Header Ads

Cara Membuat Tempe Orek Basah Pedas Manis Cabe Ijo

Baca juga artikel terkait lainnya

Tempe orek adalah salah satu lauk yang cukup populer. Selain bergizi dan murah meriah, masakan yang satu ini juga memiliki cita rasa yang lezat. Sehingga tak heran banyak orang yang menyukainya.

Biasanya tempe orek disajikan sebagai lauk teman makan nasi. Tempe orek juga lazim disajikan bersama nasi uduk dan bihun goreng. Tak lengkap rasanya jika menyantap nasi uduk tanpa disertai dengan tempe orek.
Resep Tempe Orek Basah Pedas Manis, Cara Membuat Tempe Orek Basah Pedas Manis
Tempe Orek Basah
Nah kali ini, kita akan membuat tempe orek basah pedas manis dengan tambahan cabe ijo. Cara membuat tempe orek pedas manis cabe ijo sebenarnya relatif mudah. Bahan-bahan yang digunakan pun cukup sederhana.

Untuk membuat bumbu-bumbu lebih meresap, tempe kita potong berbentuk dadu. Sementara cabe hijau kita iris serong dan yang lainnya dipotong sesuai dengan selera.

Langkah pertama, kita akan menumis bumbu-bumbu hingga matang dan harum. Bawang merah dan bawang putih kita tumis terlebih dahulu. Baru kemudian sisa bumbu yang lain ditumis hingga matang.

Selanjutnya, tempe dimasak bersama bumbu-bumbu dengan tambahan santan dan air. Masaklah tempe hingga airnya menyusut dengan posisi wajan tertutup agar tempe bisa lunak.

Dengan cara ini, bumbu-bumbu bisa lebih meresap kedalam tempe. Sehingga dijamin, tempe orek akan memiliki rasa yang lezat dan meresap. Tekstur tempe juga lunak dan empuk.

Tempe Orek Basah Pedas Manis Cabe Ijo

Untuk membuat bumbu-bumbu meresap dan memiliki cita rasa gurih, disini kita menggunakan santan. Jika tidak suka, santan bisa diganti dengan air biasa. Masak hingga airnya menyusut. Lebih banyak air, lebih lama memasaknya, lebih empuk dan lebih lunak hasilnya.

Dibawah ini adalah rincian langkah dan bahan untuk resep tempe orek basah pedas manis. Untuk lebih memudahkan, mari kita ikuti step by step cara membuat tempe orek basah pedas manis berikut ini.

Bahan Resep Tempe Orek Basah Pedas Manis

  1. 2 papan tempe, potong dadu
  2. 250 ml santan kental
  3. 8 bh cabe hijau, iris serong
  4. 4 bh cabe merah, iris serong
  5. 1 btg daun bawang, rajang halus
  6. 5 siung bawang merah, iris halus
  7. 2 siung bawang putih, cincang halus
  8. 2 btg serai, memarkan
  9. 4 lbr daun salam
  10. 5 lbr dau jeruk
  11. 3 cm lengkuas, memarkan
  12. 2 sdm kecap manis
  13. 2 sdm saus tiram
  14. 1 sdt garam
  15. 1 sdt gula pasir
  16. 1/2 sdt kaldu bubuk
  17. 450 ml air

Cara Membuat Tempe Orek Basah Pedas Manis

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum.
  2. Masukkan cabe hijau, cabe merah, serai, lengkuas, daun bawang, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga daun-daunan agak layu dan mengeluarkan aromanya.
  3. Tuangkan santan. Bubuhkan garam, gula pasir, kecap manis, saus tiram dan kaldu bubuk. Aduk rata dan masak hingga mendidih.
  4. Masukkan tempe dan tuangkan air, aduk rata. Tutup wajan dan masak hingga air dan santan menyusut.
  5. Setelah menyusut, cicipi rasanya. Jika ada yang kurang bisa ditambahkan lagi sesuai dengan selera. Angkat.
  6. Tempe orek spesial pedas manis dengan cabe ijo siap untuk disajikan. Cocok untuk teman menyantap nasi uduk!
Mudah bukan? Cara membuat tempe orek basah pedas manis sebetulnya cukup mudah. Namun memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk medapatkan hasil yang maksimal agar bumbu meresap sempurna. Waktu memasak yang dibutuhkan kurang lebih 30-60 menit.

Resep tempe orek basah pedas manis cabe ijo ini bisa divariasikan sesuai dengan selera. Seperti menambahkan petai atau udang, dijamin rasanya semakin mantap.

Powered by Blogger.