Header Ads

Cara setting account adsense

Baca juga artikel terkait lainnya

Walaupun telah memiliki akun Google Adsense tetapi nyatanya masih banyak orang yang kebingungan dengan setting Account Adsense. Sebenarnya caranya cukup mudah untuk melakukan pengaturan pada akun Anda ini. Langkah pertama tentu mengakses Google Adsense pada situs http://www.google.com/adsense dan log in dengan menggunakan username serta password Anda. Setelah langkah pertama ini dan Anda telah berada pada laman yang dikehendaki selanjutnya terdapat beberapa tahapan untuk melakukan setting.



Cara setting Account Adsense

Langkah-langkah berikut ini akan memandu Anda untuk melakukan pengaturan pada akun Google Adsense Anda.

Personal setting

Anda dapat melakukan setting Account Adsense personal setting setelah masuk akun Google Adsense dengan cara meng-klik gambar dengan lambang “gir” yang terdapat pada pojok kanan atas di sebelah email Anda. Klik menu “setting” dan Anda akan melihat bagian-bagian: Personal Setting, Access and authorization. Bagian yang perlu disetting yang pertama adalah “Personal Settings”. Data ini dibutuhkan oleh pihak perusahaan bila sewaktu-waktu hendak berkomunikasi dengan Anda. Tim dari Google Adsense akan memberi pesan via email pada alamat email Anda yang terdapat pada pengaturan ini, yaitu “contact email”.

Untuk mengubah setting pada “Personal Settings”, isi “contact name” dengan nama depan Anda pada bagian “first name”, dan pada kolom “last name” isilah dengan nama akhir Anda. Contohnya adalah:
First name: Irena
Last name: Damayanti
Untuk bagian “Contact email” Anda direkomendasikan untuk menggunakan email yang sama dengan email pada log ini Anda. Jadi, Anda bisa memilih “Use log in email”. Sementara untuk  “Contact Phone” isilah dengan nomor telepon atau ponsel Anda. Pada bagian “Display Language” Anda dapat memilih bahasa yang Anda kehendaki. Setelah semua kolom diisi dengan lengkap, klik ”Save”.

Account Information

Setelah mengatur “Personal Setting”, langkah setting Account Adsense berikutnya adalah pada “Account information”. Pada bagian “Publisher ID” artinya adalah keterangan tentang nomor identitas publisher dan pada setiap publisher Adsense mempunyai publisher ID yang tidak sama. Kolom “Customer ID” artinya adalah identitas Anda sebagai anggota dari Google Adsense dalam menerima pembayaran gaji.

Pada kolom “Time Zone” Anda dapat memilih waktu standar di tanah air yaitu +07.00 Jakarta. Kolom “Active products” maksudnya adalah “Content 68% publisher revenue share” terjemahannya adalah dalam program periklanan ini publisher memperoleh komisi sebesar 68% dari setiap klik yang didapatkannya, sementara 32% adalah hak bagi perusahaan.

Payment Settings

Setting Account Adsense ini berguna untuk mengatur sistem pembayaran gaji bagi publisher pada program Google Adsense ini. Caranya, klik pada gambar dengan lambang “gir” pada pojok kanan di samping email Anda. Setelah itu lanjutkan dengan menu “payments”. Pada bagian ini Anda akan melihat 2 fitur “Payee” name dan “Form of payment”. Payee name artinya adalah nama yang digunakan untuk menerima pembayaran komisi dari perusahaan. Sementara “Form of Payment” artinya adalah pengaturan tentang teknis pengambilan komisi tersebut. Untuk mengatur “Payment Settings” kemudian klik “Add a new form of payment”.

Anda mempunyai 3 pilihan cara pembayaran komisi pada program ini, yaitu dengan Wire Transfer, Western Union, dan Check. Anda tinggal memilih yang mana yang paling praktis bagi Anda. Pada setting Account Adsense standar, bila penghasilan Anda setiap bulannya telah mencapai $100 atau lebih, maka Anda akan dapat mencairkannya. Tetapi bila dalam satu bulan jumlahnya kurang dari itu maka penghasilan belum bisa dicairkan tetapi akan diakumulasikan pada pembayaran untuk bulan berikutnya.

Demikianlah cara melakukan setting Account Adsense milik Anda. Untuk bagian lain seperti site management, add display, acces and authorization tak perlu dilakukan penyetingan ulang. Semoga bermanfaat!

Powered by Blogger.