Header Ads

Cara Membuat Gulai Kambing Jawa Sederhana Khas Solo

Baca juga artikel terkait lainnya

Bagi kalian pecinta kuliner berbahan dasar daging kambing, tentu sudah tidak asing dengan gulai kambing Jawa. Biasanya, gulai kambing Jawa dijual bersamaan dengan menu sate dan tongseng.

Gulai kambing memiliki cita rasa yang gurih berpadu dengan aroma daging kambing yang sangat khas. Tekstur daging kambing yang empuk berpadu dengan rempah-rempah membuat rasanya semakin mantap. Rasanya sangat lezat, terutama disantap dengan nasi hangat plus sambal ekstra pedas.
Resep Gulai Kambing Jawa Sederhana, Cara Membuat Gulai Kambing Jawa Sederhana
Gulai Kambing / bango.co.id
Pada resep kali ini, kita akan membuat gulai kambing Jawa khas Solo dengan paduan bumbu-bumbu rempah. Cara membuat gulai kambing Jawa sebetulnya cukup mudah. Untuk itu, yuk mari kita simak selengkapnya!

Resep Gulai Kambing Jawa Khas Solo

Untuk mendapatkan cita rasa yang mantap dengan tekstur yang empuk, gunakan daging kambing yang masih muda. Biasanya, daging kambing muda bisa diperoleh di pasar-pasar tradisional yang menjual keperluan dan bahan-bahan untuk membuat sate. Meski harganya cukup mahal, namun sepadan dengan rasanya.

Berikut ini adalah daftar bahan yang akan kita perlukan untuk resep gulai kambing Jawa kali ini. Untuk membuatnya lebih lezat, kita padukan dengan bumbu-bumbu rempah. Berikut ini juga disertakan step by step cara membuat gulai kambing Jawa spesial. Silahkan disimak!

Bahan Resep Gulai Kambing Jawa

  1. 500 gr daging kambing beserta tulang
  2. 250 ml santan kental
  3. 750 ml santan encer
  4. 2 btg serai, memarkan
  5. 5 cm lengkuas, memarkan
  6. 3 cm jahe, memarkan
  7. 5 cm kayu manis
  8. 6 btr cengkeh
  9. 4 lbr daun salam
  10. 6 lbr daun jeruk purut
  11. gula jawa secukupnya
  12. garam secukupnya
  13. kaldu bubuk secukupnya
  14. minyak untuk menumis
  15. bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus

  1. 8 siung bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 4 bh cabe merah keriting
  4. 4 btr kemiri
  5. 1 sdt lada butiran
  6. 1 sdt jintan
  7. 4 cm kunyit
  8. 1/2 btr biji pala

Cara Membuat Gulai Kambing Jawa Khas Solo

  1. Potong-potong daging kambing sesuai selera. Tidak usah dicuci, karena akan menyisakan bau prengus khas daging kambing. Kita akan merebusnya sebagai ganti proses pencucian.
  2. Panaskan air, rebus daging kambing hingga mendidih. Cukup rebus hingga setengah matang, setelah itu buanglah air rebusannya.
  3. Tumis bumbu halus bersamaan dengan serai, lengkuas, jahe, kayu manis, cengkeh, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga matang dan harum.
  4. Tuangkan santan encer. Masukkan juga daging kambing bersama dengan garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya.
  5. Masak gulai hingga matang dan daging kambingnya empuk. Untuk mendapatkan tekstur daging yang lebih empuk, masaklah dengan api kecil dalam waktu minimal 1 jam. Jika santan menyusut, tambahkan saja air matang.
  6. Setelah gulai matang dan empuk, tuangkan santan kental dan cicipi rasanya. Tambahkan secukupnya bumbu-bumbu yang dirasa masih kurang. Masak lagi hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Angkat.
  7. Sajikan gulai kambing Jawa bersama dengan taburan bawang goreng.
Cara membuat gulai kambing Jawa sebetulnya cukup mudah. Untuk mendapatkan rasa yang sesuai selera, memang diperlukan pengalaman dalam memasak gulai. Semakin sering mencoba, maka kita akan semakin piawai dalam menentukan rasa.

Selamat mencoba ya! Jika sekiranya berguna, silahkan share resep gulai kambing Jawa ini kepada teman-teman.

Powered by Blogger.