Header Ads

Cara Membuat Kulit Lumpia Kering untuk Pisang Coklat dan Aneka Gorengan

Baca juga artikel terkait lainnya

Jika kalian gemar memasak, tentunya sudah tidak asing dengan kulit lumpia. Bahan yang satu ini memang terbilang serbaguna karena bisa digunakan untuk aneka olahan gorengan seperti pisang coklat, martabak telur mini dan masih banyak kegunaan lainnya.

Pada dasarnya, cara membuat kulit lumpia untuk pisang coklat maupun untuk gorengan lainnya sebenarnya tidak sulit. Bahan-bahannya pun sederhana. Hanya saja, untuk membuat kulit lumpia kering yang tipis diperlukan alat khusus, yaitu plat besi datar seperti yang digunakan untuk membuat crepes.
Resep Kulit Lumpia Kering, Cara Membuat Kulit Lumpia untuk Pisang Coklat
Penggunaan Kulit Lumpia / www.dwmchan.com
Tapi untuk skala rumahan, tidak mungkin membeli alat seperti itu jika konsumsinya cuma sebatas anggota keluarga. Kita bisa menggunakan wajan anti lengket sebagai alatnya. Dan untuk membuatnya tipis-tipis, itu ada trik dan tehniknya. Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Resep Kulit Lumpia Kering untuk Pisang Coklat dan Aneka Gorengan

Ada yang bilang, proses pembuatan kulit lumpia di pabriknya itu bisa dibilang jorok. Entah seperti apa dan bagaimana, benar atau tidaknya juga cuma bisa dibuktikan jika kita pernah bekerja di pabriknya. Daripada menduga-duga mendingan bikin sendiri.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kulit lumpia kering sangatlah sederhana. Bahan utama adonannya adalah tepung terigu yang dipadu dengan beberapa bahan lain seperti putih telur dan minyak goreng.

Yuk langsung saja kita simak bahan-bahan apa saja yang perlu kita sediakan untuk resep kulit lumpia kering kali ini. Simak juga ya, cara membuat kulit lumpia untuk pisang coklat dan aneka gorengan lainnya melalui step by step yang akan kita bahas dibawah ini.

Bahan Resep Kulit Lumpia Kering

  1. 100 gr tepung terigu
  2. 1 btr telur
  3. 1 sdt garam
  4. 50 ml minyak goreng
  5. air secukupnya (+/- 200 ml / 1 gelas)

Cara Membuat Kulit Lumpia untuk Pisang Coklat dan Aneka Gorengan

  1. Larutkan garam pada segelas air, aduk-aduk. Pastikan garam sudah benar-benar terlarut sempurna. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu dan putih telur. Uleni menggunakan tangan hingga adonan menggumpal dan agak kalis.
  3. Ini adalah langkah paling PENTING. Tuangkan sedikit air garam (yang tadi kita buat) pada adonan, uleni lagi adonan hingga teksturnya merata. Tuangkan lagi air, uleni lagi adonan hingga merata. Lakukan berulang hingga tekstur adonan sudah bisa dituang namun jangan terlalu encer. Proses ini bertujuan untuk membentuk serat pada adonan, jika air dituang langsung semuanya pada adonan maka adonan tidak akan memiliki serat. Hasilnya, kulit lumpianya akan mudah robek bahkan bisa pecah-pecah/patah karena menjadi getas atau tidak lentur.
  4. Terakhir, tuangkan minyak goreng pada adonan dan aduk merata. Sampai disini adonan sudah siap.
  5. Siapkan wajan datar anti lengket. Panaskan wajan diatas api kecil.
  6. Siapkan kuas khusus makanan yang memiliki dimensi cukup lebar, kurang lebih sebesar telapak tangan. Celupkan kuas pada adonan kemudian oleskan pada permukaan wajan datar dan membentuk lingkaran. Mengoleskannya jangan diatas api ya, agar adonannya merata. Angkat dulu wajannya baru kemudian oleskan adonannya. Perkirakan saja ketebalannya, jangan terlalu tebal juga jangan terlalu tipis. Ukuran ketebalan yang pas akan kita dapatkan setelah beberapa kali mencoba.
  7. Letakkan kembali wajan diatas kompor dan biarkan kulit lumpia hingga matang dan kering. Cirinya, pinggiran kulit lumpia sudah mulai mengelupas dan terangkat.
  8. Angkat kulit lumpia dan biarkan hingga dingin. Jika cukup kering, kulit lumpia bisa ditumpuk langsung. Namun jika masih agak lembab dan kuatir lengket, taburi tipis-tipis permukaannya menggunakan tepung terigu. Kulit lumpia kini siap digunakan.
Bagaimana, gampang bukan? Jika menengok ke pabriknya, kulit lumpia dibuat dengan menggosokkan gumpalan adonan pada plat baja khusus dalam keadaan panas. Proses ini bertujuan untuk kulit lumpia setipis mungkin.

Dengan menggunakan kuas, hasil kulit lumpia bisa mirip dengan buatan pabrik. Jika proses pembuatan adonannya benar, hasilnya cukup kenyal dan tidak mudah robek. Selamat mencoba ya.

Powered by Blogger.