Header Ads

Cara Membuat Es Teler Spesial dari Bahan Sederhana

Baca juga artikel terkait lainnya

Resep Es Teler Spesial - Es teler adalah salah satu dari sekian banyak minuman yang memiliki cita rasa kuat dan bisa dibilang sebagai cocktail buah ala Indonesia. Resep minuman yang ditemukan oleh Hajah Samijem Darmo Wiyono ini begitu populer hingga banyak minuman kemasan yang memiliki varian rasa es teler.

Pada dasarnya, se teler adalah es campur dengan bentuk yang lebih sederhana namun memiliki aroma dan rasa yang kuat. Biasanya, es teler terdiri dari kelapa muda, alpukat, cincau hitam dan daging buah nangka yang disajikan dengan bahan pelengkap berupa aneka sirup.

Resep Es Teler Spesial, Cara Membuat Es Teler Sederhana
Es Teler : yelp.com
Seperti resep kita kali ini, kita akan membuat es teler spesial dari bahan-bahan yang sederhana. Cara membuat es teler sederhana sangatlah mudah, bahan-bahannya juga cukup mudah ditemui di sekitar kita.

Agar lebih cantik, kita bisa menyajikan es teler dengan menggunakan es serut yang diletakkan paling atas. Es ini akan tampak cantik saat disiram dengan sirup dan santan. Memberikan keindahan tersendiri sehingga lebih semangat saat menyantapnya.

Saking sederhananya, membuat es teler memerlukan waktu yang relatif singkat. Karena memang bahan yang digunakan untuk membuat es teler biasanya sudah tersedia di pasaran dalam bentuk jadi atau siap saji.

Es Teler Spesial dari Bahan Sederhana

Dalam resep kita kali ini, kita menggunakan bahan yang cukup beragam. Tidak perlu semua bahan dihadirkan, karena memang resep es teler aslinya juga cukup sederhana. Namun jika memiliki bahan yang lebih beragam, maka tidak ada salahnya untuk dibuat lebih menarik.

Berikut ini adalah daftar bahan yang kita perlukan untuk resep es teler spesial. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara membuat es teler sederhana melalui step by step berikut ini.

Bahan Resep Es Teler Spesial

  1. 100 gr cincau hitam
  2. 100 gr kolang-kaling
  3. 100 gr nata de coco
  4. 100 gr agar-agar
  5. 100 gr sagu mutiara siap saji
  6. 50 gr daging buah nangka
  7. 1 bh kelapa muda, ambil daging buahnya saja
  8. 1 bh alpukat matang
  9. 100 ml santan, didihkan sebentar dengan 1/4 sdt garam
  10. sirup cocopandan secukupnya
  11. susu kental manis secukupnya
  12. es batu secukupnya

Bahan Sirup Gula

  1. 250 gr gula pasir
  2. 4 lbr daun pandan
  3. 350 ml air

Cara Membuat Es Teler Sederhana Spesial

  1. Sebagai langkah pertama, kita persiapkan terlebih dahulu sirup gula. Caranya, satukan semua bahan kemudian didihkan hingga gula larut. Angkat kemudian dinginkan, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Persiapkan bahan-bahan lainnya. Cincau, agar-agar dan daging buah nangka bisa kita potong dadu dengan ukuran sesuai selera. Sementara alpukat tinggal diserok menggunakan sendok atau fruit baller.
  3. Setelah semua bahan siap, saatnya menyajikan. Tata semua bahan seperti cincau, kolang-kaling, nata de coco, agar-agar, sagu mutiara, nangka, kelapa dan alpukat didalam mangkuk / gelas saji.
  4. Ambil es batu secukupnya kemudian hancurkan. Agar lebih cantik, biasanya es teler menggunakan es yang diserut. Jika punya serutan, kita bisa menyerutnya atau bisa juga diblender hingga agak halus. Sehingga rasanya lebih lembut.
  5. Masukkan es yang sudah dihancurkan kedalam mangkuk, letakkan diatas bahan-bahan lainnya.
  6. Siramkan sirup gula, sirup cocopandan, santan dan susu kental manis diatasnya.
  7. Es teler spesial siap disajikan. (8-10 porsi)
Bagaimana, mudah bukan? Es teler spesial ini bisa dijadikan alternatif minuman yang menyegarkan saat berbuka puasa atau sekedar pelepas dahaga di hari-hari biasa. Dengan bahan seadanya, kita bisa membuat es teler yang lezat, segar dan menyegarkan.

Bagi kalian yang jeli, resep es teler spesial ini juga bisa menjadi peluang usaha. Cara membuat es teler sederhana cukup mudah dan cepat, sehingga tidak memerlukan persiapan yang lama. Bahan-bahan yang diperlukan juga tidak banyak macamnya, sehingga cocok untuk alternatif usaha modal kecil-kecilan.

Powered by Blogger.