Header Ads

Cara Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Langu

Baca juga artikel terkait lainnya

Sari kedelai, atau yang kita kenal sebagai susu kedelai merupakan salah satu olahan kacang kedelai yang cukup populer disamping tahu dan tempe. Minuman ini memang cukup populer karena rasanya yang enak serta harganya yang cukup terjangkau.

Cara membuat susu susu kedelai sebetulnya cukup mudah, namun terkadang kita mendapatkan aroma dan rasa yang tidak sesuai yaitu rasa/bau langu. Agar didapatkan susu kedelai yang lezat, tentunya pengolahan susu kedelai harus benar dan tentunya harus higienis.

Resep Susu Kedelai Agar Tidak Langu, Cara Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Langu
Susu Kedelai
Kali ini, kita akan membuat susu kedelai yang enak tanpa bau langu. Cara membuat susu kedelai agar tidak langu sebetulnya terletak pada pengolahan yang apik dan higienis. Yuk langsung saja kita simak selengkapnya!

Susu Kedelai Tidak Langu

Dalam membuat makanan atau minuman apapun, tentunya untuk mendapatkan hasil yang terbaik kita perlu menggunakan bahan yang terbaik pula. Pilihlah kacang kedelai dengan kualitas terbaik agar hasilnya maksimal.

Caranya gampang saja, biasanya harganya lebih mahal dari jenis lain. Karena ada istilah harga tidak akan membohongi kualitas, itu benar. Sesuatu yang berkualitas baik pasti harganya juga relatif lebih tinggi. Meskipun begitu, kedelai yang berkualitas baik harga per kilogramnya relatif terjangkau.

Yuk kita simak, bahan apa saja yang perlu kita sediakan untuk resep susu kedelai tidak langu. Simak juga ya, cara membuat susu kedelai agar tidak langu melalui step by step yang akan disertakan berikut ini.

Bahan Resep Susu Kedelai Tidak Langu

  1. 250 gr kacang kedelai kualitas terbaik
  2. 500 gr gula pasir, atau sesuai selera
  3. 1 sdt vanili bubuk
  4. 1 sdt garam
  5. 5 lbr daun pandan, ikatkan
  6. 4 cm jahe, geprek  (jika suka)
  7. 3 liter air

Cara Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Langu

  1. Rendam kedelai selama minimal semalaman. Perendaman dimaksudkan agar kacang menjadi melar dan teksturnya melunak.
  2. Setelah semalanan, kupas dan pisahkan kacang kedelai dari kulit arinya. Proses ini memang cukup memerlukan kesabaran, namun disinilah kuncinya. Jika kurang bersih, maka susu kedelai bisa menjadi langu. Untuk sedikit memudahkan, gunakan ayakan bambu dan bilas-bilas kedelai seperti ketika mencuci baju menggunakan papan penggilasan.
  3. Setelah kulit arinya bersih, rendam lagi selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu bersihkan lagi dengan cara membilasnya.
  4. Blender kacang kedelai bersama dengan air. Blender secara bertahap ya, agar lebih mudah lumat dan hasilnya bagus.
  5. Saring kedelai yang sudah diblender untuk memisahkan sari dari ampasnya. Saring beberapa kali untuk mendapatkan sari kedelai yang benar-benar bebas ampas. Penyaringan bisa menggunakan mesh khusus atau cukup menggunakan kain bersih.
  6. Siapkan panci. Masukkan sari kedelai, gula pasir, vanili, garam, daun pandan dan jahe jika suka. Aduk rata.
  7. Didihkan sari kedelai diatas api sedang sambil terus diaduk-aduk agar tidak pecah. Setelah mendidih beberapa saat dan gula sudah larut seluruhnya, sari kedelai bisa diangkat.
  8. Sari kedelai kini siap disajikan. Enak dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin.
Gampang bukan? Kunci keberhasilan membuat sari kedelai yang enak dan tidak langu adalah kehigienisan. Pastikan semua yang kita gunakan sudah higienis, mulai dari bahan dan peralatan hingga lingkungan tempat kita bekerja.

Karena apapun yang dibuat dengan higienis tentunya akan memberikan hasil yang terbaik. Selamat mencoba ya!

Powered by Blogger.