Header Ads

Cara Membuat Pastel Basah Istimewa Isi Sayuran

Baca juga artikel terkait lainnya

Siapa yang tidak tahu pastel / kue pastel, sepertinya jajanan yang satu ini sudah cukup populer. Biasanya, kue pastel dijajakkan pagi dan sore hari oleh penjual gorengan keliling.

Jika dilihat dari bahan isiannya, pastel terdiri dari dua jenis yaitu pastel basah dan pastel kering. Sementara untuk isiannya, pastel biasanya berisi bihun, wortel, kornet, abon, kentang atau perpaduan beberapa macam sayuran. Khusus untuk edisi kali ini, kita akan membuat pastel basah isi sayuran.
Resep Pastel Basah Istimewa Isi Sayuran, Cara Membuat Pastel Basah Isi Sayuran
Kue Pastel / kuepraktis.yaho-mart.com
Cara membuat pastel basah isi sayuran ini relatif mudah dan juga murah. Pastel isi sayuran bisa menjadi cemilan yang sehat sekaligus bergizi. Juga merupakan cemilan yang mengenyangkan dengan rasa yang lezat.

Pastel Basah Istimewa Isi Sayuran

Beberapa macam sayuran yang biasa digunakan sebagai isian pastel antara lain wortel, kentang juga terkadang beberapa macam sayuran hijau. Namun yang paling umum, biasanya pastel memiliki isian berupa kentang dan wortel. Seperti yang akan kita buat kali ini.

Yuk simak, bahan apa saja yang akan kita perlukan untuk resep pastel basah spesial kali ini. Jika suka, kalian bisa menambahkan jenis sayuran lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Simak juga cara membuat pastel basah isi sayuran melalui step by step yang akan disertakan dibawah ini untuk lebih memudahkan pemahaman.

Bahan Resep Pastel Basah Istimewa

Bahan Kulit

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 2 sdm margarin
  3. 2 sdm minyak goreng
  4. 1 btr telur
  5. 1 sdt garam
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk
  7. air secukupnya

Bahan Isian

  1. 2 bh kentang, cincang dadu kecil-kecil
  2. 2 btg wortel, cincang dadu kecil-kecil
  3. 1/2 bh bawang bombay, cincang dadu
  4. 1 btg daun bawang, rajang halus
  5. 1 btg daun seledri, rajang halus
  6. 3 siung bawang merah, iris tipis
  7. 2 siung bawang putih, cincang halus
  8. 1 sdt garam
  9. 1/2 sdt kaldu bubuk
  10. 1/2 sdt lada bubuk
  11. minyak untuk menumis

Cara Membuat Pastel Basah Isi Sayuran

  1. Satukan semua bahan kulit kecuali air, aduk rata. Uleni menggunakan tangan sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit. Tekstur adonan yang ideal adalah adonan yang kalis dan bisa dibentuk, mirip adonan kue bawang. Tutup adonan menggunakan serbet bersih dan diamkan adonan selama kurang lebih setengah jam.
  2. Sembari menunggu adonan kulit siap, kita persiapkan isian. Tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay hingga matang dan harum.
  3. Masukkan kentang dan wortel. Tumis hingga sayuran agak layu.
  4. Masukkan daun bawang, daun seledri, garam, kaldu bubuk, lada bubuk dan sedikit air (1/4 gelas kecil) untuk melarutkan bumbu. Aduk rata.
  5. Tumis hingga air mengering. Angkat.
  6. Ambil adonan, bagilah menjadi beberapa bagian. Pipihkan adonan kulit menggunakan gilingan molen dengan ketebalan sedang. Jangan terlalu tipis juga jangan terlalu tebal, perkirakan saja.
  7. Bentuklah adonan kulit yang sudah pipih menjadi bentuk lingkaran. Beri isian berupa tumisan sayuran secukupnya kemudian lipatkan.
  8. Jepit pinggirannya dengan cara menggulungnya sedikit-demi sedikit hingga berbentuk seperti untaian. Untuk lebih memudahkan, sebaiknya gunakan cetakan pastel khusus. Buat beberapa pastel untuk sekali menggoreng.
  9. Goreng pastel hingga matang, setelah berubah warna menjadi kuning keemasan, angkat dan tiriskan.
  10. Pastel basah isi sayuran siap dinikmati bersama saus sambal atau cabe rawit.
Tidak terlalu sulit bukan? Jika suka pedas, kalian bisa menambahkan irisan cabe rawit pada isiannya. Dijamin, pastel isi sayuran dengan tambahan cabe rawit akan membuat lidah bergoyang! Selamat mencoba.

Powered by Blogger.