Header Ads

Bakpia Pathuk Khas Yogyakarta

Baca juga artikel terkait lainnya

TradisionalBakpia adalah salah satu jenis kuliner yang terkenal sebagai makanan khas kota Yogyakarta. Bila Anda orang jogja atau tinggal di Jogja, tentu sudah tidak asing lagi dengan bakpia pathuk. Rasanya yang lezat dan khas serta daya tahannya yang lama, sudah melegenda sejak jaman dahulu kala.


Apalagi bila dimakan ketika masih hangat, emh… benar-benar memanjakan lidah setiap penikmat. Siapa pun yang mencicipi satu bulatan bakpia pathuk khas yogyakarta ini pasti akan ketagihan untuk menikmati yang kedua, ketiga, dan seterusnya sampai habis.Bakpia Pathuk khas YogyakartaBakpia sebenarnya berasal dari China, aslinya bernama Tou Luk Pia, yang artinya adalah kue pia (kue) kacang hijau.Bakpia pertama kali diproduksi di Indonesia sekitar tahun 1948, tepatnya di kampung Pathuk Yogyakarta. Sebelum tahun 1980, pengemasan bakpia dilakukan dalam besek dan diperdagangkan secara eceran, baru setelah tahun 1980 pengemasan bakpia mulai dilakukan dalam kemasan karton yang diberi merek atau brand.

Sekotak Bakpia Pathuk Bakpia ini dinamakan Bakpia Pathuk atau Bakpia Pathok karena Pathuk itu dahulunya merupakan nama jalan yang sekarang sudah berganti menjadi AIP K.S. Tubun. Di sepanjang Jalan K.S. Tubun ini memang berjejer banyak sekali penjual bakpianya. Ada dua produsen besar bakpia pathok yang memiliki gerai atau toko paling besar dan paling mencolok di sepanjang jalan itu, yaitu Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Pathok 75. Sebenarnya, angka 25 atau 75 itu merujuk kepada nomor rumah di jalan itu dulunya.Bakpia 25 dan 75 ini memang sangat terkenal di Yogyakarta. Dan bicara tentang variasinya, sebenarnya bukan hanya tempatnya saja yang berbeda, tetapi juga rasanya sangat beragam. Memang, bakpia original adalah bakpia yang berisi kacang hijau. Tetapi, seiring dengan banyaknya permintaan atau keinginan untuk memperluas pasar, bakpia sekarang ini sudah berisi dengan keju, coklat, atau rasa lainnya.

Sejalan dengan pesatnya perkembangan kue oleh-oleh, maka bakpia pun mulai meledak di pasaran sejak sekitar tahun 1992, hingga kini tidak lengkap rasanya bila ke Yogyakarta tidak membeli panganan bakpia pathuk khas yogyakarta ini.

Powered by Blogger.