Header Ads

Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Sederhana

Baca juga artikel terkait lainnya

Bolu kukus pelangi atau rainbow cake kukus, salah satu kreasi bolu kukus yang banyak diminati karena penampilannya yang cantik. Ditambah dengan aromanya yang menggugah selera, jenis bolu kukus ini semakin banyak digemari.

Bolu kukus yang bagus memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Semua itu didapat dari bahan-bahan yang berkualitas serta cara pembuatan yang tepat. Komposisi bahan-bahan juga sangat menentukan keberhasilan pembuatan bolu kukus.
Resep Bolu Kukus Pelangi Lembut Sederhana, Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Lembut Sederhana
Rinbow Cake Kukus / crustabakes.wordpress.com
Seperti kali ini, kita akan membuat bolu kukus pelangi sederhana namun memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Cara membuat bolu kukus pelangi sederhana yang lembut dan empuk sebetulnya tidak terlalu sulit. Asalkan kita sudah menguasai tehniknya.

Resep Bolu Kukus Pelangi Lembut Sederhana

Untuk mendapatkan bolu kukus pelangi yang lembut, tentunya diperlukan bahan yang berkualitas. Gunakan tepung terigu dan gula pasir yang berkualitas, sehingga hasilnya juga bisa maksimal. Apalagi untuk konsumsi sendiri, tentunya tidak ada salahnya jika dibuat seenak mungkin.

Ini dia bahan-bahan yang perlu kita persiapkan untuk resep bolu kukus pelangi lembut kali ini. Untuk jumlah warna, silahkan disesuaikan saja dengan selera. Yuk simak cara membuat bolu kukus pelangi sederhana melalui step by step yang akan disertakan dibawah ini.

Bahan Resep Bolu Kukus Pelangi Lembut

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna
  2. 200 gr gula pasir
  3. 150 gr minyak goreng
  4. 4 btr telur ayam
  5. 1 sdt vanili bubuk
  6. 1/2 sdm ovalet / SP / TBM
  7. pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Sederhana Lembut

  1. Persiapkan dulu kukusan. Bungkus penutupnya menggunakan serbet bersih agar nanti embunnya tidak menetes pada kue. Nyalakan api dengan level sedang, sehingga nanti saat adonan siap maka kukusan juga sudah siap.
  2. Kocok telur bersama gula pasir, cake emulsifier (ovalet / SP / TBM) dan vanili bubuk. Kocok dengan kecepatan sedang hingga mengembang dan berjejak (kaku).
  3. Masukkan tepung terigu. Aduk perlahan menggunakan spatula hingga merata.
  4. Masukkan minyak goreng. Aduk lagi menggunakan spatula hingga merata.
  5. Bagilah adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang akan digunakan. Disini kita menggunakan warna yang simpel yaitu merah, hijau dan kuning.
  6. Siapkan cetakan bolu kukus. Olesi tipis-tipis permukaan bagian dalamnya menggunakan margarin.
  7. Tuangkan adonan untuk lapisan pertama, misalnya warna kuning. Kukus adonan pertama selama kurang lebih 2-5 menit. Tergantung ketebalan adonan, semakin tipis maka semakin singkat waktunya.
  8. Tuang adonan untuk lapisan berikutnya. Kukus lagi selama kurang lebih 2-5 menit. Lakukan langkah yang sama terhadap setiap lapisan dan setiap warna secara berselang seling.
  9. Untuk lapisan terakhir, kukus bolu selama kurang lebih 30 menit agar kue bolu matang sempurna.
  10. Setelah matang, angkat. Hiasi dengan topping sesuai selera.
Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakanlah minyak goreng kemasan. Sementara untuk pewarnanya, pastikan hanya menggunakan pewarna makanan agar hasilnya lebih sehat dan tidak berefek samping. Selamat mencoba ya!

Powered by Blogger.