Header Ads

Cara Membuat Bubur Manado Sederhana

Baca juga artikel terkait lainnya

Bubur Manado atau dalam bahasa setempat dikenal dengan istilah tinutuan adalah salah satu jenis bubur yang memiliki cita rasa unik. Keunikan rasanya berasal dari aneka bahan yang ditambahkan kedalamnya seperti aneka umbi dan aneka sayuran. Keragaman bahan ini membuatnya kaya akan gizi dan tentunya baik jika dikonsumsi oleh anak-anak sekalipun. Kalian penasaran bagaimana rasanya atau sudah sering meikmati tetapi tidak tahu cara membuatnya? Yuk! simak selengkapnya disini.

Resep Bubur Manado Sederhana, Cara Membuat Bubur Manado Sederhana
Resep Bubur Manado Sederhana
Seperti halnya proses pembuatan bubur pada umumnya, cara membuat bubur Manado sederhana juga cukup mudah. Namun memang dalam prosesnya, pembuatan bubur memerlukan waktu yang cukup lama agar bahan-bahannya bisa lunak. Untuk itu, proses pembuatannya juga sedikit memerlukan kesabaran. Namun semua akan terbayarkan dengan rasa bubur yang lezat dan menggugah selera.

Karena bubur manado menggunakan aneka jenis bahan mulai dari umbi-umbian dan juga sayuran, maka pembuatannya dilakukan secara bertahap. Beras dimasak terlebih dahulu hingga lunak, baru setelah itu kita memasukkan umbi seperti singkong, ubi jalar dan jagung hingga matang dan lunak.

Bahan-bahan yang berupa sayuran kita masukkan belakangan. Karena jika dimasukkan bersamaan semenjak awal maka sayuran bisa terlalu lunak dan hancur sementara bahan lain yang lebih lama matang menjadi kurang lunak. Jika seperti itu, maka bubur menjadi kurang cantik dan teksturnya tidak merata.

Khusus untuk daun kemangi, bahan ini kita masukkan paling terakhir. Hal tersebut bertujuan untuk mempertahankan teksturnya karena daun kemangi mudah layu. Tujuan lainnya adalah untuk mempertahankan aroma daun kemangi sehingga lebih kuat dan lebih wangi.

Bubur Manado Sederhana

Salah satu yang menjadi ciri khas bubur Manado adalah penggunaan sayuran yang bernama daun gedi. Daun gedi merupakan sayuran khas Manado yang dalam adat setempat merupakan sayuran yang biasa dimakan sebagai lalapan. Daun gedi berfungsi menambah rasa gurih dan mengentalkan bubur Manado. Namun jika sayuran ini suli didapat, maka kalian bisa membuat bubur tanpa daun gedi yang pastinya tetap enak walau memang kurang lengkap.

Bahan lainnya yang digunakan untuk membuat bubur Manado adalah aneka umbi seperti singkong dan ubi jalar kuning. Bubur manado juga biasa menggunakan lau kuning dan jagung manis sebagai bahan pelengkapnya. Kalian bisa menggunakan bahan-bahan tersebut bersamaan atau salah satunya sesuai dengan selera. Berikut ini bahan-bahan yang kita perlukan.

Bahan Resep Bubur Manado Sederhana

  1. 1 gelas beras, cuci hingga bersih
  2. 2 btg jagung manis, sisir menggunakan pisau
  3. 1 btg singkong muda, potong dadu
  4. 200 gr labu kuning kupas, potong dadu
  5. 2 btg daun bawang, potong pendek
  6. 4 lbr daun gedi
  7. 2 ikat daun kemangi, ambil pucuknya saja
  8. 1 ikat daun kangkung ambil pucuknya saja
  9. 1 ikat daun bayam, ambil pucuknya saja
  10. 2 btg serai, memarkan
  11. 2 sdt garam
  12. 1 sdt kaldu bubuk
  13. 1/2 sdt lada bubuk
  14. air secukupnya

Bahan Pelengkap

  1. ikan asin goreng (ikan teri asin atau ikan asin lainnya)
  2. sambal terasi

Cara Membuat Bubur Manado Sederhana

  1. Masak beras bersama serai dengan 4 gelas air. Masak sambil diaduk-aduk hingga beras lunak dan airnya berkurang.
  2. Tambahkan lagi air sebanyak 3 sampai 4 gelas. Masukkan juga singkong, labu kuning dan jagung manis. Masak hingga singkong dan jagung matang dan lunak. Jika sampai langkah ini airnya menyusut, tambahkan lagi secukupnya.
  3. Masukkan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk. Aduk rata.
  4. Masukkan sayuran seperti daun kangkung, daun bayam dan daun gedi. Masak hingga sayuran matang dan bubur mengental.
  5. Terakhir masukkan daun kemangi dan aduk rata. Angkat.
  6. Sajikan bubur manado selagi panas berama dengan sambal terasi dan ikan asin goreng.
Selain daun gedi, dalam versi aslinya resep bubur Manado sederhana biasa mengunakan daun kunyit sebagai bahan pelengkapnya. Penggunaan daun kunyit biasanya tidak banyak, cukup 1 lembar saja kemudian dirajang halus. Disini kita tidak menggunakannya, namun jika kalian suka kalian bisa menambahkannya dan dimasukkan bersama dengan sayuran lainnya.

Secara umum, cara membuat bubur Manado sederhana memang cukup mudah hanya saja prosesnya memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk itu, membuat bubur ini biasanya dilakukan ketika waktu luang atau dikhususkan dengan bahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kalian tertarik mencoba membuatnya di rumah.

Powered by Blogger.