Header Ads

Cara Membuat Bihun Goreng Spesial Ala Rumahan

Baca juga artikel terkait lainnya

Makanan yang satu ini biasanya menjadi pelengkap makanan lain seperti nasi uduk atau terkadang juga dikonsumsi langsung dengan cara digado. Bihun goreng cocok disajikan dengan sambal kacang dan disantap bersama dengan gorengan sebagai makanan selingan.

Cita rasa bihun goreng sangat lezat, maka tak heran jika makanan ini banyak digemari. Baik sebagai makanan pelengkap ataupun digado dengan tambahan sambal kacang. Dijamin sedap dan membuat penikmatnya ketagihan.
Resep Bihun Goreng Spesial, Cara Membuat Bihun Goreng Spesial
Bihun Goreng Spesial
Jika kalian suka bereksperimen di dapur, kalian juga bisa memasak sendiri bihun goreng di rumah. Cara membuat bihun goreng spesial sangatlah mudah, seperti membuat mi goreng atau nasi goreng. Proses pembuatannya juga relatif cepat, karena bihun cepat matang.

Bihun yang akan dimasak, terlebih dahulu kita seduh menggunakan air panas. Tidak perlu lama, cukup sampai lumer saja. Setelah itu, bihun kita tiriskan sembari mengerjakan persiapannya.

Bumbu-bumbu untuk memasak bihun goreng cukup sederhana. Cukup menggunakan bawang merah dan bawang putih yang dirajang. Namun disini kita menggunakan bumbu-bumbu yang diulek halus. Agar rasanya lebih mantap.

Bumbu halus kemudian ditumis hingga matang dan harum. Baru setelah itu kita memasak sayuran pelengkapnya hingga setengah matang / layu bersama dengan bumbu-bumbu penyedap. Terakhir, masukkan bihun dan masaklah hingga matang dan agak mengering.

Resep Bihun Goreng Spesial Ala Rumahan

Bihun goreng bisa dimasak dengan proses dan bahan yang sederhana. Namun untuk lebih memanjakan lidah terutama untuk konsumsi sendiri, tidak ada salahnya untuk membuatnya seenak mungkin. Tambahkan bahan-bahan lainnya seperti sayuran, bakso dan suwiran daging ayam.

Bihun goreng dijamin lezat. Apalagi jika bumbu-bumbunya pas, membuatnya terasa gurih lezat. Cocok dinikmati bersama makanan lainnya atau sekedar dinikmati bersama sambal kacang.

Dan di bawah ini adalah daftar bahan yang kita perlukan untuk resep bihun goreng spesial. Ikuti step by step cara membuat bihun goreng spesial untuk lebih mudahnya. Yuk simak berikut ini!

Bahan Resep Bihun Goreng Spesial

  1. 2 bks bihun jagung
  2. 2 btg wortel, potong korek api
  3. 5 lbr daun kol, iris pendek
  4. 5 lbr daun sawi hijau, potong pendek
  5. 2 btg daun bawang, rajang halus
  6. 5 btr bakso sapi, iris tipis
  7. 5 ekor udang, kupas
  8. 1 bh paha ayam, suwir-suwir
  9. 1 btr telur
  10. 2 sdm saus tiram
  11. 2 sdm kecap manis
  12. 1 sdt garam
  13. 1/2 sdt kaldu bubuk
  14. 1/2 sdt lada bubuk
  15. minyak untuk menumis
  16. sedikit air

Bumbu Halus

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 bh cabe merah keriting

Cara Membuat Bihun Goreng Spesial

  1. Seduh bihun jagung dengan air panas hingga lumer. Tiriskan dan sisihkan dulu sementara.
  2. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan telur, masak orak-arik.
  3. Masukkan sayuran seperti wortel, kol, sawi hijau dan daun bawang. Masukkan juga irisan bakso sapi, udang dan suwiran daging ayam.
  4. Tuangkan sedikit air. Bubuhkan juga garam, kaldu bubuk, lada bubuk, kecap manis dan saus tiram. Masak hingga sayuran agak layu dan air menyusut.
  5. Masukkan bihun. Aduk-aduk biar semua tercampur merata. Angkat.
  6. Bihun goreng spesial siap untuk disajikan.
Mudah, praktis dan cepat. Cara membuat bihun goreng spesial ini memang gampang dan tidak memerlukan waktu yang lama. Jika sudah mahir memasak, persiapan sampai akhir tidak akan memakan waktu setengah jam.

Dan bagi kalian yang gemar makan nasi uduk, resep bihun goreng spesial ini bisa kalian jadikan pilihan. Bihun goreng cocok dinikmati bersama nasi uduk dan tempe oreg. Selamat mencoba ya.

Powered by Blogger.