Header Ads

Bau Mulut Dan Tips Mengatasinya

Baca juga artikel terkait lainnya

Memiliki bau mulut yang tak sedap, mungkin tak se-ekstrem ketika Anda menderita penyakit berbahaya, seperti kanker. Tetapi salah satu gangguan pada mulut ini cukup memusingkan para penderitanya. Mengapa? Ini karena, bau mulut ini akan membuat penderitanya tersingkir dari pergaulan.

Bagaimana tidak tersingkir, pastinya dengan bau mulut yang tak enak akan membuat Anda kurang percaya diri dan orang lain pun juga enggan berdekatan dengan Anda. Maka dari itu, inilah beberapa tips mengatasi bau mulut yang mungkin bisa membantu Anda menemukan solusi dari gangguan pada mulut tersebut.



Bau mulut haruslah segera diatasi sebab akan sangat mengganggu. Oleh karena itu ketahuilah penyebab dari adanya bau mulut pada anda.


Berikut 10 Penyebab munculnya bau mulut tak sedap.

1  Melewatkan sarapan

Sarapan bukan hanya penting untuk memberikan asupan energi di pagi hari. Namun sarapan merupakan salah satu cara untuk merangsang terproduksinya air liur. Sebab air liur adalah salah satu hal yang bisa mengurangi bau pada mulut anda. Sehingga jika anda melewatkan sarapan maka akan sangat berpotensi memberikan bau mulut pada anda.

2  Masalah hati

Jika anda memiliki masalah pada hati maka hal itu bisa jadi merupakan penyebab dari bau mulut. Dikarenakan hati gagal memetabolisme lemak yang pada akhirnya memberikan banyak bakteri pada mulut anda.

3  Sariawan

Sariawan biasanya dibarengi dengan proses infeksi dan nanah yang tentu saja memberikan bau yang kurang sedap pada mulut anda. Maka ketahui cara mengobati sariawan secara alami.

4  Perdarahan gusi

Darah yang dihasilkan oleh gusi yang berdarah akan menumpuk pada rongga mulut dan menyebabkan bau pada mulut anda.

5  Infeksi tenggorokan

Saat menderita infeksi atau radang tenggorokan saluran bronchial akan pecah dan menyebabkan mulut juga ikut tercemar bau yang tidak sedap.

6  Gagal ginjal

Gagal ginjal merupakan salah satu alasan medis yang memicu terjadinya bau mulut tak sedap.

7  Diet

Asam amino yang anda konsumsi saat diet merupakan salah satu pemicu dari mulut yang bau.

8  Minum alkohol

Jika anda minum terlalu banyak alkohol dapat mengeringkan kelenjar ludah sehingga air liur biasanya bertindak sebagai media untuk menghapus bau yang dipicu oleh bakteri di dalam mulut.

9  Apnea tidur

Jika seseorang penderita apnea tidur maka ia akan mengalami kesulitan bernafas di hidung. Saat ia bernafas melalui mulut akan mudah mengeringkan air liur anda.

10  Obat

Banyak pula obat yang dikonsumsi dapat mengurangi air liur. Jika anda mengonsumsi obat anti-depresan akan memberikan efek bau mulut pada anda.
Setelah mengetahui penyebab bau mulut maka anda akan tahu juga bagaimana 

Berikut 10 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

1  Rajin Menggosok Gigi

Cara mengatasi bau mulut yang pertama adalah dengan rutin menggosok gigi. Sebaiknya, Anda menggosok gigi paling tidak 3 kali sehari. Dengan menggosok gigi, maka bakteri-bakteri jahat pada mulut akan ditumpas dengan baik. Saat Anda menggosok gigi, mulut pun jadi fresh dan enzim pada mulutpun bisa menghasilkan air liur yang dibutuhkan untuk membasmi bau mulut. Namun, ingat! Jangan terlalu sering menggosok gigi karena keseringan juga dapat meminimalisir air liur pada mulut. Jadi, Anda hanya perlu rutin dan disiplin menggosok gigi Anda secara benar.

