan untaian rambut baru.
Tetapi ada sebagian wanita yang memiliki faktor genetik sehingga mereka lebih rentan mengalami kerontokan rambut akibat proses pertumbuhan rambut tidak normal. Gangguan ini disebabkan karena hormon androgen.

4. Menopause
Dari beberapa gejala menopause, kerontokan rambut adalah gejala yang paling sering dialami.

5. Gangguan hormonal
Jika tiroid Anda sangat aktif atau tidak aktif, rambut akan terkena dampaknya. Biasanya kerontokan rambut akan berhenti setalah gangguan tiroid teratasi. Rambut juga akan rontok jika terjadi gangguan hormon androgen dan estrogen.

6. Penyakit autoimun Diantara penyakit lain, lupus atau diabetes merupakan penyebab kerontokan rambut pada wanita. Kerontokan rambut juga bisa menjadi gejala adanya penyakit.

7. Infeksi
Beberapa jenis infeksi, misalnya infeksi jamur di kulit kepala, juga akan menyebabkan kerontokan rambut pada anak-anak. Dengan obat antijamur kerontokan bisa dihentikan.

8. Obat-obatan
Beberapa jenis obat memiliki efek samping merontokkan rambut. Namun kondisi tersebut akan berakhir setelah pengobatan dihentikan. Jenis obat yang bisa menyebabkan kerontokan rambut antara lain pengencer darah, obat asam urat, obat kemoterapi, terlalu banyak vitamin A, kontrasepsi, dan obat antidepresan.

9. Gangguan emosional
Sebagian wanita mengalami kerontokan rambut saat menghadapi situasi traumatik atau emosional. Misalnya kematian anggota keluarga, perceraian, atau merawat keluarga yang sakit parah.


B). Cara Menumbuhkan Kembali Rambut Pada Kepala Yang Botak Dengan Menggunakan Bahan Alami

Cara terbaik untuk melakukan perawatan pada rambut botak termasuk menumbuhkan kembali rambut, adalah dengan melakukan perawatan alami. Namun pertama-tama yang harus dilihat adalah pola makan Anda. Burger dan kentang goreng serta makanan junk food lainnya tidak memberi manfaat pada tubuh, apalagi rambut Anda.

Konsumsilah makanan yang kaya vitamin dan mineral. Makanan tersebut bisa Anda jumpai pada sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Jangan ragu untuk mengonsumsi banyak air putih. Hal ini bagus untuk kesehatan tubuh dan rambut Anda.

Santan
Santan juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut. Cara ini sudah populer sejak dahulu kala. Terapkan 300 hingga 500 ml santan ke kulit kepala dan rambut, tutup rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Dengan melakukan perawatan ini, rambut juga akan menjadi lebih lembut dan mengkilap. Bila dilakukan secara teratur, dapat terlihat hasil yang signifikan dalam pertumbuhan rambut. Lakukan proses ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Ginkgo Biloba
Gingko biloba adalah bahan alami untuk menumbuhkan rambut di kepala anda. Tanaman yang berasal dari Cina ini terkenal untuk mengobati beberapa penyakit, salah satunya adalah untuk mengatasi kerontokan rambut. Pengobatan alternatif ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menguatkan batang rambut.

Cara perawatan menggunakan ginkgo biloba adalah dengan mengoleskan minyak ginkgo biloba pada rambut dan kulit kepala. Minyak ginkgo biloba bisa didapatkan di apotik atau di toko obat cina.

Telur
Cara alami menumbuhkan rambut dapat dilakukan dengan memanfaatkan kuning telur. Terapkan kuning telur pada rambut dan kulit kepala. Kemudian, pijatlah kulit kepala selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih dengan menggunakan shampo, agar tidak meninggalkan aroma amis pada rambut. Ada baiknya, melakukan proses ini tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Kulit Apel
Kulit apel memiliki beberapa vitamin dasar yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain itu dapat menumbuhkan rambut secara sempurna.

Buah yang kaya polifenol ini dapat memerangi masalah rambut rontok. Kulit apel dapat menjadikan rambut lebih sehat dan bernutrisi. Haluskan kulit apel, lalu terapkan pada rambut, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Teh Hijau
Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membuat sirkulasi darah ke rambut menjadi lebih baik. Selain itu, teh hijau juga berfungsi untuk membuat pertumbuhan rambut lebih cepat dan sehat.

Cara perawatannya adalah dengan menyeduhkan teh hijau, lalu balurkan pada kulit kepala dan seluruh rambut. Lalu bungkus rambut menggunakan handuk, tunggu hingga 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Biji Kemiri
Biji kemiri memiliki kandungan yang dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut. cara yang dilakukan adalah dengan membakar biji kemiri hingga hangus kemudian digiling. Kemudian oleskan ke bagian rambut. Baik dilakukan pada malam hari tapi jangan lupa untuk membungkus kepala agar bantal tidak ikut hitam. Keramaslah besok harinya dengan shampo.

Minyak zaitun
Minyak zaitun tidak hanya meningkatkan proses pertumbuhan rambut, tetapi juga dapat menyehatkan kondisi kulit kepala Anda. Caranya cukup teteskan empat hingga lima tetes minyak zaitun setelah keramas, lalu pijatlah kulit kepala. Sebaiknya, lakukan pada malam hari agar kandungan minyak zaitun terserap pada kulit kepala. Pada pagi harinya, cuci rambut hingga bersih.

Minyak kelapa
Cara alami menumbuhkan rambut berikutnya adalah sengan minyyak kelapa. Ketombe dapat menghalangi pertumbuhan rambut. Untuk menghilangkan ketombe dan rambut lebih cepat tumbuh, Anda dapat mengusapkan minyak kelapa pada kulit kepala hingga rambut. Pastikan seluruh akar rambut terkena minyak kelapa. Jika proses ini dilakukan setiap hari, maka dalam waktu 15 hari, ketombe akan hilang dan  akar rambut yang kuat, sehingga pertumbuhan rambut bisa lebih cepat.

Apabila anda hendak menggunakan obat penumbuh rambut, anda harus terlebih tahu efek samping apa saja apabila anda menggunakan obat-obatan tersebut hendaklah berkonsultasi kepada dokter untuk pengobatan yang aman dan dalam jangka yang panjang. anda juga bisa membaca artikel tentang langkah cara merawat rambut kering akibat rebonding.

Powered by Blogger.