Header Ads

Cara Membuat Es Doger Sederhana Ala Rumahan

Baca juga artikel terkait lainnya

Es doger merupakan salah satu minuman yang berselera, dimana memiliki rasa dan aroma yang khas. Es doger memiliki cita rasa yang manis legit berpadu dengan aroma nangka yang menggugah selera.

Biasanya, es doger dibuat dari perpaduan ketan hitam, kacang hijau, roti tawar, tape singkong, mutiara, kelapa muda dan buah nangka. Meskipun begitu, sebenarnya es doger tidak memiliki resep yang pasti dan tidak terbatas pada bahan-bahan tertentu.
Resep Es Doger Sederhana, Cara Membuat Es Doger Sederhana
Es Doger Sederhana
Seperti kali ini, kita akan membuat es doger suka-suka dengan bahan sesuai selera. Cara membuat es doger sederhana memang relatif mudah dan murah, sehingga bisa kita buat kapan saja selagi bahan-bahan tersedia.

Kunci utama kelezatan es doger yang biasa kita beli di luaran atau di abang-abang adalah esnya. Es yang digunakan untuk es doger memiliki tekstur yang lebut seperti pada pop ice tapi bukan es krim.

Es ini dibuat dari es batu yang berkualitas bagus, yaitu es batu yang berkabut sehingga saat diserut tidak hancur/mencair. Es ini kemudian diserut menggunakan serutan es yang halus. Baru kemudian dicampur dengan bahan-bahan pelengkap yang biasa disebut oleh abang-abang sebagai 'bumbu es'.

Biasanya es dicampur dengan sirup cocopandan, gula, pemberi aroma, susu, serta terkadang dicampurkan dengan daging buah nangka dan kelapa muda. Dengan begitu, es doger memiliki cita rasa yang manis, gurih dan memiliki aroma yang menggugah selera.

Karena kita akan membuat skala rumahan, untuk lebih mudahnya, es akan kita blender. Sehingga lebih praktis, hemat waktu dan tidak ribet.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, es batu harus dipersiapkan sehari sebelumnya. Agar lebih padat dan berkabut sehingga tidak mencair saat diblender dan dipadukan dengan bahan lain.

Es Doger Sederhana Ala Rumahan

Karena kita akan membuat es doger suka-suka, jadi tidak ada batasan bahan apa yang akan kita gunakan. Resep es doger sederhana ini bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan tempat tingal sehingga mudah diperoleh.

Untuk lebih praktisnya, ada baiknya bahan-bahan es doger kita beli jadi. Seperti ketan hitam, tape singkong dan mutiara yang bisa diperoleh dengan relatif murah. Ketimbang harus repot-repot mengolahnya sendiri yang tentu memerlukan waktu yang cukup lama.

Berikut ini bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat es doger sederhana. Resep dan cara membuat es doger sederhana ini sudah disesuaikan untuk skala rumahah. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti step by stepnya.

Bahan Resep Es Doger Sederhana

  1. 100 gr ketan hitam
  2. 100 gr tape singkong, potong dadu
  3. 50 gr daging buah nangka, cincang kecil-kecil
  4. 1 btr kelapa muda, ambil dagingnya saja
  5. 5 lbr roti tawar, potong dadu
  6. 50 gr biji mutiara, rebus hingga mengembang
  7. 100 ml susu kental manis
  8. 100 ml gula halus
  9. 1/4 sdt garam dapur
  10. sirup cocopandan secukupnya
  11. es batu secukupnya, hancurkan

Cara Membuat Es Doger Sederhana

  1. Siapkan mangkuk/gelas saji. Tata bahan-bahan yang diperlukan seperti ketan hitam, tape singkong, daging buah nangka, kelapa muda, roti tawar dan mutiara.
  2. Es doger abang-abang dibuat dengan cara menyerut es batu yang berkabut dengan serutan es yang halus. Namun disini kita akan menggunakan peralatan seadanya. Siapkan blender, kemudian masukkan es batu yang sudah dihancurkan, susu kental manis, gula halus, sirup cocopandan dan garam. Blender hingga halus layaknya membuat pop ice. Sampai disini es sudah siap. Jika tidak langsung disajikan, baiknya taruh di termos es atau simpan di lemari es agar tidak mencair.
  3. Tuangkan es batu yang sudah lembut keatas mangkuk saji yang sudah berisi bahan-bahan lainnya. Siram dengan sirup cocopandan dan susu kental manis sebagai topping.
  4. Es doger sederhana ala rumahan siap disajikan. (untuk 5-10 gelas)
Mudah dan praktis bukan? Resep es doger sederhana ini tidak harus menggunakan bahan yang komplit. Walau cuma menggunakan roti tawar, kelapa muda dan buah nangka juga sudah enak.

Cara membuat es doger sederhana menggunakan blender juga lebih praktis. Ketimbang harus menyerutnya secara manual. Selain memerlukan alat khusus, juga prosesnya cukup menyita waktu. Terkecuali jika kita berniat untuk berjualan dengan skala yang lebih besar. Selamat mencoba.

Powered by Blogger.