Header Ads

Cara Membuat Tahu Isi Bihun Sayuran Sederhana

Baca juga artikel terkait lainnya

Siapa yang tidak kenal dengan tahu isi, rasanya jajanan yang satu ini cukup populer hingga banyak bermunculan variannya dengan berbagai isian yang berbeda. Dan pada resep kali ini, kita akan mencoba membuat tahu isi dengan isian berupa bihun.

Agar lebih lezat dan kaya rasa, kita akan menambahkan sayuran berupa wortel dan kentang. Kalian bisa menambahkan sayuran jenis lainnya sesuai selera jika suka, namun jika tidak ada maka bihun saja sudah cukup dan rasanya tidak kalah enak.
Resep Tahu Isi Bihun Sayuran Sederhana, Cara Membuat Tahu Isi Bihun Sayuran Sederhana
Resep Tahu Isi Bihun Sayuran
Cara membuat tahu isi bihun sayuran tidaklah susah dan pada dasarnya tidak berbeda dengan tahu isi biasa pada umumnya. Sederhananya, tahu isi bihun adalah variasi tahu isi biasa dengan mengganti isian yang biasanya berupa sayuran dengan isian berupa bihun.

Langkah pertama untuk proses pembuatan tahu isi adalah membuat isiannya terlabih dahulu. Bihun kita tumis bersama dengan bahan sayuran yaitu wortel dan kentang. Dengan ditumis terlebih dahulu, isian akan lebih berasa dan lebih gurih sehingga rasanya lebih mantap.

Setelah mempersiapkan isian, barulah kita membuat adonan untuk kulitnya/balutannya. Tepung terigu kita beri bumbu-bumbu seperti garam dan kaldu bubuk. Selain itu, kita tambahkan potongan daun bawang agar nantinya kulit tahu isi lebih wangi dan menggugah selera.

Dalam membuat adonan, perhatikan pula tekstur adonannya. Tekstur adonan yang cukup kental akan menghasilkan kulit tahu isi yang empuk dan cukup tebal. Sementara adonan yang encer akan menghasilkan kulit tahu isi yang tipis dan renyah. Kalian tinggal sesuaikan saja dengan selera.

Tahu Isi Bihun Sayuran Sederhana

Sebagai bahan utamanya, tahu isi bisa menggunakan tahu kulit biasa atau juga tahu kopong. Agar bisa muat isian lebih banyak, sebaiknya kita menggunakan tahu kulit kopong karena tidak memiliki isi didalamnya. Sementara jika menggunakan tahu kulit biasa, kita bisa mengeruk sedikit isianya sehingga isian bisa muat lebih banyak.

Dan untuk isiannya sendiri, kita bisa menggunakan bihun jagung atau bisa juga bihun biasa. Untuk porsi kita kali ini, satu bungkus kecil bihun jagung akan cukup untuk membuat 10 buah tahu isi. Berikut adalah bahan-bahan lengkapnya.

Bahan Resep Tahu Isi Bihun Sayuran

  1. 10 bh tahu kulit atau tahu kopong
  2. 100 gr tepung terigu serbaguna
  3. 1 btg daun bawang, rajang pendek
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. air secukupnya
  7. minyak untuk menggoreng

Bahan Isian

  1. 1 bks bihun
  2. 1 btg wortel, potong dadu kecil-kecil
  3. 1 bh kentang, potong dadu kecil-kecil
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. 1/2 sdt gula pasir
  7. 1 sdm saus tiram
  8. sedikit air
  9. minyak untuk menumis

Bumbu Halus untuk Isian

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 5 bh cabe rawit

Cara Membuat Tahu Isi Bihun Sayuran Sederhana

  1. Langkah pertama, kita akan mempersiapkan isian terlebih dahulu. Seduh bihun dengan air panas hingga lumer. Setelah itu, tiriskan dan potong-potong kasar. Sisihkan dulu sementara.
  2. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan wortel dan kentang kemudian tumis sebentar.
  3. Masukkan sedikit air, jangan terlalu banyak, kurang lebih 2-3 sendok makan saja. Masukkan garam, kaldu bubuk, gula pasir dan saus tiram. Aduk rata.
  4. Masukkan bihun, aduk-aduk hingga bihun dan bumbu tercampur merata. Angkat kemudian biarkan beberapa saat hingga cukup dingin.
  5. Sementara menunggu isian agak dingin, kita bisa mempersiapkan tahunya. Buatlah lubang di pinggiran tahu untuk memasukkan isian. Jika menggunakan tahu kulit biasa, keruk sedikit isinya agar isian bisa muat kedalamnya.
  6. Ambil isian secukupnya, kemudian masukkan kedalam lubang yang kita biat pada tahu. Lakukan hingga semua tahu terisi isian. Sisihkan dulu sementara.
  7. Sekarang tinggal membuat adonan untuk kulit/balutan tahu isi. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, daun bawang, garam, kaldu bubuk dan air secukupnya.
  8. Aduk rata hingga membentuk adonan kemudian sesuaikan teksturnya. Jika terlalu kental, maka tambahkan lagi air secukupnya.
  9. Panaskan minyak goreng yang agak banyak diatas api sedang hingga benar-benar panas.
  10. Ambil tahu yang sudah diberi isian, celupkan kedalam adonan kulit setelah itu goreng hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat.
  11. Sajikan tahu isi bihun sayuran selagi hangat bersama dengan saus sambal atau cabe rawit.
Cukup gampang bukan? Resep tahu isi bihun sayuran kita kali ini memiliki cita rasa yang sedikit pedas. Jika kalian suka cita rasa yang ekstra pedas, kalian bisa menambahkan cabe rawit lebih banyak pada isian. Atau jika tidak suka pedas, maka tinggal di skip saja cabe rawitnya.

Powered by Blogger.