2  Berkumur dengan Garam

Berkumur dengan garam adalah salah satu cara mengatasi bau mulut. Terkadang, menggosok gigi saja tak cukup. Ketika Anda berkumur dengan air, kuman-kuman penyebab bau mulut masih ada yang tertinggal di mulut. Ketika Anda menggunakan sembarangan obat kumur sehabis Anda menyikat gigipun juga tidak terlalu baik, karena hal tersebut dapat mengurang produktivitas air liur. Untuk itu, solusinya Anda bisa berkumur dengan menggunakan air garam. Selain ekonomis, air garam juga salah satu bahan alami yang tak mungkin membahayakan mulut. Anda hanya perlu berkumur dengan air garam setelah menggosok gigi Anda.

3  Mengkonsumsi Buah

Mengkonsumsi buah bisa Anda jadikan cara mengatasi bau mulut. Bau mulut bisa saja muncul akibat kurangnya produksi air liur. Saat air liur yang diproduksi hanya sedikit, tentunya kuman-kuman penyebab bau mulut akan memenuhi mulut Anda. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan buah-buahan sebagai pahlawannya. Buah-buahan mengandung vitamin C yang bisa memicu produktivitas air liur pada mulut. Tips menghilangkan bau mulut dengan buah-buahan ini tentunya sangat mudah. Jadi, Anda pasti bisa melakukannya. Buah yang sebaiknya Anda pilih adalah buah yang mengandung banyak air, seperti, jeruk, apel, pear, dan masih banyak lagi.

4  Menggunakan Teh Hijau atau Daun Sirih

Cara mengatasi bau mulut bisa Anda percayakan pada teh hijau atau daun sirih. Teh hijau bisa Anda konsumsi pada pagi. Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau tersebut, bau mulut akan cepat menghilang. Mengapa? Karena teh hijau mengandung banyak antioksidan yang bisa membunuh kuman atau zat-zat asing pada tubuh. Anda juga bisa juga menggunakan daun sirih sebagai mouth wash ketika Anda mengalami masalah bau mulut. Tips mengatasi bau mulut dengan sirih sudah teruji dari jaman dahulu. Jadi, Anda patut mencobanya.

5  Mengkonsumsi Permen Karet

Permen yang sangat disukai lupus ini ternyata bisa juga Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bau pada mulut. Dengan Anda rajin mengunyah permen karet, maka mulut akan terus memproduksi air liur. Permen ini juga bisa juga Anda gunakan untuk menguatkan gigi Anda. Jadi, banyak manfaat yang bisa Anda dapat ketika Anda mengkonsumsinya. Sudah bau mulut tak sedap hilang, gigi Anda juga tampak putih dan sehat.

6  Menghindari makanan yang Berbau

Makanan seperti jengkol, petai, durian dan beberapa makanan yang menghasilkan bau yang sangat menyengat sebaiknya anda kurangi. Dengan mengonsumsi makanan yang tidak sedap baunya akan memicu pula bau yang kurang sedap pada mulut anda.

7  Berhenti Merokok

Jika anda adalah perokok maka anda sebaiknya mengusahakan berhenti dengan cara mengonsumsi permen dan juga berbagai peppermint lainnya. Jika sulit maka usahakanlah terapi, sebab dengan merokok akan sangat sulit bagi anda menghilangkan bau mulut.

8  Sarapan Pagi

Biasakanlah untuk sarapan pagi agar bau mulut anda terkurangi sebab bisa memicu terproduksinya air liur yang bisa mengurangi bau mulut anda. Selain itu sarapan juga adalah salah satu kebiasaan yang baik dalam pola hidup sehat.

9  Meminum Kopi Hitam

Anda bisa memanfaatkan kopi hitam dengan cara mengunyah sekepalan kopi hitam Jika hal itu adna rasa sulit anda juga bisa hanya dengan menyeduh dan meminumnya seperti biasa.

10  Meminum Susu Kental Manis

Susu bisa sangat bermanfaat mengatasi bau mulut anda. Anda bisa mengonsumsi susu setiap hari, selain kaya akan kalsium akan sangat bermanfaat untuk anda dalam menghilangkan bau mulut.

Powered by Blogger.