Header Ads

Cara Membuat Es Buah Segar Sederhana

Baca juga artikel terkait lainnya

Siapa yang tidak kenal dengan es buah segar, minuman yang satu ini lazim ditemui mulai dari kota-kota besar hingga pinggiran kota. Biasanya, es buah dijual di gerobak-gerobak pinggir jalan hingga menjadi menu di restoran berkelas.

Es buah segar cocok dinikmati pada saat panas terik di siang bolong, atau juga sebagai menu berbuka puasa. Minuman ini begitu menyegarkan, dengan paduan rasa manis dan segar buah-buahan. Mantap bukan?
Resep Es Buah Segar Sederhana, Cara Membuat Es Buah Sederhana
Es Buah Segar
Tahukan kalian, sebenarnya es buah ini sangat gampang dibuat. Kita bisa membuatnya di rumah dengan mudah. Cara membuat es buah sederhana memang sesederhana kelihatannya.

Yang kita perlukan untuk membuat es buah adalah buah-buahan segar. Tidak ada batasan atau aturan yang pasti untuk buah-buahan yang kita gunakan. Sehingga kita bisa membuatnya dengan buah-buahan seadanya atau juga dengan bahan-bahan yang komplit. Semua sesuai dengan selera.

Potong-potong buah-buahan sesuai selera masing-masing. Kita bisa memotongnya membentuk dadu, atau juga bisa menggunakan fruit baller. Namun pastikan, buah-buahan telah dicuci sebelumnya untuk menjaga kehigienisannya.

Bahan tambahan lainnya yang kita perlukan adalah es batu, sirup cocopandan, susu kental manis dan sirup gula. Khusus untuk sirup gula, bahan yang satu ini bisa kita buat sendiri.

Sirup gula terbuat dari gula pasir dan daun pandan wangi. Kedua bahan tersebut kita didihkan dengan air secukupnya hingga gula larut seluruhnya. Setelah itu, sirup gula bisa kita angkat dan biarkan dingin dengan sendirinya.

Setelah semua bahan siap, saatnya menyajikan. Masukkan buah-buahan dan potongan es batu kedalam mangkuk saji. Siram dengan susu kental manis, sirup cocopandan dan sirup gula. Nikmati segera.

Es Buah Segar Sederhana

Disini, kita menggunakan buah-buahan yang lazim digunakan pada es buah. Seperti melon, blewah, alpukat, anggur, buah kiwi, buah naga dan sebagainya. Kalian bisa menambahkan buah lainnya sesuai selera atau bahan lain seperti agar-agar atau rumput laut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara membuat es buah sederhana melalui langkah demi langkah berikut ini. Berikut juga adalah bahan-bahan yang kita perlukan, bukan bahan yang pasti namun kreasikan dan sesuaikan dengan selera.

Bahan Resep Es Buah Segar Sederhana

  1. 1/4 bh melon
  2. 1/4 bh blewah
  3. 1/4 bh pepaya
  4. 100 gr anggur
  5. 100 gr stroberi
  6. 100 gr agar-agar
  7. 1 bh alpukat matang
  8. 1 bh apel
  9. 1 bh pear
  10. 1 bh buah naga
  11. 1 bh buah kiwi
  12. susu kental manis secukupnya
  13. sirup cocopandan secukupnya
  14. es batu secukupnya

Bahan Sirup Gula

  1. 250 gr gula pasir
  2. 4 lbr daun pandan, ikatkan
  3. 350 ml air

Cara Membuat Es Buah Sederhana

  1. Siapkan sirup gulanya terlebih dahulu. Caranya, satukan semua bahan sirup gula kemudian masak hingga mendidih. Angkat dan biarkan hingga dingin.
  2. Saatnya mempersiapkan buah-buahan. Pastikan buah-buahan telah dicuci bersih, kemudian potong-potong sesuai dengan selera. Untuk buah-buahan yang berukuran kecil, bisa dipotong berbentuk dadu. Sementara untuk buah-buahan yang berukuran besar, bisa menggunakan fruit baller. Untuk agar-agar, potong berbentuk dadu.
  3. Saatnya menyajikan. Siapkan mangkuk, tata buah-buahan bersama dengan es batu secukupnya. Siram dengan sirup gula, sirup cocopandan dan susu kental manis secukupnya.
  4. Es buah segar kini siap untuk dihidangkan! (untuk 10 porsi)
Sangat gampang bukan? Cara membuat es buah sederhana memang sesederhana kelihatannya. Resep es buah segar sederhana ini juga bisa kalian kreasikan atau disesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan.

Powered by Blogger.