Header Ads

Cara Membuat Mie Goreng Sederhana Telur

Baca juga artikel terkait lainnya

Mie goreng adalah salah satu makanan yang paling populer setelah nasi goreng terutama di daerah perkotaan. Makanan ini lazim menjadi menu favorit mulai dari pedagang kaki lima hingga resto-resto kelas atas sebagai makanan pengganti yang mengenyangkan. Biasanya, mie goreng lebih banyak dijual pada sore hingga malam hari dan selalu menjadi buruan para penggemar jajanan atau mereka yang malas untuk memasak makanan di rumah. Namun tahukah kalian bahwa memasak mie goreng sebenarnya tidak sulit lho!
Resep Mie Goreng Sederhana, Cara Membuat Mie Goreng Sederhana
Resep Mie Goreng Sederhana
Cara membuat mie goreng sederhana sebenarnya cukup simpel dan gampang, persiapannya tidak terlalu lama serta proses memasaknya yang cukup singkat. Bahan-bahan untuk membuat mie goreng juga mudah diperoleh di sekitar kita dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan begitu, maka tak ada salahnya untuk membuat sendiri mie goreng di rumah. Karena selain lebih terjamin kehigienisannya, bahan-bahan pelengkap masi goreng bisa kita sesuaikan dengan selera.

Kunci keberhasilan dari memasak mie goreng adalah timing yang tepat, sehingga tekstur bahan-bahan pelengkapnya sesuai dengan yang kita inginkan. Karena pada dasarnya, memasak mie goreng memerlukan waktu yang cukup singkat, jika terlalu lama malahan sayuran yang terdapat didalamnya akan menjadi terlalu matang dan menjadi kurang menarik. Namun semua kembali kepada selera masing-masing, dimana kesukaan setiap orang berbeda-beda tentunya ya.

Mie Goreng Sederhana

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat mie goreng tentunya adalah mie, dan mie yang digunakan bisa menggunakan mie apa saja sesuai selera. Seperti mie pipih, mie keriting bahkan mie instan. Jika menggunakan mie kering, maka mie harus direbus terlebih dahulu atau cukup diseduh menggunakan air panas hingga mie agak melar dan lumer. Sesudah itu, tambahkan sedikit minyak goreng dan aduk rata agar mie tetap kenyal dan tidak lengket saat dimasak nanti. Berikut bahan-bahannya secara lengkap.

Bahan Resep Mie Goreng Sederhana

  1. 2 potong mie telur
  2. 2 btr telur ayam, kocok lepas
  3. 1 ptng ayam goreng, suwir
  4. 5 btr bakso sapi, iris
  5. 6 tangkai sawi hijau, potong sedang
  6. 75 gr kol, iris
  7. 2 btg daun bawang, iris pendek
  8. 1/2 sdt garam
  9. 1/2 sdt kaldu bubuk
  10. 1/4 sdt lada bubuk
  11. 2 sdm kecap manis
  12. minyak untuk menumis
  13. sedikit air
  14. kerupuk udang sebagai pelengkap
  15. bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 4 btr kemiri
  4. 2 bh cabe merah, buang biji
  5. 4 bh cabe rawit

Bahan Acar

  1. 1 bh timun, buang biji, potong korek api
  2. 1 btg wortel, potong korek api
  3. 5 siung bawang merah
  4. 5 bh cabe rawit
  5. 1 sdm cuka
  6. sedikit air

Cara Membuat Mie Goreng Sederhana

  1. Rebus mie hingga matang, tiriskan. Tambahkan minyak goreng, aduk rata dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng, goreng telur dengan cara dimasak orak-arik hingga telur menggumpal. Pinggirkan ke bagian pinggir wajan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kol, sawi, daun bawang, bakso sapi dan suwiran ayam goreng.
  4. Masukkan juga bumbu-bumbu seperti garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Tambahkan sedikit air dan aduk rata hingga semua bahan tercampur termasuk telur yang kita pinggirkan tadi, aduk hingga sawi agak layu.
  5. Masukkan mie bersama kecap manis, aduk agak cepat hingga semua bumbu merata. Angkat.
  6. Membuat acar : satukan semua bahan acar.
  7. Mie goreng spesial kini siap disajikan bersama dengan kerupuk, taburan bawang goreng dan acar (jika suka).
Resep mie goreng sederhana ini tentunya bisa kita kreasikan sesuai dengan selera untuk mendapatkan cita rasa yang diinginkan. Jika suka, kalian juga bisa menambahkan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti udang, petai, daging atau bahan lainnya sesuai dengan selera. Jika tidak suka telur orak-arik, kalian bisa memasak telur terlebih dahulu secara terpisah atau sebelum memasak mie goreng. Bagaimana, ternyata cara membuat mie goreng sederhana ini cukup gampang bukan? Tertarik untuk mencobanya?

Powered by Blogger.