Header Ads

Cara Membuat Kue Semprit Mawar Renyah dan Lembut

Baca juga artikel terkait lainnya

Salah satu kue yang populer setahun sekali. Kue semprit biasanya menjadi salah satu kue lebaran yang menjadi pengisi toples-toples di setiap rumah. Rasanya tidak lengkap jika dalam suasana lebaran tidak ada kue yang satu ini.

Kue semprit yang enak memiliki tekstur yang renyah namun lembut (tidak getas). Rasanya manis dan gurih, dengan wangi aroma telur dan margarin yang mengguah selera. Biasanya, kue semprit ini memiliki bentuk yang mirip dengan bunga mawar, walau banyak juga variasi bentuk lainnya.
Resep Kue Semprit Mawar Renyah, Cara Membuat Kue Semprit Mawar Renyah
Kue Semprit Mawar
Resep kita kali ini adalah kue semprit mawar yang renyah dan lembut. Cara membuat kue semprit mawar renyah dan lembut sebetulnya cukup mudah. Namun semua itu memang ada tehniknya, juga memerlukan sedikit pengalaman untuk bisa mendapatkan kue semprit yang sesuai dengan harapan.

Kue Semprit Mawar Renyah dan Lembut

Kue semprit dibuat dengan bahan dasar berupa tepung terigu yang dibantuk adonan bersama dengan telur dan margarin. Kue ini tidak memerlukan pengembang, dan memang bentuknya dipertahankan seperti saat dicetak.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kita sediakan untuk resep kue semprit mawar renyah dan lembut. Untuk proses pembuatannya, silahkan ikuti cara membuat kue semprit mawar renyah melalui step by step yang akan disertakan dibawah ini. Yuk simak!

Bahan Resep Kue Semprit Mawar Renyah

  1. 250 gr terigu
  2. 200 gr margarin
  3. 150 gr gula halus
  4. 50 gr mentega (buttera)
  5. 50 gr tepung maizena
  6. 50 gr susu bubuk
  7. 2 btr kuning telur
  8. 1 sdt vanili bubuk

Bahan Topping

  1. selai secukupnya
  2. chocochips secukupnya

Cara Membuat Kue Semprit Mawar Renyah

  1. Ayak tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
  2. Kocok margarin bersama dengan mentega dan gula halus hingga merata.
  3. Masukkan kuning telur, kocok hingga berwarna putih pucat.
  4. Masukkan tepung yang sudah diayak, aduk merata. Aduk hingga membentuk adonan yang lembut dan mudah dicetak.
  5. Siapkan loyang datar khusus kue semprit. Cetak kue semprit diatas loyang dan tatalah letaknya sedemikian rupa agar bisa muat banyak. Berilah topping diatasnya, bisa menggunakan selai atau chocochips sesuai selera.
  6. Panaskan oven dengan suhu sekitar 140-160 derajat Celcius. Panggang kue semprit selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Ciri kue semprit yang matang adalah mudah terlepas dari tempatnya diatas cetakan.
  7. Keluarkan dari oven dan biarkan hingga dingin. Agar lebih awet, kue semprit harus benar-benar dingin baru dimasukkan kedalam toples.
Cukup mudah bukan? Cara membuat kue semprit mawar renyah sebetulnya cukup sederhana. Untuk mendapatkan tekstur yang renyah dan lembut, kuncinya terletak pada jumlah margarin dan mentega. Semakin banyak margarin dan mentega, maka akan semakin renyah dan rapuh.

Ingin lebih renyah lagi? Gunakanlah mentega yang lebih banyak dengan perbandingan antara margarin dan mentega sebesar 1:1. Juga pada saat mengocok telur, jangan sampai mengembang. Cukup sampai putih saja, jika sampai mengembang maka kue sempritnya akan melar saat dioven.

Resep kue semprit mawar renyah ini adalah resep dasar alias semprit jadul. Jika kalian suka bereksperimen, kalian bisa membuat versi lainnya seperti membuat varian coklat atau membuat topping yang beragam. Selamat mencoba ya!

Powered by Blogger.