Header Ads

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Keju

Baca juga artikel terkait lainnya

Kalian suka kue lumpur? Kudapan yang satu ini meiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis dan sedikit gurih. Biasanya, kue lumpur dibuat dari campuran kentang dan tepung terigu.

Kue lumpur banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat, kue ini cukup populer sebagai jajanan yang murah meriah. Namun disamping itu, kue lumpur juga merupakan jajaan yang sehat dan memiliki nilai gizi.
Kue Lumpur Kentang Keju
Kue Lumpur Kentang / dapurmamaaisyah.blogspot.com
Kali ini, kita akan membuat kue lumpur kentang dengan topping keju. Cara membuat kue lumpur kentang keju ini cukup mudah dan sederhana. Karena kue ini tidak menggunakan pengembang, maka proses persiapannya bisa lebih cepat. Yuk kita simak!

Kue Lumpur Kentang Keju

Kue lumpur kentang menggunakan kentang kukus yang dihaluskan sebagai salah satu bahan utamanya. Untuk mempermudah, haluskan kentang selagi panas mengunakan ulekan yang dibungkus plastik atau bisa juga menggunakan garpu.

Ini dia bahan-bahan yang kita perlukan untuk resep kue lumpur kentang keju sederhana kali ini. Disini kita menggunakan susu cair, bisa diganti dengan santan atau cukup menggunakan air biasa. Simak juga cara membuat kue lumpur kentang keju sederhana melalui step by step untuk lebih mempermudah. Cekidot!

Bahan Resep Kue Lumpur Kentang Keju

  1. 250 gr kentang kukus, haluskan
  2. 150 gr tepung terigu
  3. 100 gr gula pasir
  4. 100 gr margarin, cairkan
  5. 50 gr susu bubuk
  6. 2 btr telur
  7. 1/2 sdt vanili bubuk
  8. 400 ml susu cair (+/- 2 gelas)

Bahan Topping

  1. kismis secukupnya
  2. keju cheddar parut secukupnya

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Keju Sederhana

  1. Kocok telur, gula pasir dan vanili bubuk menggunakan mikser hingga mengembang dan gula larut.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk merata hingga membentuk adonan.
  3. Masukkan kentang kukus yang sudah dihaluskan. Aduk merata.
  4. Terakhir, masukkan margarin yang sudah dicairkan bersama dengan susu cair. Aduk merata hingga membentuk adonan yang bisa dituang.
  5. Siapkan cetakan kue lumpur, olesi tipis-tipis permukaan bagian dalamnya dengan margarin. Panaskan cetakan hingga benar-benar panas.
  6. Tuangkan adonan kue lumpur kedalam cetakan dengan ketinggian 2/3 hingga 3/4 dari tinggi lubang cetakan. Tutup cetakan dan biarkan adonan dimasak beberapa saat.
  7. Setelah kue lumpur setengah matang, beri topping sesuai selera. Topping bisa menggunakan kismis atau keju parut.
  8. Tutup lagi cetakan hingga kue lumpur matang. Angkat.
  9. Sajikan kue lumpur sebagai teman minum teh atau kopi.
Bagaimana? Cara membuat kue lumpur kentang keju sederhana ini tentunya tidak terlalu rumit bukan? Prosesnya tidak terlalu berbeda jauh dengan membuat kue cubit atau kue pancong. Cukup sederhana dan kemungkinan gagalnya kecil.

Powered by Blogger.