Header Ads

Cara Membuat Nasi Uduk Betawi Asli Menggunakan Rice Cooker

Baca juga artikel terkait lainnya

Bagi kalian warga Jakarta, tentu sudah tidak asing dengan hidangan nasi uduk Betawi. Biasanya, nasi uduk Betawi dijajakkan pada pagi hari sebagai menu sarapan, atau pada sore hari ketika menjelang petang.

Nasi uduk Betawi biasanya disajikan dengan lauk yang sederhana seperti bihun goreng, tempe, tahu serta aneka gorengan. Terkadang juga disajikan bersama dengan daging ayam, telur dadar, ati ampela, semur dan lainnya. Meskipun sederhana, namun cita rasanya sungguh lezat dan menggugah selera. Maka tak heran jika nasi uduk selalu laris manis.
Resep Nasi Uduk Betawi Asli, Cara Membuat Nasi Uduk Betawi Asli
Nasi Uduk Betawi
Pada resep kita kali ini, kita akan membuat nasi uduk betawi dengan cara praktis yaitu menggunakan rice cooker. Cara membuat nasi uduk betawi asli menggunakan rice cooker jauh lebih mudah dan lebih praktis.

Jika dilihat dari bahan yang digunakan, tidak ada perbedaan meskipun menggunakan rice cooker ataupun dengan cara konvensional. Hanya saja, dengan menggunakan kita tidak perlu mengaroni besar lalu mengukusnya. Cukup dengan satu proses saja.

Ada cara yang lebih praktis, yaitu semua bahan berupa beras, santan, air dan bumbu-bumbu langsung dimasukkan kedalam rice cooker untuk kemudian dimasak langsung. Tapi disini kita akan menumis bumbu-bumbunya terlebih dahulu.

Ada perbedaan dimana bumbu-bumbu yang ditumis terlebih dahulu memiliki cita rasa dan aroma yang lebih mantap. Lebih wangi dan lebih sedap, namun memang harus melalui satu proses terlebih dahulu.

Sebagai langkah pertama, bumbu-bumbu kita tumis hingga harum. Setelah itu, tuangkan santan dan aduk-aduk biar merata. Disini kita tidak memasak santan, cuma melarutkan bumbu-bumbu yang ditumis.

Baru setelah itu, tumisan bumbu dan santan kita pindahkan kedalam rice cooker. Masukkan beras dan bubuhkan garam dan kaldu secukupnya. Jangan lupa tambahkan air secukupnya. Masak beras seperti biasa, prosesnya seperti menanak nasi dalam rice cooker pada umumnya.

Resep Nasi Uduk Betawi Asli

Pada dasarnya, nasi uduk adalah beras yang dimasak bersama santan dan rempah-rempah. Nasi uduk Betawi juga sama, kita memasaknya bersama dengan bumbu-bumbu pelengkapnya. Rasanya dijamin sedap, dengan aroma wangi yang khas dan rasa yang gurih.

Dibawah ini adalah daftar bahan yang akan kita perlukan untuk resep nasi uduk Betawi asli. Cara membuat nasi uduk Betawi asli cukup mudah. Dan untuk lebih memudahkan, ada baiknya jika dijelaskan melalui step by step berikut ini.

Bahan Resep Nasi Uduk Betawi Asli

  1. 500 gr beras
  2. 250 ml santan kental
  3. 2 btg serai, memarkan
  4. 4 lbr daun salam
  5. 3 cm lengkuas, memarkan
  6. 4 siung bawang merah, iris halus
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdt kaldu bubuk (opsional)
  9. minyak untuk menumis
  10. air secukupnya

Bahan Pelengkap

  1. Tempe oreg
  2. Bihun goreng 
  3. Kerupuk
  4. Sambal kacang / sambal terasi
  5. Bawang goreng
  6. Sayuran segar

Cara Membuat Nasi Uduk Betawi Asli Menggunakan Rice Cooker

  1. Cuci beras hingga bersih. Tiriskan dan sisihkan sulu sementara.
  2. Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bawang merah hingga harum. Masukkan serai, daun salam dan lengkuas. Tumis beberapa saat hingga daun salam dan serai layu.
  3. Tuangkan santan, aduk rata beberapa saat. Matikan api. Disini kita tidak memasak santan hingga mendidih, cukup melarutkan sari bumbu-bumbu yang kita tumis tadi. Sebenarnya proses ini bersifat opsional, bisa saja beras langsung dimasak di rice cooker tanpa menumis bumbu. Namun, bumbu yang ditumis terlebih dahulu memiliki aroma dan cita rasa yang lebih mantap.
  4. Tuangkan tumisan bumbu dan santan seluruhnya kedalam rice cooker. Masukkan beras, kemudian beri garam dan kaldu bubuk jika suka, aduk rata.
  5. Tambahkan air secukupnya kedalam rice cooker untuk menyesuaikan jumlah air. Seperti menanak nasi pada umumnya, hanya saja disini kita menggunakan tambahan santan. Jangan lupa diaduk lagi, biar santan, air dan bumbu-bumbu tercampur merata.
  6. Tutup rice cooker dan masak nasi uduk hingga matang.
  7. Setelah matang, nasi uduk siap dihidangkan bersama dengan bahan pelengkap seperti tempe oreg, bihun goreng, kerupuk, bawang goreng dan sambal kacang.
Sangat praktis bukan? Cara membuat nasi uduk betawi asli menggunakan rice cooker jauh lebih cepat dan lebih mudah. Bahkan bagi kalian yang baru pertama kali mencobanya. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan menanak nasi seperti biasa.

Resep nasi uduk Betawi asli ini bisa juga kalian jadikan ide usaha. Dengan peminat yang banyak, nasi uduk tidak pernah sepi peminat. Bahkan tak jarang penjualnya sampai kewalahan melayani permintaan. Tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Powered by Blogger.