Header Ads

Cara Membuat Semur Jengkol Khas Sunda Spesial

Baca juga artikel terkait lainnya

Semur jengkol merupakan salah satu kuliner asli nusantara yang memiliki cita rasa yang khas dan kuat. Banyak orang yang menghindari jengkol karena baunya yang sangat menyengat, namun juga banyak orang yang menggemariya justru karena baunya tersebut. Nampaknya masakan yang berbahan dasar jengkol merupakan makanan bagi orang-orang yang berselera tertentu.

Pada resep kita kali ini, kita akan mengedepankan cara membuat semur jengkol khas sunda spesial dengan kuah santan. Seperti masakan-masakan berbahan dasar jengkol yang lainnya, semur jengkol khas sunda juga memiliki rasa dan aroma yang kuat. Untuk itu, kita perlu meminimalisir bau jengkol tersebut supaya tidak menyisakan bau yang terlalu tajam di mulut.
Semur Jengkol Khas Sunda Spesial, Cara Membuat Semur Jengkol Khas Sunda Spesial
Resep Semur Jengkol Khas Sunda Spesial
Bagi masyarakat pedesaan, biasanya untuk meminimalisir bau yang sangat kuat dari jengkol yaitu dengan cara dipendam dalam tanah. Dengan cara dipendam, jengkol akan berkecambah dan dengan begitu kandungan pati didalamnya menjadi berkurang sehingga baunya juga berkurang. Masyarakat sunda menyebutnya dengan sebutan 'sepi' untuk jengkol yang sudah berkecambah.

Selain dipendam, untuk mengurangi bau bisa juga dengan cara meredam jengkol selama 1-2 malam hingga berkecambah. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara memendamnya hanya saja tidak melibatkan tanah. Kelebihan cara ini adalah praktis namun timbul bau lain seperti aroma rendaman kayu.

Disamping cara-cara diatas, untuk mengurangi bau jengkol biasanya juga dilakukan saat jengkol dimasak. Biasanya, jengkol direbus bersama dengan abu, kopi, teh, kapur sirih dan masih banyak lagi bahan-bahan lainnya yang bisa mengurangi bau jengkol yang kuat. Agar lebih praktis, kita bisa menggunakan teh atau kopi yan biasanya sudah tersedia di dapur.

Semur Jengkol Khas Sunda Spesial

Pada dasarnya, baik semur jengkol maupun semur lainnya identik dengan cita rasa yang kuat serta dominan manis dan gurih. Untuk itu, disini kita menggunakan gula jawa yang cukup banyak yaitu sekitar 200 gram atau 2 buah dengan ukuran sedang. Agar lebih lezat, gula kita biarkan membentuk karamel saat dimasukkan kedalam tumisan bumbu. Baru setelah itu jengkol dimasukkan dan diberi santan dan air.

Disini kita menggunakan teh celup untuk mengurangi aroma jengkol yang kuat. Kalian juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti kopi dan daun jeruk. Dan biasanya, di setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam mengolah jengkol, tinggal disesuaikan saja ya. Berikut bahan-bahan lengkapnya beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Semur Jengkol Khas Sunda

  1. 500 gr jengkol
  2. 100 gr gula jawa, sisir halus
  3. 100 ml santan kental
  4. 2 btg serai, memarkan
  5. 4 lbr daun salam
  6. 6 lbr daun jeruk
  7. 4 cm lengkuas, memarkan
  8. 4 sdm gula pasir
  9. 5 sdm kecap manis
  10. 2 sdm minyak wijen
  11. 2 sdt garam
  12. 1 sdt kaldu bubuk
  13. 1/2 sdt lada bubuk
  14. air secukupnya
  15. minyak untuk menumis
  16. 2 bh teh celup untuk penghilang bau

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 bh cabe merah, buang biji
  4. 5 btr kemiri
  5. 1 sdt ketumbar

Cara Membuat Semur Jengkol Khas Sunda Spesial

  1. Rebus jengkol hingga matang, angkat dan tiriskan.
  2. Geprek/memarkan jengkol hingga pipih dan empuk, kemudian rebus lagi bersama dengan teh celup selama kurang lebih 30 menit. Proses ini bertujuan untuk mengurangi bau khas jengkol yang sangat kuat terutama jika jengkolnya masih segar. Jika sudah, angkat kemudian tiriskan lagi. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum, setelah itu masukkan serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis sebentar.
  4. Masukkan gula jawa yang telah disisir halus, gula pasir, garam, kaldu bubuk, lada bubuk, kecap manis dan minyak wijen. Aduk rata dan biarkan beberapa saat hingga gula dan kecap membentuk karamel.
  5. Masukkan jengkol, aduk rata. Masukkan santan kental dan air secukupnya.
  6. Masak hingga mendidih dan bumbu-bumbu meresap kedalam jengkol. Cicipi juga rasanya, jika ada yang kurang silahkan ditambahkan sesuai dengan selera. Masak hingga air menyusut dan kuah mengental, angkat.
  7. Semur jengkol spesial khas sunda siap disajikan.
Resep semur jengkol khas sunda spesial ini menggunakan santan untuk menambah cita rasa gurih dan membuat kuah menjadi kental. Bagi kalian yang tidak suka santan, kalian bisa mengesampingkan bahan yang satu ini dan cukup dengan menggunakan air saja.

Bagaimana, kalian tertarik mencoba membuat semur jengkol? Cara membuat semur jengkol khas sunda sebetulnya tidak terlalu ribet, namun bila ingin lebih praktis lagi maka kalian bisa membeli jengkol rebus yang sudah jadi. Biasanya, jengkol sudah sudah siap masak dan sudah dimemarkan dengan bau yang tidak terlalu kuat.

Powered by Blogger.