Header Ads

Cara Mengatasi Kulit Melepuh

Baca juga artikel terkait lainnya

Pernahkah kaki anda mengalami lepuh, kulit menggembung dan berisi cairan bening? Jika ya atau saat ini anda sedang menderitanya, tentu rutinitas harian anda menjadi terganggu dan tidak nyaman karena kondisi tersebut. Penyebab kaki melepuh cukup bervariasi, seperti pemakaian sepatu terlalu sempit dalam durasi lama.


Lepuh pada kulit juga dapat disebabkan oleh gesekan dengan benda kasar secara berulang, iritasi, suhu ekstrim, paparan bahan kimia, lecet, dan reaksi alergi. Bahkan gejala penyakit tertentu seperti herpes, cacar, atau diabetes dapat menjadi penyebab kaki melepuh. Masalah kulit ini ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan. Pastinya anda akan merasa terganggu dan ingin segera mengobati lepuh pada kulit ini.

Gimana cara mengobati kaki melepuh? Anda dapat menggunakan salah satu dari sekian bahan alami untuk mengeringkan dan menyembuhkan lepuh pada kulit.

Lepuh pada kaki yang disebabkan oleh penggunaan sepatu yang sangat sempit, biasanya menimbulkan warna kemerahan pada kulit, kulit bergelambir, bahkan mengelupas jika dibiarkan tanpa perawatan. Jika kulit terkelupas, segera terapkan salep atau spray antibakteri pada bagian yang bermasalah kemudian tutup dengan plester.

Tunggu sampai kulit bergelambir menjadi kering dengan sendirinya, untuk melindungi lapisan kulit baru di bawahnya. Tindakan ini juga bertujuan untuk mencegah infeksi dan luka menjadi terbuka lebih dalam.

Cara Mengeringkan Luka pada Kaki yang Melepuh


Bahan alami yang tersedia di sekitar kita juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang melepuh. Berikut ini adalah cara tradisional untuk menyembuhkan lepuh di kulit:

1. Kunyit

Sifat antiseptik yang ada dalam kunyit efektif untuk mencegah infeksi dan nyeri yang timbul karena lepuh di kulit. Campur bubuk kunyit dengan air hangat, terapkan pada luka lecet.

2. Minyak tawon

Oleskan beberapa tetes minyak tawon pada kulit yang terluka dan melepuh. Minyak ini efektif untuk mengeringkan luka dengan cepat.

3. Teh hijau

Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang mengatasi pembengkakan dan rasa sakit akibat luka lecet. Antioksidan di dalamnya bekerja untuk mempercepat proses penyembuhan lepuh pada kulit. Minum teh hijau, 4 kali dalam sehari.

4. Pasta gigi

Meskipun bukan tergolong bahan alami, tapi odol atau pasta gigi mengandung baking soda, mint, dan hidrogen peroksida yang mampu mengurangi gatal karena kulit melepuh serta membuatnya cepat kering. Jangan gunakan odol yang berbentuk gel, karena dapat menimbulkan iritasi.

5. Teh chamomile

Untuk mengobati lecet, aplikasikan teh chamomile pada kulit anda. Lakukan pengobatan alami ini, 3 kali dalam sehari.

6. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut, tapi juga dapat menjaga kulit kulit tetap terhidrasi sehingga mencegah iritasi serta mempercepat proses penyembuhan. Sifat anti-inflamasi di dalamnya efektif untuk mengobati lepuh dan bengkak. Caranya, campur gel lidah buaya dengan minyak vitamin E kemudian terapkan pada kulit yang melepuh.

7. Minyak jarak

Selain berguna untuk menghilangkan gatal, minyak jarak juga dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit serta menghidrasi hidrat kulit anda. Cukup terapkan pada luka selama semalam, untuk mempercepat proses penyembuhan.

8. Cuka sari apel

Salah satu obat alami untuk kulit melepuh adalah cuka apel. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi di dalamnya berguna untuk mencegah iritasi, peradangan, dan rasa sakit akibat luka. Campur cuka apel dengan sedikit air supaya tidak terlalu menyengat. Basahi kapas dengannya, usapkan pada luka. Biarkan sampai cuka ini kering dengan sendirinya.

9. Minyak pohon teh

Anti bacterial yang terdapat di dalam minyak esensial ini mampu mencegah infeksi pada kulit yang lepuh. Campur 1 sdt minyak pohon teh dengan 3 sdt minyak sayur, terapkan pada luka dengan bantuan bola kapas.

10. Garam inggris

Anda dapat menemukan garam yang mengandung magnesium atau garam Inggris di apotek, untuk mengobati lecet, mengeringkan, dan mempercepat penyembuhan luka. Masukkan 2 sdm garam inggris ke dalam baskom berisi air hangat. Rendam kaki anda di dalamnya selama ¼ jam. Lanjutkan dengan menerapkan minyak vitamin E, setelah perawatan.
Tips Mencegah luka lepuh

Untuk mencegah terjadinya lepuh pada kaki, jangan memakai sepatu tanpa kaos kaki. Oleskan petroleum jelly pada kulit kaki anda, saat berjalan jauh.

Nah, itulah cara mengobati kulit melepuh secara alami dan cepat. Anda dapat mencoba salah satu dari cara di atas, sebelum beralih ke cara lainnya.

Powered by Blogger.