Header Ads

Cara Membuat Bubur Candil Ubi Ungu Sederhana

Baca juga artikel terkait lainnya

Bubur candil atau yang juga dikenal dengan sebutan kolak biji salak adalah salah satu kudapan yang cukup populer terutama di bulan puasa. Namun tidak hanya di bulan puasa, bubur candil biasanya dijajakkan sebagai jajanan di pagi hari atau sore hari menjelang malam. Rasa bubur candil memang lezat dengan dominasi rasa manis berpadu dengan gurihnya saus santan. Sementara candilnya itu sendiri memiliki tekstur yang kenyal dan berasa gurih. Dan karena bahan utamanya mengandung banyak pati, maka bubur candil termasuk makanan yang mengenyangkan dengan kalori yang tinggi.

Resep Bubur Candil Ubi Ungu Sederhana, Cara Membuat Bubur Candil Ubi Ungu Sederhana
ilustrasi : hesti-myworkofart.blogspot.co.id
Nah, untuk resep kita kali ini, kita akan mencoba membuat bubur candil dengan bahan dasar ubi ungu. Cara membuat bubur candil ubi ungu sederhana pada dasarnya cukup mudah dan juga cukup praktis. Sehingga bisa kita lakukan sembari mengisi waktu luang atau sekedar iseng berolah di dapur.

Ubi ungu memiliki rasa yang enak dengan tekstur yang empuk. Selain itu, ubi ungu memiliki warna ungu yang cerah sehingga penganan yang berbahan dasar ubi ungu memiliki warna yang cantik.

Sementara dalam proses pembuatannya, kita akan membentuk ubi ungu menjadi bulatan-bulatan meyerupai bakso. Untuk itu, kita memerlukan tepung tapioka atau tepung sagu untuk mengikat bahan ubi sehingga tidak hancur saat terkena air/kuah.

Setelah candil dibentuk, barulah kita rebus hingga matang didalam kuah gulanya. Kematangan candil ditandai dengan candil yang mengapung ke permukaan setelah sebelumnya tenggelam di dasar panci. Setelah semua candil mengapung, itu tandanya candi sudah matang.

Resep Bubur Candil Ubi Ungu Sederhana

Didalam resep kita kali ini, kita menggunakan ubi ungu sebanyak setengah kilogram. Untuk itu tepung tapioka yang akan kita tambahkan kurang lebih setengah dari jumlah ubi. Jumlah tersebut bisa dikurangi atau ditambahkan sedikit disesuaikan dengan selera. Jika terlalu sedikit, maka candil akan hancur saat direbus nantinya, sementara jika terlalu banyak maka candil biasanya akan sedikit alot.

Untuk bahan kuah bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Disini kita menggunakan 1,5 liter air, jika kalian suka kuah yang banyak maka tinggal ditambah lagi jumlah air dan jumlah gulanya. Terakhir, tambahkan larutan tepung sagu agar kuah menjadi lebih kental.

Berikut ini bahan-bahan yang kita perlukan beserta step by step cara membuatnya.

Bahan Resep Bubur Candil Ubi Ungu

  1. 500 gr ubi ungu
  2. 200 gr tepung sagu/tapioka
  3. 1/2 sdt garam

Bahan Kuah

  1. 250 gr gula jawa, sisir halus
  2. 1/2 sdt vanili bubuk
  3. 2 lbr daun pandan, potong pendek
  4. 2 sdm tepung sagu dicampur dengan 1/2 gelas air
  5. 1500 ml air

Bahan Saus Santan

  1. 250 ml santan kental
  2. 1/2 sdt garam
  3. 2 lbr daun pandan, potong pendek

Cara Membuat Bubur Candil Ubi Ungu

  1. Kukus ubi ungu hingga matang dan lunak, angkat. Haluskan ubi ungu kukus selagi panas agar lebih mudah hancur.
  2. Setelah ubi halus, masukkan tepung sagu beserta garam. Aduk rata menggunakan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Pulunglah adonan candil membentuk bulatan-bulatan sebesar kelereng. Dalam membentuk adonan, sebaiknya tidak terlalu besar agar candil lebih cepat matang. Sisihkan sejenak.
  4. Didihkan air bersama dengan gula jawa dan daun pandan. Masak hingga gula jawa larut seluruhnya.
  5. Masukkan candil kedalam air gula yang mendidih. Jika candil sudah mulai mengapung ke permukaan, berarti tandanya candil sudah mulai matang.
  6. Untuk membuat kuah menjadi kental, tuangkan larutan tepung tapioka kedalam kuah yang mendidih dan masak hingga kuah mengental dan meletup-letup. Matikan api dan angkat bubur candil.
  7. Sekarang tinggal membuat saus santan. Didihkan santan bersama dengan garam dan daun pandan sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Angkat.
  8. Sajikan bubur candil dengan siraman saus santan. Bubur candil bisa dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin.
Sedikit tips untuk cara membuat bubur candil ubi ungu agar hasilnya maksimal dan memiliki penampilan yang cantik. Dalam merebus candil, sebaiknya tidak dilakukan secara serentak atau bersamaan.

Paling tidak, kita memasukannya sedikit demi sedikit agar candil tidak saling menumpuk dan menempel satu sama lain. Jika dimasukkan sedikit demi sedikit, permukaan candil yang lebih dulu dimasukkan nantinya cukup padat sehingga ketika ditimpa dengan candil yang baru diatasnya tidak saling menempel.

Cukup mudah bukan? Resep bubur candil ubi ungu sederhana memang cukup simpel tetapi hasilnya jangan ditanya. Jajanan yang satu ini selalu ludes diserbu pembeli terutama di bulan puasa sebagai menu berbuka. Di hari-hari biasa, bubur candil juga biasa dijadikan menu sarapan pagi atau sebagai jajanan di sore hari yang mampu mengganjal perut. Selamat mencoba.

Powered by Blogger.