Header Ads

Cara Membuat Bakso Bakar Sederhana Bumbu Kacang

Baca juga artikel terkait lainnya

Bakso bakar adalah salah satu jajanan yang memiliki cita rasa khas. Jika selama ini bakso disajikan dalam bentuk kuah dan goreng, maka bakso bakar menjadi salah satu jajanan alternatif buat pecinta bakso. Jajanan yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang gurih serta rasa khas bakso yang berpadu dengan aroma panggang. Kalian tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Resep Bakso Bakar Sederhana Bumbu Kacang, Cara Membuat Bakso Bakar Sederhana Bumbu Kacang
Resep Bakso Bakar Sederhana Bumbu Kacang
Jajanan yang juga digemari oleh anak-anak ini cukup mudah dibuat dengan bahan-bahan yang biasanya banyak tersedia di dapur. Dan pada resep kita kali ini, kita akan membuat bakso bakar dengan tambahan bumbu kacang agar rasanya semakin mantap. Cara membuat bakso bakar sederhana bumbu kacang cukup mudah, prosesnya juga tidak terlalu ribet.

Untuk memperoleh bakso bakar yang empuk dan sedikit kenyal, maka sebaiknya bakso kita rebus terlebih dahulu. Bakso kita rebus hingga mengembang sehingga bakso tidak alot sesudah dibakar nantinya. Perebusan juga bertujuan menghilangkan bau yang tidak sedap terutama jika bakso yang kita gunakan sudah tersimpan lebih dari sehari dalam lemari es.

Setelah itu, barulah bakso kita tusuk dengan tusuk sate. Untuk bakso ukuran sedang, biasanya muat sekitar 3 butir dan untuk bakso yang kecil bisa muat hingga 4-5 butir. Jangan lupa dikerat-kerat ya, biar nanti bumbu olesannya bisa meresap hingga kedalam bakso, jadi rasanya lebih mantap.

Selama bakso dibakar, lumurilah bakso beberapa kali dengan bumbu olesannya. Biasanya bumbu akan kering setelah dibakar, maka kita perlu mengolesinya lagi agar bakso tidak gosong dan rasanya lebih nendang.

Resep Bakso Bakar Sederhana Bumbu Kacang

Dalam memilih bakso, pilihlah bakso yang masih segar. Jika membeli bakso kemasan pastikan tanggal kadaluarsanya masih jauh serta cara penyimpanannya yang bersih dan sesuai dengan standar. Lebih bagus jika bakso kita buat sendiri, lebih sehat dan lebih terjamin kebersihannya.

Dalam resep kita kali ini, kita memerlukan 15 butir bakso yang cukup untuk 1 porsi atau 5 tusuk jika bakso yang kita gunakan berukuran kecil. Jika kalian berniat membuatnya lebih banyak, maka tinggal perbanyak juga saus kacangnya. Jumlah saus kacang yang kita gunakan untuk porsi kita kali ini juga sudah cukup banyak, bisa untuk 2-3 porsi kecil.

Bahan Resep Bakso Bakar Sederhana

  1. 15 btr bakso sapi
  2. 2 sdm margarin, lelehkan
  3. 3 sdm kecap manis
  4. 2 sdm saus sambal

Bahan Saus Kacang

  1. 50 gr kacang tanah, goreng dan haluskan
  2. 2 sdm gula jawa, sisir halus
  3. 1 sdm kecap manis
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt kaldu bubuk
  6. 1 sdt asam jawa, larutkan dengan sedikit air
  7. air secukupnya
  8. minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 3 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 bh cabe merah keriting
  4. 5 bh cabe rawit

Cara Membuat Bakso Bakar Sederhana Bumbu Kacang

  1. Persiapkan bumbu kacangnya terlebih dahulu. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum.
  2. Masukkan kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan, gula jawa, kecap manis, garam dan kaldu bubuk. Tuangkan air asam jawa, tuangkan juga air secukupnya. Aduk rata.
  3. Masak hingga meletup-letup dan cicipi rasanya. Tambahkan jika ada bumbu yang kurang. Angkat kemudian sisihkan dulu sementara kita membuat bakso bakarnya.
  4. Rebus bakso sapi hingga mekar, tiriskan. Perebusan bertujuan agar bakso menjadi empuk. Jika tidak direbus terlebih dahulu maka biasanya bakso bakar agak sedikit alot.
  5. Tusuk-tusuk bakso mengunakan tusuk sate, sedangnya satu tusuk berisi 3 butir bakso. Setelah itu, kerat-kerat bakso agar bumbu bisa meresap hingga kedalam.
  6. Sekarang kita membuat saus untuk olesannya. Siapkan mangkuk kecil dan satukan margarin cair, kecap manis dan saus sambal didalam mangkuk. Aduk rata.
  7. Lumuri bakso yang sudah ditusuk dan dikerat-kerat dengan saus untuk olesannya. Diamkan beberapa saat biar meresap.
  8. Bakar bakso hingga matang. Selama dibakar, olesi bakso beberapa kali dengan saus olesannya agar lebih nikmat dan bumbunya lebih meresap.
  9. Sajikan bakso bakar bersama dengan siraman saus kacangnya. Nikmati selagi hangat.
Cara membuat bakso bakar sederhana bumbu kacang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan sate. Hanya saja, bahan utama yang kita gunakan berbeda. Sementara untuk cara pembuatan serta bumbu yang digunakan semuanya hampir sama.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Kalian tertarik mencoba resep bakso bakar sederhana bumbu kacang ini di rumah? Selamat mencoba.

Powered by Blogger.