Header Ads

Cara Membuat Siomay Bandung Sederhana

Baca juga artikel terkait lainnya

Seperti halnya batagor, siomay juga populer sebagai jajanan yang berasal dari daerah priangan. Makanan yang pada mulanya berasal dari budaya tiongkok ini kini menjadi salah satu jajanan paling populer di tanah air. Siomay Bandung bisa ditemui mulai dari pedagang-pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jala maupun berkeliling hingga di tempat-tempat berkelas sekalipun.

Sebagai jajanan yang cukup populer, tentunya hampir semua orang tahu apa itu somay Bandung dan seperti apa cita rasanya. Namun, belum banyak yang tahu bagaimana cara membuat siomay Bandung sederhana dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Nah, bagi kalian penggemar jajanan, kalian perlu manyimak yang satu ini nih, siapa tahu suatu hari kalian berniat membuatnya sendiri di rumah. Simak selengkapnya ya!

Resep Siomay Bandung Sederhana, Cara Membuat Siomay Bandung Sederhana
Resep Siomay Bandung Sederhana
Pada dasarnya, siomay Bandung terbuat dari campuran tepung sagu/tapioka dengan tepung terigu. Siomay Bandung juga lazim disebut sebagai siomay ikan karena memang menggunakan daging ikan sebagai salah satu bahan dasarnya. Biasanya daging ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri, ikan berdaging putih yang memiliki cita rasa lezat sehingga banyak digunakan untuk membuat aneka olahan.

Jika dilihat dari bahan dasarnya, siomay Bandung tidak jauh berbeda dari batagor Bandung. Hanya saja, kedua jajanan yang berasal dari Jawa Barat tersebut berbeda dalam hal pengolahan atau cara pembuatannya. Siomay diolah dengan cara dikukus sementara batagor diolah dengan cara digoreng sehingga hasil akhirnya memiliki cita rasa yang jauh berbeda.

Siomay Bandung Sederhana

Siomay memiliki bahan-bahan pelengkap yang beragam, dimana biasanya jajanan yang satu ini disajikan bersama dengan sayuran dan telur rebus. Siomay lazim disajikan bersama dengan pare, kol dan juga kentang. Dengan begitu, siomay termasuk jajanan yang sehat dan kaya akan gizi sehingga baik dikonsumsi sebagai sumber asupan gizi yang baik.

Pada resep kita kali ini, kita akan membuat siomay sederhana namun dengan bahan pelengkap yang komplit. Namun jika kalian tidak memiliki bahan yang digunakan disini, kalian bisa membuatnya dengan bahan seadanya dan tentunya akan tetap lezat. Berikut bahan-bahan lengkapnya beserta langkah-langkah cara membuatnya secara lengkap.

Bahan Resep Siomay Bandung Sederhana

  1. 250 gr ikan tenggiri atau ikan tuna
  2. 150 gr tepung terigu
  3. 50 gr tepung sagu
  4. 10 lbr kulit pangsit
  5. 5 bh tahu putih segi tiga
  6. 5 bh tahu kulit segi tiga
  7. 1 btr telur
  8. 2 btg daun bawang, iris halus
  9. 4 siung bawang putih, haluskan
  10. 1 sdt garam
  11. 1 sdt kaldu bubuk
  12. 1/2 sdt lada bubuk (opsional)
  13. es batu yang dihancurkan secukupnya

Bahan Pelengkap

  1. 5 lbr daun kol, buang tulangnya kemudian buat gulungan dari setiap lembarnya sehingga berbentuk seperti risoles
  2. 1 pare, belah menjadi 2 bagian, bersihkan, kemudian potong-potong sepanjang +/- 5 cm
  3. 2 bh kentang, kupas dan bersihkan, belah menjadi 4 bagian

