Header Ads

Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana

Baca juga artikel terkait lainnya

Bisa dibilang, sayur lodeh adalah masakan seribu bahan. Karena memang sayur lodeh ini tidak memiliki bahan-bahan yang pasti untuk membuatnya. Meskipun memang sayur lodeh identik dengan beberapa bahan yang sering digunakan, namun di beberapa daerah dan setiap orang yang membuatnya selalu memiliki bahan-bahan yang berbeda. Tentunya semua kembali kepada selera masing-masing serta ketersediaan bahan di sekitar tempat tinggal. Seperti saat ini, kita akan membuat sayur ledeh sederhana dengan bahan seadanya, lebih bagus jika bahan yang kita gunakan lebih komplit sehingga lebih variatif.

Resep Sayur Lodeh Sederhana, Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana
Sumber gambar : www.royco.co.id
Pada dasarnya sayur lodeh identik dengan masakan bersantan, walaupun memang tidak sedikit resep sayur lodeh yang tanpa menggunakan santan sama sekali. Cara membuat sayur lodeh sederhana sebetulnya cukup mudah, dan tidak ada batasan bahan-bahan yang kita gunakan. Biarpun terbilang mudah, tapi bukan berarti bisa sembarangan dan tidak ada tehniknya sama sekali. Agar bahan-bahan sayur lodeh matang merata, tentunya bahan-bahan yang kita gunakan tidak dimasukkan sekaligus melainkan bertahap.

Biasanya, sayuran yang memiliki tekstur lebih keras dan lebih lama matang dimasukkan terlebih dahulu, baru kemudian sayuran yang bertekstur lebih lunak. Jika dimasukkan bersamaan, terkadang sayuran yang bertekstur keras belum matang, sementara sayuran yang bertekstur lunak malah terlalu lembek bahkan hancur. Jika seperti itu, maka sayur lodeh menjadi terlihat kurang cantik serta malahan terlihat hancur.

Sayur Lodeh Sederhana

Di beberapa daerah sayur ini identik dengan bahan-bahan yang familiar seperti nangka, labu, jagung, terong, kacang panjang dan lain sebagainya. Meskipun begitu, sebetulnya tidak ada batasan dan resep yang pasti. Kita bisa saja menggunakan bahan-bahan seadanya, sesuai dengan ketersediaan di sekitar tempat tinggal kita. Penggunaan bahan juga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing untuk mendapatkan cita rasa yang diinginkan. Untuk membuat sayur lodeh sederhana, berikut bahan-bahan yang kita perlukan, tinggal sesuaikan saja dengan selera.

Bahan Resep Sayur Lodeh Sederhana

  1. 2 bh tahu kotak, potong dadu, goreng
  2. 1/2 ptg tempe, potong dadu
  3. 2 bh kentang, potong dadu
  4. 4 bh kacang panjang, potong pendek
  5. 1 bh terong ungu, belah 4 potong pendek
  6. 1/2 bh labu siam potong dadu
  7. 1 btg jagung, potong 4-5 bagian
  8. 1 papan petai
  9. 3 bh cabe merah keriting, iris serong
  10. 5 bh cabe rawit
  11. 3 cm lengkuas, memarkan
  12. 2 lbr daun salam
  13. 4 lbr daun jeruk
  14. 1 sdt garam
  15. 1 sdm gula pasir
  16. 1/2 sdt kaldu bubuk
  17. 400 ml santan kental, bisa juga menggunakan santan instan
  18. 500 ml air
  19. minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 bh cabe merah
  4. 1 bh terasi, goreng
  5. 1 sdt ketumbar
  6. 2 cm kunyit

Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana

  1. Tumis bumbu halus hingga harum bersama dengan daun salam, daun jeruk, cabe merah keriting, cabe rawit dan lengkuas.
  2. Masukkan kacang panjang, terong, tempe dan petai. Tumis beberapa saat kemudian tuangkan air.
  3. Masukkan tahu, kentang, labu siam dan jagung. Masukkan juga bumbu-bumbu seperti garam, gula pasir dan kaldu bubuk.
  4. Masak hingga mendidih dan sayurannya matang.
  5. Terakhir, masukkan santan kental. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Angkat.
  6. Sayur lodeh sederhana siap disajikan.
Bagaimana, cara membuat sayur lodeh sederhana ini cukup mudah bukan? Dengan bahan seadanya pun kita bisa membuat sayur lodeh yang lezat. Jadi tidak melulu harus komplit, biarpun cuma dengan 2 atau 3 bahan saja, sayur lodeh bisa kita nikmati. Jadi kalian yang tertarik untuk mencoba resep sayur lodeh sederhana ini bisa langsung praktek dengan bahan seadanya. Selamat mencoba!

Powered by Blogger.