Header Ads

Penyebab Sakit Encok

Baca juga artikel terkait lainnya

Ada beberapa pendapat tentang penyakit ini. Sebagian beranggapan bahwa penyakit encok adalah sebutan lain dari penyakit asam urat. Namun, ada juga yang berpendapat berbeda. Menurut sebagian lagi penyakit encok merupakan penyakit yang terjadi akibat penyakit asam urat yang telah akut. Apapun sebutannya penyakit encok merupakan penyakit yang diakibatkan penumpukan kristal asam urat.

Perbedaan antara kedua penyakit ini adalah pada penyakit asam urat, pengkristalan hanya terjadi pada persendian. Sedangkan pada penyakit encok, asam urat telah mengkristal pada jaringan ikat hingga ke tulang bagian belakang. Itulah yang menyebabkan mengapa pada pengidap penyakit encok merasakan nyeri hingga kebagian tulang belakang.



Ada beberapa penyebab mengapa seseorang dapat terserang penyakit encok. Berikut ulasannya.

Faktor Yang Mempengaruhi Seseorang Terserang Penyakit Encok


Kegemukan

sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Kegemukan merupakan pintu gerbangnya berbagai penyakit. begitu juga dengan penyakit encok. Timbunan lemak dapat menghambat jaringan ikat pada tubuh. Sumbatan tersebut dapat menyebabkan pecahnya jaringan ikat. Sehingga zat asam urat bisa saja mengalir sampai tulang belakang. Itulah alasan mengapa pada orang yang terserang encok merasakan nyeri hingga tulang belakang.

Kebiasaan Minum Alkohol

Zat ini dapat menghambat pembuangan zat asam urat di dalam tubuh. Sehingga timbunan zat asam urat tidak dapat dihindari.  Lama kelamaan zat asam urat akan mengkristal pada jaringan persendian. bila hal ini dibiarkan berlarut, zat asam urat akan mengalir sampai kejaringan ikat dan tulang belakang. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada pengidap penyakit encok.

Gaya Hidup Merokok

Zat yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan jaringan pembuluh darah dan otot kurang elastis. Hal ini dapat menghambat pembuangan zat asam urat. Sehingga timbunan zat asam urat akan menumpuk pada jaringan sendi dan jaringan ikat. Inilah alasan mengapa gaya hidup merokok dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit encok

Faktor Keturunan

Beberapa ahli kesehatan medis beranggapan bahwa penyebab penyakit encok yang disebabkan genetik memiliki persentase yang rendah. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa genetik merupakan salah satu penyebab seseorang terseran encok. Mereka yang memiliki orang tua dengan riwayat penyakit encok memiliki risiko terserang penyakit encok lebih besar.

Gangguan Persendian

Kelainan sendi dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit encok. Kelainan ini dapat disebabkan oleh benturan akibat kecelakaan atau oleh penyakit lain. Ketika persendian mengalami gangguan, zat purin tidak dapat mengalir sebagaimana biasanya. Keadaan seperti ini akan mengakibatkan zat purin atau asam urat mengendap di persendian. Bila hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama. Pengkristalan zat asam urat tidak dapat dihindari. Saat itu terjadi, risiko terserang penyakit encok akan semakin besar.

Konsumsi Obat Berlebih

Beberapa zat ini dipercaya dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit encok. Obat- obatan tersebut diantaranya: cycloporin, levodopa, salysilat dan obat diuretic.

Sering Mengangkat Berat

Salah satu penyebab penyakit encok adalah kebiasaan mengangkat benda berat. Saat tubuh melakukan aktifitas angkat berat, beban akan tertumpu pada persendian terutama kaki. Sehingga sering kali hal ini menyebabkan gangguan persendian. Tatkala itu terjadi, zat purin tidak dapat mengalir dengan lancar. Sehingga timbunan zat asam urat dalam sendi akan terjadi. Itulah mengapa sering mengangkat berat dapat menyebabkan seseorang terserang encok

Lingkungan Dingin

Suhu yang dingin dapat menyebabkan penyakit encok kambuh. Untuk itu apabila seseorang telah mengidap penyakit encok, sebaiknya hindarilah berdiam ditempat yang dingin dalam jangka waktu yang lama.

Powered by Blogger.