Bahan Bumbu Kacang

  1. 100 gr kacang tanah goreng, haluskan
  2. 50 gr gula jawa, sisir halus
  3. 1 sdm gula pasir
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdt kaldu bubuk
  6. 1 sdt asam jawa, larukan dengan setengah gelas air
  7. air secukupnya
  8. minyak untuk menumis

Bumbu Halus untuk Bumbu Kacang

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 3 bh cabe merah keriting, buang biji
  4. 1 btr kemiri
  5. 4 bh cabe rawit

Bahan Lainnya

  1. kecap manis secukupnya
  2. saus sambal secukupnya
  3. jeruk limau secukupnya

Cara Membuat Siomay Bandung Sederhana

  1. Membuat adonan siomay. Haluskan daging ikan, bisa dengan cara digiling, ditumbuk atau dibleder. Bisa juga dengan cara dikerok menggunakan sendok karena daging ikan tenggiri cukup lunak dan mudah hancur. Setelah halus, pindahkan kedalam wadah yang cukup lebar.
  2. Masukkan tepung terigu, tepung sagu, telur, garam, kaldu bubuk, lada bubuk, daun bawang dan bawang putih halus. Aduk rata.
  3. Uleni adonan menggunakan tangan hingga merata. Untuk menyesuaikan tekstur adonan, kita bisa menambahkan es batu yang telah dihancurkan. Tambahkan sedikit dulu, setelah itu baru uleni lagi dan sesuaikan lagi tekstur adonan. Tekstur adonan nantinya kurang lebih seperti adonan untuk membuat bakso, lembek namun tidak encer dan cukup gampang (tidak alot/liat) jika diambil menggunakan sendok. Sampai disini adonan telah siap.
  4. Ambil tahu putih dan tahu kulit, keruk sedikit bagian tengahnya dengan cara membuat sayatan dari pinggirannya. Ambil seujung sendok adonan siomay, isikan kedalam tahu. Lakukan hingga seluruh tahu terisi. Sisihkan.
  5. Ambil kulit pangsit, ambil seujung sendok adonan kemudian taruh di bagian tengah kulit pangsit. Kerutkan pinggiran kulit pangsitnya ke tengah sehingga adonan siomay terbungkus didalamnya. Lakukan pada semua sisa kulit pangsit dan sisihkan dulu sementara.
  6. Jika ada sisa adonan, kita bisa membentuknya menjadi siomay bulat. Didihkan air dan masukkan bulatan adonan pada air mendidih. Tidak usah menunggu lama, setelah siomay mengapung maka siomay bisa diangkat dan ditiriskan.
  7. Persiapan siomay selesai, langkah berikutnya kita tinggal mengukus siomay dan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti tahu, pangsit, kol, pare dan kentang. Tata didalam kukusan bahan-bahan tersebut dan kukus hingga matang. Sementara menunggu matang, kita bisa mempersiapkan bumbu kacang.
  8. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan kacang tanah goreng yang sudah kita haluskan terlebih dahulu.
  9. Tuangkan air secukupnya. Masukkan gula jawa yang telah disir halus, gula pasir, garam, kaldu bubuk dan air asam jawa.
  10. Masak sambil diaduk-aduk hingga mengental dan meletup-letup. Angkat.
  11. Untuk menyajikan siomay, ambillah beberapa siomay bulat, pangsit, bakso tahu, kol, pare dan potongan kentang. Tata di piring saji kemudian siram dengan bumbu kacang. Beri saus sambal dan kecap secukupnya beserta 1 sendok teh perasan jeruk limau. Nikmati selagi hangat.
Resep siomay Bandung sederhana kita kali ini menggunakan daging ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya. Jika kalian tidak suka dengan ikan tenggiri, maka kalian bisa menggantinya dengan daging ikan lainnya seperti ikan gabus, ikan kakap dan ikan berdaging putih lainnya. Selain ikan, kalian juga bisa menggunakan daging udang yang sudah digiling atau bahkan daging ayam.

Powered by Blogger.